Sukses

Elektabilitas Tinggi, Ganjar Pranowo Dinilai Makin Moncer

Hasil survei teranyar dari SMRC pada 9 Juni 2022 terkait calon presiden 2024 mencatat, Ganjar Pranowo unggul ketimbang dua kandidat lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta Hasil survei teranyar dari SMRC pada 9 Juni 2022 terkait calon presiden 2024 mencatat, Ganjar Pranowo unggul ketimbang dua kandidat lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Perolehan hasil masing-masing nama tersebut adalah Ganjar Pranowo (30,3%) dan Prabowo Subianto (27,3%) dan Anies Baswedan (22,6%) dan yang menjawab tidak tahu (19,9%).

Hasil survei senada juga diungkap Poltracking Indonesia pada hari yang sama dan menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 30,6 persen, Prabowo Subianto 26,8 persen dan Anies Baswedan 19,8 persen.

Menanggapi itu, Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan, Mochtar Mohamad menilai hasil survei kedua lembaga itu adalah bukti kalau Ganjar akan menjadi pilihan rakyat.

"Dari potret kedua lembaga ini sangat jelas, Ganjar Pranowo bakal calon presiden yang akan dipilih oleh rakyat," kata dia dalam keterangan diterima, Sabtu (11/4/2022).

Mochtar pun optimis, jika Ganjar dipasangkan dengan Puan Maharani maka akan tercipta duet kader ideologis dan biologis terbaik PDIP dan akan menciptakan kemenangan Pilpres 2024.

"Sangat tepat apabila memasangan kader ideologi Bung Karno, Mas Ganjar Pranowo dan Kader Biologis dan Ideologis Bung Karno, Mbak Puan Maharani yang merupakan dua kader terbaik PDI Perjuangan," klaim dia.

Hal tersebut kata Mochtar akan menambah soliditas PDIP menuju pemilu legislatif dan pilpres 14 Februari 2024.

"Sehingga semoga pada saat Rakernas PDI Perjuangan tanggal 21-23 Juni 2022 akan semakin terlihat arahnya," jelas Mochtar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gelar Munas

Sebagai informasi, Laskar Ganjar -Puan (LGP) akan melakukan Musyawarah Nasional atau Munas pertamanya pada 19 Juni 2022 di Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur.

Ketua Umum Laskar Ganjar -Puan, Nawang Andi Kusuma mengatakan Munas akan dibalut dengan doa kebangsaan para raja se-Nusantara dalam rangka memperingati Haul Bung Karno.

"Kepada para pengurus DPP, DPD dan DPC untuk dapat hadir dalam perhelatan tersebut, sekaligus melakukan ziarah di makam proklamator dan Bapak Bangsa, Bung Karno," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Sekedar Masalah Elektoral

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya tidak hanya hanya berbicara soal angka elektoral melainkan lebih kepada persoalan kebangsaan seperti pendidikan.

"Masalah pemimpin ini bukan sekadar masalah elektoral. Mari kita lihat masalah bangsa ini. Hari ini di sosmed beredar apa yang disebut sebagai world university ranking. Ranking universitas kita Gadjah Mada itu berada pada tingkat 224 di dunia," kata Hasto saat pengarahan dalam acara Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022 di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (10/6/2022).

Dia mengklaim, hal tersebut sesuai dengan arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Dia ingin, mengajak segenap kader PDIP memiliki gaya berpolitik dengan fokus menyelesaikan masalah fundamental bangsa.

"Itu sebenarnya tugas kita. Kalau sedikit-sedikit bergerak pada instrumen-instrumen elektoral, ini bisa menggeser persoalan pokok yang kita hadapi," kritik Hasto.

Dia pun memastikan, partainya akan tegak lurus bergerak ke bawah dan tidak tergoda dengan ramainya manuver politik.

"Jadi banyak masalah lebih penting daripada sekadar berbicara tentang soal kelincahan manuver politik. Itu adalah semangat yang ingin dibawa PDI Perjuangan," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.