Cara Unik PDIP Rayakan Bulan Bung Karno 2022

Oleh Liputan6.com pada 11 Jun 2022, 11:08 WIB
Diperbarui 11 Jun 2022, 11:14 WIB
Banteng Ride and Night Run di Provinsi Sulawesi Utara
Perbesar
Banteng Ride and Night Run di Provinsi Sulawesi Utara. (Foto: Dokumentasi PDIP).

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka perayaan Bulan Bung Karno (BBK) 2022, PDIP menggelar Banteng Ride and Night Run di Provinsi Sulawesi Utara, yang dibarengkan dengan Pekan Rakyat Minahasa Utara.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto turut berpartisipasi dalam acara tersebut, yang dipusatkan di JG Center, di Jalan Soekarno, Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu (11/6/2022).

Hasto mengikuti ajang itu bersama dengan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang juga Bendahara DPP PDIP Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Walikota Manado Andrei Angouw, Walikota Bitung Maurits Mantiri, Bupati Sitaro Evangelin Sasingen, dan Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar.

Sementara Ketua DPP PDIP bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga melepas Hasto, Olly, dan rombongan pesepeda yang mengikuti ajang itu.

“Kita lepas keberangkatan peserta. Jaga kesehatan, jaga jarak, dan tertib berlalu lintas,” kata Eriko sembari melambaikan bendera checker tanda lomba sepeda itu dimulai.

100 lebih pesepeda mengikuti ajang tersebut. Sebelum rombongan ini, beberapa jam sebelumnya, sekitar 400-an pesepeda sudah terlebih dahulu memulai perlombaan untuk kelas 50 kilometer.

Sementara rombongan Hasto dan Olly cs, menempuh jarak 30 kilometer. Tampak juga Ketua Panitia Banteng Ride and Night Run Pulung Agustanto berada bersama rombongan Olly Dondokambey.

Baik Hasto maupun Olly tampak bersemangat dalam melakukan kegiatan tersebut. Hasto sendiri bersepeda dengan terus ditempel oleh Steven Kandouw. Sekitar 2 jam mereka bersepeda, akhirnya semua tiba di garis finish dengan selamat. Ratusan warga dan kader PDIP yang sudah menanti, bersorak sorai menyambut rombongan para pesepeda itu.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Salam Megawati

Hasto menyampaikan salam dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri kepada warga masyarakat dan kader partai di Sulut. Dia mengaku sebelum berangkat, dirinya meminta izin dan menemui Megawati.

“Saya permisi kepada Ibu Megawati. Dan beliau menyampaikan salam kepada seluruh kader PDI Perjuangan di Sulawesi Utara,” kata Hasto.

Hasto mengatakan bahwa di dalam merayakan Bulan Bung Karno (BBK), PDIP memang menampilkan berbagai kegiatan yang salah satunya adalah yang membangun kesehatan tubuh dan jiwa.

Hasto mengingatkan adanya istilah yang dipopulerkan oleh Bung Karno. Yakni Men Sana In Corpore Sano, yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

“Itulah yang membedakan kader Banteng dengan kader partai lain. Sebab bagaimana kita jadi pemimpin hebat kalau hidup kita tak diwarnai oleh kesehatan jiwa dan raga,” kata Hasto.

 


Sepeda dan Sepatu untuk Guru dan Murid

Eriko Sotarduga menambahkan, selain membangun kesehatan jiwa dan raga, ada unsur kegotongroyongan dalam kegiatan tersebut. Sebab biaya pendaftaran yang diperoleh dari para peserta, akan dijadikan 1.000 sepeda dan 2.000 pasang sepatu.

“Akan diberikan kepada guru dan murid. Para guru di wilayah terluar akan mendapatkan 1000 sepeda untuk guru dan 2000 pasang sepatu untuk murid-murid yang tinggal di wilayah terluar,” kata Eriko.

Sementara Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, yang menjadi tuang rumah, menjelaskan Banteng Ride and Night Run itu merupakan salah satu kegiatan dalam rangka perayaan Bulan Bung Karno. Diapun menjelaskan agenda Jalan Sehat yang juga digelar.

Menurut Bupati Joune kegiatan Jalan Sehat adalah salah satu contoh hidup sehat, berguna juga untuk menjaga kesehatan. Didalamnya membangun tubuh yang sehat bagi segenap jajarannya, sehingga bisa membantu dan menjalankan semua program pemerintah dengan maksimal.

"Sehingga kedepannya, semangat melayani dan pemberian pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal," kata Bupati JG, sapaan akrabnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya