Sukses

Bulan Bung Karno 2022 Diharapkan Jadi Momentum Bangun Iptek dan Teknologi

Perayaan Bulan Bung Karno (BBK) 2022 merupakan momentum bagi rakyat Indonesia untuk menggelorakan rasa nasionalisme membangun negeri, lewat sektor keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan bahwa Perayaan Bulan Bung Karno (BBK) 2022 merupakan momentum bagi rakyat Indonesia untuk menggelorakan rasa nasionalisme membangun negeri, lewat sektor keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Di Bulan Bung Karno kita gelorakan rasa nasionalisme, rasa cinta pada tanah air, semangat untuk mengangkat seluruh warisan kebudayaan kita, dan kembangkan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi," terang Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dalam acara BBK 2022 di Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Melalui keunggulan dalam sistem pendidikan, lanjut Hasto, bangsa Indonesia mampu menjadi pemimpin di antara negara lainnya. Kemampuan Indonesia dalam bidang Iptek dan teknologi harus berhasil diakui di mata dunia internasional.

"Dan dengan jiwa yang sehat badan yang sehat dengan gizi yang cukup, PDI Perjuangan optimis di dalam menatap Pemilu 2024 karena kami punya energi juang yang tak pernah padam," jelasnya.

Kemudian, terkait dengan Sulawesi Utara, Hasto mengatakan bahwa provinsi itu memiliki letak geografis yang penting. Di bagian utara, ada Pelabuhan Bitung yang merupakan suatu kawasan yang ke depan bisa menjadi koridor strategis, sesuai prediksi Bung Karno pada tahun 1930-an bahwa masa depan dunia ada di Pasifik.

"Bitung menatap Pasifik. Maka kader PDI Perjuangan di Sulut harus membangun spirit Indonesia bagi dunia, Indonesia sebagai taman sari dunia dengan keanekaragaman luar biasa," ujar Hasto Kristiyanto.

Sulawesi Utara juga dikenal dengan pulau yang penuh dengan peradaban, juga lingkungan yang hijau dengan sumber daya luar biasa. Tidak ketinggalan, sambung Hasto, provinsi itu kaya dengan makanannya yang bergizi, khususnya Manado.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membawa Makanan Manado ke Dunia

BBK 2022 dinilainya menjadi momentum dalam membawa makanan Manado ke dunia. Generasi muda Sulawesi Utara mesti percaya diri mengambil profesi sebagai chef demi mengolah keanekaragaman makanan kampung halaman.

"Dengan keanekaragaman makanan luar biasa, kita harus bangkitkan rasa percaya diri, Bulan Bung Karno harus membangkitkan rasa percaya diri itu," katanya.

Hasto menyatakan, sebagai daerah pusatnya kekuatan Jokowi dalam ajang Pilpres 2019 lalu, para kepala daerah Sulawesi Utara harus terus menunjukan kemajuan. Terutama aspek pendidikan hingga penguasaan pengetahuan di Sulawesi Utara yang harus bisa lebih hebat dari Tiongkok.

"Merayakan Bulan Bung Karno harus dengan suatu imajinasi, bahwa bangsa Indonesia bisa menjadi pemimpin diantara bangsa-bangsa di dunia. Dan syaratnya perguruan tinggi kita harus maju, pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa dari TK sampai perguruan tinggi," katanya.

"Mari mengedepankan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi melalui riset dan inovasi. Sehingga kekayaan alam yang begitu indah, yang begitu luar biasa di Sulawesi Utara ini tidak akan sia-sia," pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.