Sukses

Top 3 News: Pencarian Eril Anak Ridwan Kamil Berakhir di Bendungan Engehalde Bern, Swiss

Sesampainya di Bandung, nantinya almarhum Eril akan disemayamkan di Gedung Pakuan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempersilakan masyarakat untuk datang bertakziah.

Liputan6.com, Jakarta Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril diperkirakan akan tiba di Tanah Air Minggu (12/6/2022) sore nanti. Selanjutnya jenazah pemuda berusia 22 tahun tersebut akan dibawa ke Bandung lewat jalur darat.

Sesampainya di Bandung, nantinya almarhum Eril akan disemayamkan di Gedung Pakuan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempersilakan masyarakat untuk datang bertakziah. 

Menurut Ridwan Kamil, sang putra nantinya akan dimakamkan di sebelah masjid yang dirancangnya dan kini sedang dalam tahap pembangunan. Masjid Al Mumtadz, nama yang sama dengan Eril.

Sebelum diberangkatkan dari Bern, Swiss, jenazah Eril telah dimandikan sang ayah. Usai dimandikan Atalia, ibunda almarhum menangis sambil menyebut asma Allah saat melihat pangggilan video dari suaminya, Ridwan Kamil. 

Seperti diketahui, sebelum jasad anak Ridwan Kamil ini ditemukan di Bendungan Engehalde, pencarian besar-besaran dilakukan aparat kepolisian serta sejumlah pihak berwenang setempat. Eril diberitakan hilang pada 26 Mei 2022 akibat terbawa arus Sungai Aare, 

14 hari berselang, pihak otoritas setempat menemukan putra sulung Ridwan Kamil tersebut berkat laporan seorang guru SD bernama Geraldine Bilde, Rabu pagi, 8 Juni waktu setempat.

Dari hasil tim forensik pun memastikan bahwa jasad tersebut benar Eril usai dilakukan uji DNA. 

Mengetahui jasad sang putra ditemukan, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil terbang ke Bern, Swiss. Dia pun mengucap syukur dan berterima kasih kepada banyak pihak, terutama pemerintah setempat yang berupaya keras menemukan Eril.

Saat melihat jasad putranya, Kang Emil menyebut jasad Eril masih utuh. Bahkan tubuhnya wangi daun eucalyptus. Dia pun tidak berhenti bermunajat dan mengatakan jika Sungai Aare telah melindungi almarhum Eril selama dinyatakan hilang 14 hari.

"Maha Besar Allah, atas izin Mu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya," tutur Emil.

Sementara itu, pernyataan yang dilontarkan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani  tak kalah menuai sorotan. Dia menyebut Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi lebih kuat dari ketua umum partai politiik.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 11 Juni 2022: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HEADLINE: Perjalanan Panjang Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz, Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare

Atalia Praratya tak kuasa membendung air matanya saat menghubungi sang suami, Ridwan Kamil yang baru saja memandikan jenazah putranya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril.

Dalam sebuah panggilan video, Gubernur Jawa Barat tersebut memberitahu keluarganya di Bandung bahwa jenazah Eril sudah dimandikan. Atalia pun tak kuasa menahan tangis sembari menyebut nama Allah.

Jenazah Eril langsung dimandikan sang ayah di Kota Bern, Swiss sebelum diterbangkan ke Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022.

Emmeril Kahn Mumtadz ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi setelah hilang selama 14 hari. Eril hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis, 26 Mei 2022, pukul 11.24 waktu setempat.

Polisi wilayah Bern mulanya mendapat laporan temuan jenazah seorang pria di Bendungan Engehalde di Bern pada Rabu, 8 Juni 2022. Saat itu, jenazah Eril ditemukan oleh penjaga pintu air bendungan di cekungan luapan bendung.

Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa jenazah tersebut adalah WNI yang hilang di Sungai Aare sejak 26 Mei.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan, pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil kemudian dihubungi oleh kepolisian Swiss bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Waketum PPP: Ketum Projo Lebih Powerful dari Ketua Umum Parpol

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menyebut Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi merupakan salah satu sosok yang menentukan lanskap politik masa depan. Bahkan, kata dia, saat ini Budi Arie lebih powerful dibandingkan ketua umum partai politik.

Hal ini disampaikan Arsul Sani saat menghadiri Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI yang diadakan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Sabtu (11/6/2022). Ketum Projo Budi Arie Setiadi turut hadir dalam acara ini.

"Sahabat saya, ini orang yang termasuk paling menentukan lanskap politik masa depan, Ketua Umum Projo Mas Arie Budi. Ini lebih powerful dari ketua umum-ketua umum partai politik tampaknya sekarang," kata Arsul saat mengawali sambutannya sebagaimana dilihat di Youtube Iluni UI, Sabtu.

Dia juga menyapa Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno dan Kepala Staf Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian. Arsul mengatakan meski kini berbeda pandangan politik, namun tetap kompak untuk Iluni UI.

"Pak Sekjen PAN, Mas Eddy Soeparno. Ada mas Pipin Juru Bicara PKS. Meskipun kita bebeda posisi, Insya Allah tetap kompak, meskipun kita berbeda koalisi Insya Allah tetap sama untuk Iluni UI," ujarnya.

Wakil Ketua MPR RI itu mengaku iri melihat kekompakan alumni-alumni dari universitas lainnya seperti, Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII). Pasalnya, banyak dari mereka yang berhasil mempengaruhi kebijakan pemerintahan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Kata Ridwan Kamil Saat Melihat Jasad Eril yang Ditemukan di Bendungan Engehalde

Selama 14 hari dinyatakan hilang, pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akhirnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Rabu pagi waktu setempat, 8 Juni kemarin.

Atas ditemukannya jasad sang putra, Ridwan Kamil mengucap syukur dan berterima kasih kepada otoritas Bern berserta semua pihak yang telah ikut membantu dalam pencarian Eril.

Lewat akun Instagramnya, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut juga berucap, bahwa jasad putranya masih utuh.

"MASYA ALLAH, walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh," ucapnya bersyukur seperti dikutip dari Instagram resmi miliknya, Jumat (10/6/2022).

Pria karib disapa Kang Emil juga mengatakan bahwa aroma dari jasad sang putra berwangi daun eucalyptus. Dia pun tidak berhenti bermunajat dan mengatakan jika Sungai Aare telah melindungi almarhum Eril selama dinyatakan hilang 14 hari.

"Maha Besar Allah, atas izin Mu, selama 14 hari sungai Aare benar-benar melindungi dan mensucikan jasadnya dari marabahaya," tutur Emil.

Sebelumnya, Kantor Kejaksaan Negeri Bern-Mittelland menginformasikan tentang penemuan jenazah di Bendungan Engehalde di Bern. Jenazah itu diduga WNI yang mengalami kecelakaan di Sungai Aare pada 26 Mei 2022.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.