Pamer Foto Bus Listrik di Akhir Pekan, Anies: Teman-teman Sudah Pernah Mencoba?

Oleh Winda Nelfira pada 12 Jun 2022, 10:25 WIB
Diperbarui 12 Jun 2022, 10:25 WIB
FOTO: Menjajal Bus Listrik Transjakarta saat PPKM Level 1
Perbesar
Penumpang menaiki bus listrik Transjakarta di Terminal Blok M, Jakarta, Kamis (4/11/2021). Uji coba bus listrik Transjakarta dilakukan seiring pemberlakuan PPKM Level 1 di Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan serta menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto-foto bus listrik Transjakarta di akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Ada 10 foto bus Transjakarta yang diperlihatkan di dalam unggahannya itu. Nampak di masing-masing slide menunjukkan bus listrik yang sedang beroperasi di Jakarta.

Ada bus listrik Transjakarta yang berwarna oranye, biru dan juga hijau. Dalam unggahannya Anies pun menyapa masyarakat yang hendak berakhir pekan.

"Selamat berakhir pekan di Jakarta," tulis Anies.

"Teman-teman sudah pernah mencoba naik bus listrik Jakarta?" lanjutnya.

Unggahan ini pun langsung mendapatkan komentar yang beragam dari para warganet. Selain itu, unggahan bus listrik ini telah mendapatkan 1.288 komentar pada Minggu (12/6/2022).

"Alhamdulilah sudah bapak, nyaman, dan menyenangkan," tulis akun @anifatimarsolin11.

"DKI udah ditata semaksimal mungkin, giliran seluruh Indonesia pak dimantepin juga," tulis akun @anthony.yusuf.

Ada pula warganet dengan akun @ginggi76 yang berkomentar belum pernah mencoba naik bus listrik "Belum pernah, tapi pernah ketemu gak kedengeran suara mesinnya, senyap," tulisnya.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan kesiapan untuk menghadirkan bus listrik sebagai armada. Karena itu, pihaknya menyambut baik semua Agen Pemegang Merek (APM) yang ingin bekerja sama untuk menyediakan bus listrik.

Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Adit mengatakan, pihaknya membuka selebar-lebarnya bagi APM yang ingin bekerja sama. Baik itu lokal ataupun dari luar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Jajaki Semua Prosesnya

 

"Tentu kami sangat menyambut baik kepada APM yang ingin bersama-sama dalam menghadirkan bus listrik baik merek lokal maupun luar. Kesempatan ini terbuka lebar," kata dia dalam keterangannya, Jumat (15/4/2022).

Dia menjelaskan, para APM yang ingin bekerja sama dengan Transjakarta, bisa mengajukan proposal dan akan diproses sesuai aturan yang berlaku. Hal ini guna memastikan semua armada bus listrik nantinya telah memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang baik.

Yana menyebut, pihak Transjakarta penjajakan akan sesuai prosesnya. Jika sudah sesuai prosedur, maka bus listrik bisa segera mengaspal untuk melayani pelanggan.

"Kita akan jajaki semua prosesnya. Selanjutnya apabila telah sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku, maka kita bisa bermitra dan bus-bus listrik tersebut bisa mengaspal untuk melayani pelanggan," ungkap Yana.

Menurut dia, Transjakarta sejauh ini terus berupa memaksimalkan layanan dalam menghadirkan bus listrik sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mewujudkan program Jakarta Langit Biru.


30 Bus Listrik

Bus listrik PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) secara resmi mulai beroperasional. Debut operasional bus listrik tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, Anies menyampaikan untuk tahap awal, jumlah bus listrik yang dioperasionalkan sebanyak 30 unit. 

"Kita dalam fase awal ini mengoperasikan 30," kata Anies di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Selasa (8/3/2022).

Dia optimis secara bertahap jumlah armada bus listrik Transjakarta akan terus bertambah. Bahkan, ia berharap pada 2030 seluruh transportasi publik bus di Jakarta menggunakan daya tenaga listrik.

Untuk mencapai target tersebut, Anies berujar perlu ada kolaborasi antara Pemprov DKI dengan seluruh lapisan masyarakat. Sebab, imbuhnya, untuk merealisasikan tahap saat ini, Pemprov DKI telah membuat rancangan programnya sejak 2018.

"Kita merancang program ini dari mulai tahun 2018, kita bekerja bersama dengan 4 institusi internasional di mana kita bermitra, kita bertukar pikiran, bertukar pengalaman secara amat intensif delegasi delegasi mereka datang ke Jakarta," kata Anies.

Empat institusi yang dimaksud Anies yaitu United Nasiton For Informant Programe (UNIP), Climate Technology Center and Network, C40 Network, dan Kedutaan Besar Kerajaan Inggris.

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya