Sukses

Hadiri Peresmian Masjid At-Taufiq di DPP PDIP, Jokowi dan Iriana Kompak Pakai Baju Putih

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri peresmian Masjid At-Taufiq yang dibangun di Kompleks Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri peresmian Masjid At-Taufiq yang berlokasi di Kompleks Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Jokowi tiba di Masjid At-Taufiq pada Rabu (8/6/2022) sore. Jokowi yang turun dari mobil dinas RI-1 tidak sendiri, melainkan turut menggandeng Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Keduanya kompak mengenakan setelah baju berwarna putih. Hanya baju putih Jokowi dibalut lagi dengan jas biru.

Pantauan di lokasi, rombongan kepresidenan hadir sekitar pukul 16.28 WIB. Kedatangannya langsung disambut oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Sebelum memasuki ruangan, Jokowi tampak menengok muka depan bangunan masjid yang terbilang unik ini. Sebab, masjid At-Taufiq dibangun tanpa adanya kubah seperti bentuk-bentuk masjid pada umumnya.

Sebagai informasi, kehadiran Jokowi di Masjid At-Taufiq adalah untuk melakukan peresmian. Masjid At-Taufiq ini dibangun di atas lahan seluas 1.800 meter persegi dengan daya tampung sekitar 400-500 jemaah.

Konsep bangunan Masjid At-Taufiq ini diambil dari Islam Nusantara yang Berkemajuan, yang sesuai dengan Trisakti Bung Karno yang ketiga, yaitu berkepribadian yang berkebudayaan Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi telah bertemu empat mata dengan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri sebelum melantik Dewan Pengarah dan Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Momen itu lalu disebarluaskan melalui Instagram Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Terkait isi pembicaraan tersebut, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa Jokowi hendak mengonfirmasi kehadirannya saat peresmian Masjid At-Taufiq yang dibangun oleh PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Presiden menyampaikan akan hadir ke peresmian Masjid At-Taufiq di Lenteng Agung besok," kata Bey kepada awak media, Selasa (7/6/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PDIP Pastikan Hubungan Jokowi - Megawati Baik

Namun demikian, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkap hal lebih lebar. Menurut dia, obrolan empat mata antara ketua umumnya dan kepala negara terkait persoalan bangsa yang memang sudah secara rutin dilakukan.

“Saya dan Mas Pramono Anung menyaksikan sebelum dan sesudah pelantikan, Pak Jokowi dan Bu Mega berbicara empat mata, dan pada saat menuju mobil Pak Jokowi menggandeng tangan Bu Mega. Semua dilakukan tertutup dalam suasana khusus agar mengalir gagasan jernih, mendalam, karena (obrolan) terkait masa depan bangsa dan negara, " ujar Hasto dalam keterangan terpisah.

Hasto memastikan, hubungan Megawati dengan Jokowi tidak ada kerenggangan karena perbincangan keduanya dilakukan secara mendalam, dipandu oleh kesesuaian tentang arah masa depan bangsa dan dilandasi hubungan batin yang kuat. 

“Bagi yang biasa menabuh genderang politik, biasanya yang ada hanya akal politik, karena itulah tidak mampu melihat kedekatan dalam suasana batin," lanjut Hasto.

Terkait arah Pemilu 2024, PDI Perjuangan dipastikan terus melakukan konsolidasi. Bagi Hasto, tidak ada hari tanpa konsolidasi, baik untuk untuk capres dan cawapres semua ada dalam kendali sang ketua umum.

“Semua kader harus kedepankan disiplin, jangan terbawa arus, dan jalan terbaik memenangkan Pemilu adalah turun ke bawah. PDI Perjuangan tidak akan terseret arus. Para kader jangan ikut-ikutan dansa politik. Fokus tunggal, bergerak ke bawah,” kata Hasto memungkasi.

3 dari 3 halaman

Pastikan Hadiri Peresmian Masjid Meski Ada Kunker ke 2 Provinsi

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memastikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap akan menghadiri undangan dari Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri untuk meresmikan Masjid At-Taufiq milik PDIP di Lenteng Agung.

"Jadi (datang peresmian masjid),” jelas Bey saat dikonfirmasi awak media, Rabu (8/6/2022).

Kepastian itu dijawab Bey, sebab Jokowi diketahui memiliki jadwal yang padat dalam kunjungan kerja (kunker) di dua provonsi, Jawa Tengah dan Sulawesi Tenggara di hari yang sama.

“Iya betul (dua kunjungan kerja di dua provinsi hari ini). Pagi ini kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Petang sore nanti melanjutkan lagi kunjungan kerja ke Kendari, Sulawesi Tenggara,” ungkap Bey.

Sebagai informasi, saat kunjungan ke Jawa Tengah pagi ini, Jokowi akan mengunjungi Kawasan Industri Terpadu Batang dan menghadiri kegiatan perhutanan sosial di Kabupaten Batang. 

Kemudian untuk Sulawesi Tenggara, Jokowi akan melakukan kunjungan kerja di Kendari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.