Sukses

Wali Kota Tangerang Dorong Masyarakat Konsumsi Ikan: Biar Cerdas dan Sehat

Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I menilai, tingkat konsumsi ikan di wilayah Tangerang raya rendah. Padahal, Tangerang berbatasan dengan laut yang hasil ikannya selalu melimpah.

Liputan6.com, Tangerang - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I menilai, tingkat konsumsi ikan di wilayah Tangerang raya rendah. Padahal, Tangerang berbatasan dengan laut yang hasil ikannya selalu melimpah.

"Rata-rata nasional tingkat konsumsi ikan itu 51 persen, di Tangerang justru baru mencapai 41 persen saja. Ini PR kita, karena gemar makan ikan bisa menurunkan angka stunting," tutur Plt Kepala BKIPM Jakarta I, Hari Maryadi.

Sebab, sudah jadi isu penting, tingginya angka stunting yakni 8,5 persen di wilayah yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara. “Ini kan masih memprihatikan,” kata Hari.

Makanya, sebagai upaya menaikkan kembali gemar makan ikan, BKIPM menyalurkan 1.45 ton ikan sehat kepada masyarakat di wilayah Kota Tangerang. Pembagian 330 paket ikan tersebut, terdiri dari jenis layang, bawal, kembung dan tuna dengan berat masing-masing 3 kilogram.

"Hari ini kita memberikan contoh produk ikan yang bermutu. Tujuannya adalah agar masyarakat itu membiasakan makan ikan yang sehat, tidak asal hanya makan yang enak," kata Hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ajak Konsumsi Ikan

ementara, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah juga mengajak masyarakatnya untuk menyajikan ikan sebagai menu sehari-hari di atas meja makan. Dengan sajian sekreatif mungkin, memungkinkan anak-anak akan gemar makan ikan.

Lebih lanjut, Arief juga mengungkapkan, pihaknya melalui Dinas Ketahanan Pangan, terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat cara beternak ikan baik untuk dikonsumsi maupun untuk diperjualbelikan sampai informasi pentingnya gizi pada ikan.

3 dari 3 halaman

Ingin Masyarakat Tangerang Cerdas dan Sehat

"Karena memang di Kota Tangerang tidak kekurangan tempat, empangnya banyak, bisa disambi juga dengan menanam sayuran seperti kangkung dan sebagainya."

"Karena kita ingin masyarakat Kota Tangerang menjadi masyarakat yang sehat dan cerdas," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.