Sukses

Memaknai Posisi Duduk Puan yang Diapit Jokowi dan Anies di Formula E

Menurut pengamat politik, Fadhli Harahap hal ini menyimbolkan posisi Puan strategis dalam dinamika politik nasional ke depan.

Liputan6.com, Jakarta Saat menyaksikan gelaran balapan Formula E 2022 Jakarta E-Prix, posisi duduk Ketua DPR Puan Maharani diapit Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada Kamis 4 Juni kemarin. 

Foto formasi duduk para tokoh itu sempat menjadi perbincangan hangat warganet di media sosial lengkap dengan beragam tanggapan. 

Menurut pengamat politik, Fadhli Harahap hal ini menyimbolkan posisi Puan strategis dalam dinamika politik nasional ke depan. 

"Saya kira bukan kebetulan Mbak Puan berada di tengah, diapit Pak Jokowi dan Pak Anies. Apalagi selentingan kabar Anies yang mempersilahkan Mbak Puan duduk di tengah-tengah mereka," ujar Harahap, di Jakarta, Minggu (5/6/2022) dilansir Antara.

Menurut Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) ini, posisi PDI Perjuangan dan Puan Maharani sangat strategis karena hanya PDI Perjuangan yang bisa mengusung calon presidennya sendirian tanpa harus melibatkan partai politik lain. 

Modal itu menjadi kekuatan besar bagi PDI Perjuangan dan Puan Maharani sebagai calon yang berpotensi besar diusung, sehingga semua tokoh nasional ingin dekat dan bahkan ikut dengan gerbong partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. 

"Hanya PDI Perjuangan parpol yang bisa mengusung calonnya sendiri karena telah memenuhi ambang batas presidential threshold 20 persen. Artinya PDI Perjuangan punya posisi penting dan menentukan," ujarnya. 

Sehingga, siapapun yang berkepentingan di Pilpres 2024 akan berusaha keras mendekati Puan yang berpotensi besar diusung sebagai capres maupun cawapres dari PDIP. 

"Pak Jokowi yang meskipun Presiden, tetapi bukan ketua umum partai politik, sehingga tetap berkepentingan dengan Mbak Puan dan PDI Perjuangan di Pilpres 2024. Begitu juga Mas Anies, meski elektabilitas lumayan tinggi tetapi tidak ada kepastian partai pengusung, sehingga opsi mendekat ke Mbak Puan dan PDIP adalah pilihan logis," jelas Harahap. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puan: Formula E Makin Tingkatkan Citra Indonesia

Sebelumnya, Puan memenuhi undangan Baswedan untuk menyaksikan langsung putaran final balapan Formula E.

"Diundang Pak Gubernur nonton balapan Formula E," kata Puan saat menyaksikan perhelatan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 4 Juni 2022. 

Puan pun berharap ajang balap mobil listrik dunia itu akan makin meningkatkan citra positif Indonesia. Saat ikut menyaksikan jalannya lomba, Puan berada di tribun VVIP bersama Presiden Jokowi dan Anies Baswedan.

Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dan menyukseskan perhelatan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu 4 Juni 2022.

Adapun ini disampaikannya melalui akun media sosialnya.  

"Di balik kesuksesan acara Jakarta E-Prix kemarin, ada ribuan tangan yang terlibat mewujudkannya. Petugas konstruksi, petugas kesehatan, pengemudi transportasi, penyedia makanan, pengurus perizinan, dan banyak lagi yang bekerja dalam sunyi," kata Anies dikutip dari akun Instagramnya @aniesbaswedan, Minggu (5/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.