Sukses

3.169 Jemaah Haji Indonesia Terbang ke Madinah Hari Ini, Minggu 5 Juni 2022

Total rencana keberangkatan hari ini sebanyak delapan kloter dari lima embarkasi dengan jumlah jamaah seluruhnya 3.169 jemaah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 3.169 jemaah haji Indonesia gelombang I akan diberangkatkan hari ini, Minggu (5/6/2022). Seluruh jemaah haji akan terbang melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

"Hari ini merupakan hari kedua pemberangkatan jemaah haji Tanah Air di mana kemarin kita memberangkatkan 7 kloter dengan jemaah 2.735 jamaah dan petugas sebanyak 28 orang. Total rencana keberangkatan hari ini sebanyak delapan kloter dari lima embarkasi dengan jumlah jamaah seluruhnya 3.169 jemaah," tutur Sekretaris Ditjen PHU Kemenag, Ahmad Abdullah Yunus dalam konferensi pers, Minggu (5/6/2022).

Yunus merinci, keberangkatan jemaah haji akan dilaksanakan oleh Embarkasi Padang dengan dua kloter dua berjumlah 393 jemaah, kemudian Embarkasi Jakarta-Bekasi yakni JKS 3 dan JKS 4 dengan jemaah kurang lebih masing-masing 410 orang.

"Jadi dua kloter menjadi 820 orang," jelas dia.

Selanjutnya, embarkasi Solo yakni SOC 3 dan SOC 4 dengan jumlah jemaah masing-masing 360 orang. Sehingga total jumlah jamaah mencapai 720 orang. Untuk Embarkasi Surabaya yaitu Surabaya 2 dengan jumlah jemaah 450 orang.

"Embarkasi Jakarta Pondok Gede yaitu JKG 2 dan JKG 3 masing-masing 393 orang. Total hari ini diberangkatkan 786 orang," Yunus menandaskan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.735 Calon Haji Telah Tiba di Madinah

Kementerian Agama (Kemenag) merilis hasil keberangkatan para jemaah haji Gelombang I yang terbang pada Sabtu, 4 Juni 2022. Total sebanyak 2.735 calon haji telah tiba di Bandara Madinah.

"Kemarin kita memberangkatkan 7 kloter dengan jemaah 2.735 jamaah dan petugas sebanyak 28 orang," tutur Sekretaris Ditjen PHU Kemenag, Ahmad Abdullah Yunus dalam konferens pers, Minggu (5/6/2022).

Yunus mengatakan, keberangkatan dan pemulangan jamaah haji dibagi menjadi dua gelombang, yakni Gelombang I yang mendarat di Bandara Madinah dan Gelombang II di Bandara King Abdul Azis Jeddah.

Adapun secara rinci, embarkasi yang sudah melakukan pelepasan terhadap jemaah, yang pertama adalah Embarkasi Jakarta Pondok Gede dengan satu kloter sebanyak 385 orang dan petugas sebanyak empat orang.

"Embarkasi Jakarta-Bekasi sebanyak dua kloter dengan jumlah jemaah 404 orang jemaah ditambah 4 petugas, kemudian JKS 406 jemaah ditambah empat petugas sehingga jumlah yang dari Jakarta-Bekasi sebanyak 810 orang dan petugas sebanyak delapan orang," jelas dia.

Selanjutnya, kata Yunus, Embarkasi Solo sebanyak dua kloter dengan jumlah jemaah 354 orang dan empat petugas ditambah SOC 02 dengan jumlah jemaah 352 orang dan empat petugas, sehingga total menjadi delapan petugas.

Kemudian Embarkasi Surabaya sebanyak 1 kloter dengan jumlah jemaah 445 orang dengan empat petugas, dan Embarkasi Padang sebanyak 1 kloter dengan jumlah jemaah 389 orang ditambah empat petugas.

"Dari 7 kloter tersebut seluruhnya telah tiba di Arab Saudi melalui Bandara Madinah. Selanjutnya seluruh jemaah yang telah tiba di Madinah akan menetap di Kota Madinah dengan masa tinggal 8 sampai 9 hari, dengan mengacu kecukupan pelaksanaan Salat Arbain, di mana mereka para jemaah akan melaksanakan 40 waktu salat," ujarnya.

Selain itu, jemaah yang telah sampai di Madinah pun diperkenankan untuk berziarah ke Makam Rasulullah dan mendapatkan paket ziarah ke tempat-tempat suci di Madinah, antara lain Makam Baqi, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, dan Jabal Uhud.

"Setelah seluruh rangkaian selesai, selanjutnya jemaah akan menuju ke Kota Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib dengan mengambil Miqat di Bir Ali," Yunus menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saudi Sambut Kloter Pertama

Kementerian Agama Republik Indonesia memastikan, sebanyak 358 jemaah haji Indonesia kloter pertama yang diberangkatkan dari embarkasi solo (SOC 1) sudah tiba di Madinah, Sabtu 4 Juni 2022.

Kloter pertama jamaah haji tanah air diketahui mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) sekitar pukul 09.58 waktu Arab Saudi (WAS).

"Kami sangat bergembira bisa menyambut kloter pertama jemaah haji Indonesia bersama Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi," ujar Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Bandara AMAA Madinah, seperti dikutip dari siaran pers tertulis, Minggu (5/6/2022).

Abdul mengaku terharu sekaligus bahagia saat menyambut ratusan jemaah itu. Bagaimana tidak, ibadah yang dilakukan umat Islam setiap satu tahun sekali harus absen selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Saya merasakan bahagia dan haru. Ini sudah ditunggu banyak orang, masyarakat Indonesia. Mereka sudah lama menunggu lama, apalagi setelah tertunda dua tahun karena pandemi," tutur Abdul.

Dubes RI di Saudi berpesan agar seluruh jemaah haji tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah menurun, jemaah tetap harus disiplin protokol kesehatan ketika menjalani ibadah haji. Selain itu, kondisi di Arab Saudi saat ini sangat panas.

"Jemaah jangan lupa minum, dan makan. Semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah dengan baik," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.