Sukses

Perubahan Struktur Brimob Dinilai Berdampak Positif Bagi Keamanan

Perubahan struktur organisasi Korps Brimob disambut baik Sahabat Polisi Indonesia. Perubahan struktur organisasi Korps Brimob diresmikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Jumat 10 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan struktur organisasi Korps Brimob disambut baik Sahabat Polisi Indonesia. Perubahan struktur organisasi Korps Brimob diresmikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Jumat 10 Juni 2022.

Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh, mengatakan perubahan struktur organisasi akan meningkatkan kinerja Brimob dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Perubahan atau penguatan struktur organisasi Korps Brimob ini pasti akan berdampak positif bagi fungsi menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat," ujar Fonda dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

Menurut Fonda, dengan kehadiran kepangkatan baru, Brimob akan memiliki dukungan sumber daya yang luar biasa untuk memelihara keamanan di dalam negeri.

"Sekarang Brimob dipimpin Dankorbrimob yang merupakan Jenderal bintang tiga atau Komjen. Nantinya juga akan punya satu biro dan lima pasukan. Ini modal yang cukup lengkap untuk memelihara keamanan Indonesia," kata dia.

Fonda beranggapan perubahan struktur organisasi Brimob ini akan menyegarkan jenjang karir di tubuh Polri. Penambahan biro dan pasukan dalam Korps Brimob ini akan membuka peluang dan ruang baru bagi perwira Polisi yang berprestasi.

"Tentu, struktur baru Korps Brimob ini baik bagi jenjang karir di Kepolisian. Dengan pembentukan biro dan perluasan struktur pasukan berarti bertambah luas ruang dan jenjang karir bagi Perwira Polri," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Anggota

Sebagai informasi, saat ini Brimob baru memiliki pasukan sebanyak 45.108 anggota. Sekitar 8.081 orang berdinas di Mako Brimob, sementara 37.027 orang lainnya tersebar di 34 Satbrimob seluruh Indonesia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi mengukuhkan Komandan Korps Brigade Mobile (Dankorbrimob) dijabat oleh Komisaris Jenderal (Komjen) yang awalnya Inspektur Jenderal (Irjen). Kini, Anang Revandoko resmi menyandang pangkat bintang tiga di pundaknya.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Jumat, tanggal 10 Juni 2022, pukul 13.40 Wib. Penguatan struktur oragniasasi Korps Brigade Mobil Polri saya nyatakan diresmikan," kata Sigit di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (10/6/2022).

Usai mengukuhkan Dankorbrimob Polri menjadi bintang tiga, Sigit langsung menandatangani berita acara penguatan struktur organisasi Brimob Polri tersebut di lapangan. Kemudian, ia juga menyerahkan bendera Perwira Tinggi (Pati) bintang tiga kepada Anang yang menjabat sebagai Dankorbrimob.

Anang kemudian mengambil bendera pati bintang tiga tersebut dan secara resmi dikukuhkan sebagai perwira tinggi berpangkat komjen. Setelah itu, dia langsung berjalan menuju ke pasukan sambil memegang bendera pati bintang tiga.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken surat keputusan untuk meningkatkan struktur Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri. Sehingga, nantinya untuk jabatan Komandan Korps (Dankor) Brimob akan menyandang bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

"Hari ini juga karena sudah turun keputusan presiden untuk peningkatan struktur di Brimob khususnya, Korbrimob pada hari ini akan diresmikan dan dikukuhkan oleh Bapak Kapolri. Organisasi brimob yang sebelumnya dipimpin oleh pati bintang 2, sore hari ini secara resmi akan dipimpin oleh pati bintang 3," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (10/6).

Nantinya juga ada penambahan jabatan di struktur satuan Brimob, khususnya terhadap para Perwira Tinggi (Pati) Polri.

"Dan juga ada penambahan-penambahan jabatan struktrural di korbrimob. Nanti Wadankornya Pati bintang 2, kemudian Danpas-danpas dan juga jabatan-jabatan Pati lainnya dalam rangka untuk penguatan organisasi Brimob," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Jaga Kesatuan NKRI

Ia menjelaskan, dinaikannya pangkat dalam struktur Brimob tersebut karena memang perannya yang menjaga kesatuan NKRI.

"Karena Brimob satuan elit Polri, kita ketahui peran Brimob dalam menjaga persatuan kesatuan dan juga menjaga keamanan NKRI ini sangat besar. Oleh karenanya, bapak presiden merasa perlu untuk Korbrimob dipimpin oleh pati bintang 3," jelasnya.

"Dan hari ini sekali lagi secara resmi akan dikukuhkan oleh Bapak Kapolri," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.