Sukses

Infografis Para Petinggi Parpol Turun Gunung, Manuver Jelang Pemilu 2024

Rangkaian pertemuan para petinggi parpol di antaranya melibatkan Ketum Partai NasDem Surya Paloh maupun Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Seiring dengan itu, Koalisi Indonesia Bersatu turut melancarkan manuver untuk konsolidasi Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Panggung politik di Tanah Air dalam dua bulan terakhir didominasi serangkaian pertemuan dan manuver elite partai politik atau parpol. Bukan hanya para ketua umum atau ketum partai. Sejumlah petinggi parpol selevel majelis tinggi ataupun pembina turut meramaikan jagat politik menjelang Pemilu 2024.

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, misalnya. Presiden ke-6 RI yang kini menjabat Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu menemui Ketum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu 5 Juni 2022.

Momentum SBY "turun gunung" itu jelas menarik perhatian publik. Apalagi SBY telah cukup lama menjauh dari hiruk pikuk jagat perpolitikan Tanah Air. Ia bahkan lebih sering mengisi waktunya dengan melukis.

Pun demikian Surya Paloh, ketum sekaligus pendiri Partai NasDem. Mantan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar ini juga terbilang rajin menggelar pertemuan dengan sejumlah elite partai maupun tokoh yang berpotensi masuk bursa calon presiden atau capres 2024.

Sekelas SBY dan Surya Paloh, ada Prabowo Subianto. Pendiri yang juga menjabat Ketum Partai Gerindra itu menggelar safari dan silaturahmi ke berbagai tokoh setelah Idul Fitri tahun ini, tepatnya sejak 2 Mei 2022.

Selain mereka, ada Koalisi Indonesia Bersatu. Koalisi ini muncul setelah pertemuan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Amanat Nasional atau PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum Partai Persatuan Pembangunan atau PPP Suharso Monoarfa di Jakarta, 12 Mei 2022.

Bagaimana rangkaian pertemuan para petinggi parpol yang melibatkan Surya Paloh maupun Prabowo Subianto? Bagaimana pula konsolidasi Koalisi Indonesia Bersatu menuju Pemilu 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Para Petinggi Parpol Turun Gunung, Manuver Jelang Pemilu 2024

3 dari 4 halaman

Infografis Safari Lebaran Prabowo Subianto Jelang Pemilu 2024

4 dari 4 halaman

Infografis Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Konsolidasi Jelang Pemilu 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.