Momen Erick Thohir Berolahraga di CFD Bersama Puan Maharani

Oleh Liputan6.com pada 05 Jun 2022, 12:44 WIB
Diperbarui 05 Jun 2022, 17:38 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir bersama Puan.
Perbesar
Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir tengah berolahraga di kawasan car free day (CFD) pada Minggu (5/6/2022) pagi. Dia pun tak sendiri, terlihat juga ada Ketua DPR RI Puan Maharani. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir tengah berolahraga di kawasan car free day (CFD) pada Minggu (5/6/2022) pagi.

Dia pun tak sendiri, terlihat juga ada Ketua DPR RI Puan Maharani.

Selain itu, juga ada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Aviata, Triawan Munaf.

"CFD-an bareng Bu @puanmaharaniri Bu @retno_marsudi dan Pak @triawanmunaf. Cari keringet dan sinar matahari pagi untuk menambah imun tubuh," kata Erick dalam akun Instagram, @erickthohir.

Dia mengakui merasa capek. Namun, tetap seru.

Diketahui, baik Erick maupun Puan, Retno dan Triawan terlihat sporty dengan mengenakan pakaian olah raga. 

Jika Erick memilih warna pakaian yang cenderung gelap, sedangkan Puan memilih dominasi warna putih dalam atribut pakaiannya.

"Capek seru sehat jadi satu. Sudah olahraga pagi ini? Semoga teman-teman sehat selalu," kata dia.

Tak hanya berolahraga bersama, keduanya bersama Retno dan Triawan pun singgah ke Pusat Perbelanjaan Sarinah.

Erick mengajak Puan berkeliling menyaksikan wajah baru Sarinah yang dipenuhi ragam karya seni bersejarah dan menarik.

Selepas berkeliling, Erick dan Puan pun menuju restoran Dewata by Monsieur Spoon di pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang diresmikan Soekarno pada 15 Agustus 1966 tersebut. 


Puluhan Ribu Warga

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melakukan evaluasi pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) yang digelar pada Minggu, 22 Mei 2022 lalu.

Hasil evaluasi menunjukkan, secara umum pelaksanaan CFD terbatas tanpa partisipan dan pedagang kaki lima (PKL) ini berjalan dengan lancar.

"Tidak ada kejadian permasalahan yang menonjol," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu (24/5/2022).

Dia mengatakan, sebagai pelaksanaan CFD perdana yang dilangsungkan usai pandemi Covid-19 terkendali, lalu lintas pejalan kaki dan pesepeda terbilang ramai.

"Sebagai HBKB Pertama, pengunjung telah ramai, dengan total traffic di Sudirman-Thamrin pejalan kaki sebanyak 27.766 orang dan pesepeda sebanyak 3.545 sepeda," kata dia.

Lebih lanjut, Syafrin mengatakan, angka ini didapat dari hasil penghitungan di dua titik. Data itu kemudian dicocokkan dengan penghitungan dari aplikasi PeduliLindungi.

"Perhitungan manual kita melakukan traffic counting. Apa namanya di 2 titik yang ada. Satu di titik Sudirman di Karet, satunya di Patung Kuda. Kemudian kita lakukan komparasi data dan itulah hasilnya," ujarnya.

Meski begitu, dia mengakui masih ada masyarakat yang melewati scan atau pemindaian kode batang (kode QR) PeduliLindungi di area CFD.

 


Pengukuran Kualitas Udara

Berikut hasil pengukuran kualitas udara selama kegiatan HBKB atau CFD di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta:

1. CO: menurun 18.27 persen

2. SO2: meningkat 28.44 persen

3. PM10: menurun 22.71 persen

4. PM2,5: menurun 8.59 persen

5. NO: menurun 45.01 persen

6. NMHC: menurun 18.79 persen

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya