Sukses

Giring: Formula E Bukan Program Prioritas yang Diperlukan Warga DKI Jakarta

Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha menanggapi soal pelaksanaan Formula E yang rampung digelar Sabtu, 4 Juni 2022 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha menanggapi soal pelaksanaan Formula E yang rampung digelar Sabtu, 4 Juni 2022 lalu. Giring menyebut bagi PSI Formula E bukan program prioritas yang dibutuhkan warga DKI Jakarta.

Menurut dia, masih banyak pekerjaan lain Pemprov DKI yang lebih penting dari digelarnya Formula E. Hal-hal seputar kemacetan, polusi, dan masalah usai pandemi Covid-19, kata Giring yang seharusnya jadi fokus Pemprov DKI.

"Formula E itu kalau menurut kita di PSI itu bukan program prioritas yang diperlukan warga DKI Jakarta. Masih banyak kemacetan, masih banyak titik-titik banjir, polusi," kata Giring di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (6/6/2022).

"Setelah pandemi Covid, bagaimana kita ngomongin, menambah lapangan pekerjaan di DKI. Kemaren kita baru denger banyak start up yang PHK karyawannya, ini gimana?" lanjutnya.

Nantinya dia mempertegas bahwa PSI akan tetap mempersoalkan seputar anggaran pelaksanaan Formula E yang telah selesai terlaksana itu.

"Jadi ini yang akan terus kita pertanyakan dan jangan sampai uang pajak warga DKI Jakarta itu apa ya rugi lah hilang begitu aja," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kesuksesan

Saat ditanyai apakah Formula E berjalan sukses, dia menjawab dengan harus adanya transparansi anggaran.

"Berhasil lihatnya darimana? Apakah dilihat dari jumlah penontonnya, apakah diliat dari jumlah keuntungannya, apakah diliat dari dampak ekonominya ke masyarakat sekitar dan masyarakat DKI Jakarta," kata Giring.

"Makanya sukses tuh dilihat dari mana? Kalau cuma ramai dan hingar bingar saja sih itu bukan sukses," lanjut Giring

Dia menyebut PSI akan tetap mengawal rincian anggaran pelaksanaan Formula E oleh Pemprov DKI. PSI menurut dia akan mempersoalkan lebih dalam terkait untung rugi pelaksanaan ajang mobil listrik Formula E tersebut.

"Iya kita tetap mempersoalkan itu, kemaren kan sudah berjalan, trus skrg kita harus tanya dong itu keuntungannya berapa? Ke rekeningnya yang masuk berapa? Terus jumlah budget cost nya berapa? Untung atau rugi. Kalo untung uangnya dipake buat apa? Terus kalo rugi siapa yg nanggung? Jangan sampai nanti kalo rugi nanti yg nanggung uang pajak saya dan Dea, Grace dan masyarakat," jelas dia.

Dia menjelaskan bahwa Formula E sudah menjadi perhatian Fraksi PSI DKI Jakarta sejak awal. Sehingga lanjut dia akan tetap dikawal hingga pertanggungjawaban anggaran Formula E selesai.

"Untungnya memang kita di Fraksi PSI DKI memang dari awal terus mengawal sampai kemaren trus di kawal sampai dengan hari pelaksanaan," ujar dia.

3 dari 4 halaman

Klaim Sukses

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dan menyukseskan perhelatan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu 4 Juni 2022.

Adapun ini disampaikannya melalui akun media sosialnya.

"Di balik kesuksesan acara Jakarta E-Prix kemarin, ada ribuan tangan yang terlibat mewujudkannya. Petugas konstruksi, petugas kesehatan, pengemudi transportasi, penyedia makanan, pengurus perizinan, dan banyak lagi yang bekerja dalam sunyi," kata Anies dikutip dari akun Instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (5/6/2022).

Mantan Menteri Pendidikan era Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini menyebut para petugas itu tidak hanya membangun sirkuit, tapi membangun kebanggaan bagi kota dan negara.

Mereka juga tak hanya menggelar balapan, tapi menggelar rasa percaya diri bagi bangsa.

"Karena mimpi adalah kunci, dan mereka semua telah berlari tanpa lelah untuk meraihnya," ucap Anies.

Formula E telah berlangsung di Jakarta International E-Circuit, Ancol, Jakarta, kemarin. Presiden Joko Widodo menyaksikan lansung ajang internasional ini.

Pebalap asal Selandia Baru, Mitch Evans berhasil menjuarai seri kesembilan balapan mobil listrik itu. Evans yang menunggangi mobil tim Jaguar TCS Racing itu mampu menuntaskan balapan 40 lap dengan catatan waktu tercepat yakni 48 menit 28,424 detik.

Evans mengantungi kemenangan seri ketiganya musim ini setelah mampu mengungguli pebalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne (Prancis) hanya dengan selisih 0,733 detik, sedangkan Edoardo Montara (Swiss) dari Rokit Venturi Racing melengkapi tempat di podium ketiga.

4 dari 4 halaman

Bagus untuk Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa syukur, karena ajang Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E Jakarta berjalan lancar pada Sabtu (4/6/2022).

Melalui akun Instagram resminya @jokowi, dia menuturkan hal tersebut. Jokowi sendiri hadir langsung di Ancol, Jakarta Utara untuk menyaksikan balapan mobil listrik Formula E. "Kita menyaksikan langsung atau melalui tayangan televisi, gelaran balap 2022 Jakarta E-Prix di Sirkuit Formula E, Jakarta. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," kata Jokowi, seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (5/6/2022).

Menurut Jokowi, balapan Jakarta E-Prix 2022 adalah perhelatan adu kencang mobil yang akan semakin digemari di masa depan. Sebab, ajang tersebut menggunakan mobil bertenaga listrik, masa depan energi global yang diyakini dunia lebih baik.

"Kian banyaknya pemakai mobil listrik. Ajang balap ini juga bagus untuk Indonesia yang akan membangun ekosistem kendaraan listrik," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, ajang serupa bisa semakin sering digelar. "Saya berharap ke depannya akan lebih banyak lagi penyelenggaraan ajang kompetisi balap serupa Formula E," kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi tiba langsung di Sirkuit Jakarta E-Prix 2022, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 4 Juni 2022. Dia hadir di lokasi sekira pukul 14.10 WIB.

Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, serta Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.