Sukses

Prabowo: Jangan Mengaku Kalah, Anggap Saja Kemenangan Tertunda

Selain itu, Prabowo juga membangkitkan semangat petarung para wisudawan. Menurut dia, jika petarung terjatuh adalah hal biasa. Karena yang luar biasa adalah bagaimana petarung dapat kembali bangkit setelah dinyatakan K.O.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, berpesan kepada para generasi penerus bangsa untuk tidak mudah merasa kalah. Ia menyampaikan itu ketika berorasi ilmiah saat momen wisuda Universitas Pancasila, Selasa (7/6/2022).

"Kau mungkin kalah, kalau kau kalah jangan mengakui kau kalah, anggap saja kemenangan yang tertunda," kata Prabowo mengawali orasi yang disambut tawa para wisudawan, seperti dilihat dari Channel Youtube Universitas Pancasila, Selasa (7/6/2022).

Selain itu, Prabowo juga membangkitkan semangat petarung para wisudawan. Menurut dia, jika petarung terjatuh adalah hal biasa. Karena yang luar biasa adalah bagaimana petarung dapat kembali bangkit setelah dinyatakan K.O.

"Kalau kau jatuh itu biasa, petarung kadang-kadang jatuh, kadang-kadang K.O, yang penting bukan jatuhnya yang penting bagaimana kau berdiri kembali," jelasnya.

Prabowo lalu mengingatkan tentang sifat-sifat menuju keberhasilan. Salah satunya, yakni dengan rajin membaca. Dia percaya kecerdasan adalah soal bagaimana seseorang mampu mengasahnya. Sebab, menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra ini, kecerdasan bukanlah warisan genetik dari orang tua pada anaknya.

"Buku yang tebal jangan hanya dipajang. Asah kecerdasanmu! Jangan anggap bahwa kecerdasan itu dilahirkan, jadi kalau saya enggak cerdas, salah orang tua saya, No! Kecerdasan bisa kau asah, asal ada will. Selain itu juga harus disiplin," ujar Prabowo.

Prabowo percaya, gelar dan rekam jejak sang ayah, Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo bisa mendapatkan semua gelarnya, karena menjalani hidupnya dengan bekerja keras yang konsisten. 

"Dia kerjakan apa yang diminta dan dituntut kepadanya, lalu berpikir positif, berpikir baik, jangan menyerah," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.