Jokowi Senang Proyek Investasi Industri Baterai Listrik Serap 20 Ribu SDM Lokal

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 08 Jun 2022, 11:17 WIB
Diperbarui 08 Jun 2022, 11:17 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 secara virtual
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 secara virtual. (Dok Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Batang, Jawa Tengah guna meresmikan Implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi.

Dia pun mengaku senang dengan adanya proyek ini. Sebab, proyek tersebut banyak menyerap tenaga kerja lokal hingga 20 ribu orang.

"Yang paling saya senang, menyerap karyawan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja kita 20 ribu orang, ini jumlah yang tidak kecil. Di mana-mana di dunia sekarang ini pembukaan lapangan kerja merupakan kunci," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran daring, Rabu (8/6/2022).

Dia menjelaskan, proyek yang diinvestasi oleh perusahaan asal Korea Selatan, LG, adalah model investasi pertama di dunia yang mengintegrasikan produksi kendaraan listrik dari hulu ke hilir.

"Mulai dari penambangan nikel, smelter, pabrik rekuser, pabrik katoda, baterai listrik, baterai pack, hingga mobil listrik masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai dari hulur sampai hilir, end to end dikerjakan dalam investasi ini," kata Jokowi.

mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap konsorsium LG dan juga BUMN Indonesia atas kerja kerasnya sehingga pembangunannya bisa dimulai hari ini.

"Total investasi bukan jumlah sedikit, 9,8 miliar USD, saya menyampaikan terima kasih," kata Jokowi.

 


Telah Dijadwalkan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022). Jokowi diagendakan meninjau industri baterai listrik terintegrasi di Batang.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi berangkat ke Jawa Tengah dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Dia dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 07.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani Kota Semarang, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di Kabupaten Batang melalui jalur darat. Di KITB, Jokowi direncanakan menghadiri seremoni implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi.

 


Lapangan Omah Tani

Selepas itu, Jokowi akan menuju Lapangan Omah Tani, Kabupaten Batang untuk melakukan syukuran hasil bumi Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial. Dia kemudian akan kembali ke Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani untuk lepas landas menuju Jakarta.

Setelah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jokowi akan meresmikan Masjid At-Taufiq yang terletak di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Setelah itu, dia akan kembali ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk kemudian lepas landas menuju Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi enteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya