Sukses

Keluarga Harap Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Tiba di Tanah Air Akhir Pekan Ini

Kepolisian Bern berhasil menemukan jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Bendungan Engehalde, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Bern berhasil menemukan jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Bendungan Engehalde, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Pihak keluarga berharap almarhum bisa segera tiba di Indonesa. Meski sejauh ini belum bisa memastikan waktunya.

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan kapan tiba di Indonesia. Tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepat-cepatnya sejauh yang memungkinkan, tergantung situasi kondisi sumber daya yang mendukung," kata adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Dia memastikan pihak keluarga siap menerima dan memakamkan jenazah Eril sebagaimana seusai syariat Islam.

"Selaku keluarga akan menerima almarhum Eril untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril selaku Muslim, diantaranya apabila dia wafat hendaknya dia diantarkan, disucikan, dikafani, disalatkan, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang dimungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan sesuai kondisinya," ungka Elpi.

Dia pun berharap, bahwa jenazah Eril bisa tiba di Indonesia pada akhir pekan ini. Antara Sabtu 11 Juni 2022 atau Minggu 12 Juni 2022.

"Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad," kata Elpi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi

Kepolisian Bern, Swiss, berhasil menemukan jenazah anak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut di Sungai Aare.

Jasadnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad menyampaikan, awalnya pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss pada Rabu, 8 Juni 2022 bahwa ada temuan jasad yang diduga Eril sekitar pukul 06.50 waktu Swiss atau 11.50 WIB.

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Kemudian pada Kamis siang ini waktu Swiss, lanjut dia, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi tes DNA, bahwa jasad yang ditemukan adalah Eril.

Hal itu pun turut disampaikan secara resmi oleh kepolisian Swiss lewat pemberitaan resmi.

"Selanjutnya sesuai prosedur hukum kepolisian Swiss, kepolisian menyiapkan berkas ke Pengadilan Bern untuk serah terima kepada keluarga," jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Diberi Kewenangan

Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, mengatakan, Jenazah anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang telah ditemukan sudah diizinkan diambil oleh pihak keluarga.

Diketahui, Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi.

"Pihak pengadilan telah memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril," kata dia dalam konferensi pers secara daring, Kamis (9/6/2022).

Muliaman juga mengatakan, pihak KBRI Bern akan memastikan bahwa almarhum Eril diberikan penghormatan sesuai syariat Islam.

"KBRI Bern tentunya memastikan, bahwa penghormatan terhadap hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.