Bulan Bung Karno 2022 Diharapkan Jadi Momentum Bangun Iptek dan Teknologi

Oleh Nanda Perdana Putra pada 11 Jun 2022, 19:41 WIB
Diperbarui 11 Jun 2022, 19:41 WIB
Kapankah proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan?
Perbesar
Ir. Soekarno saat membacakan naskah proklamasi Indonesia. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan bahwa Perayaan Bulan Bung Karno (BBK) 2022 merupakan momentum bagi rakyat Indonesia untuk menggelorakan rasa nasionalisme membangun negeri, lewat sektor keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Di Bulan Bung Karno kita gelorakan rasa nasionalisme, rasa cinta pada tanah air, semangat untuk mengangkat seluruh warisan kebudayaan kita, dan kembangkan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi," terang Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam acara BBK 2022 di Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Melalui keunggulan dalam sistem pendidikan, lanjut Hasto, bangsa Indonesia mampu menjadi pemimpin di antara negara lainnya. Kemampuan Indonesia dalam bidang Iptek dan teknologi harus berhasil diakui di mata dunia internasional.

"Dan dengan jiwa yang sehat badan yang sehat dengan gizi yang cukup, PDI Perjuangan optimis di dalam menatap Pemilu 2024 karena kami punya energi juang yang tak pernah padam," jelasnya.

Kemudian, terkait dengan Sulawesi Utara, Hasto mengatakan bahwa provinsi itu memiliki letak geografis yang penting. Di bagian utara, ada Pelabuhan Bitung yang merupakan suatu kawasan yang ke depan bisa menjadi koridor strategis, sesuai prediksi Bung Karno pada tahun 1930-an bahwa masa depan dunia ada di Pasifik.

"Bitung menatap Pasifik. Maka kader PDI Perjuangan di Sulut harus membangun spirit Indonesia bagi dunia, Indonesia sebagai taman sari dunia dengan keanekaragaman luar biasa," ujar Hasto Kristiyanto.

Sulawesi Utara juga dikenal dengan pulau yang penuh dengan peradaban, juga lingkungan yang hijau dengan sumber daya luar biasa. Tidak ketinggalan, sambung Hasto, provinsi itu kaya dengan makanannya yang bergizi, khususnya Manado.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Membawa Makanan Manado ke Dunia

5 Perintah Megawati ke Kader PDIP Jelang Pencoblosan
Perbesar
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberi keterangan terkait Pemilu 2019 saat jumpa pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (16/4). Kelima, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajarannya memenangkan pilpres dan pileg sebagai satu tarikan napas perjuangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

BBK 2022 dinilainya menjadi momentum dalam membawa makanan Manado ke dunia. Generasi muda Sulawesi Utara mesti percaya diri mengambil profesi sebagai chef demi mengolah keanekaragaman makanan kampung halaman.

"Dengan keanekaragaman makanan luar biasa, kita harus bangkitkan rasa percaya diri, Bulan Bung Karno harus membangkitkan rasa percaya diri itu," katanya.

Hasto menyatakan, sebagai daerah pusatnya kekuatan Jokowi dalam ajang Pilpres 2019 lalu, para kepala daerah Sulawesi Utara harus terus menunjukan kemajuan. Terutama aspek pendidikan hingga penguasaan pengetahuan di Sulawesi Utara yang harus bisa lebih hebat dari Tiongkok.

"Merayakan Bulan Bung Karno harus dengan suatu imajinasi, bahwa bangsa Indonesia bisa menjadi pemimpin diantara bangsa-bangsa di dunia. Dan syaratnya perguruan tinggi kita harus maju, pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa dari TK sampai perguruan tinggi," katanya.

"Mari mengedepankan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi melalui riset dan inovasi. Sehingga kekayaan alam yang begitu indah, yang begitu luar biasa di Sulawesi Utara ini tidak akan sia-sia," pungkas Hasto.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya