Arab Saudi Sambut Meriah Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia di Madinah

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 05 Jun 2022, 07:44 WIB
Diperbarui 05 Jun 2022, 07:56 WIB
Sebanyak 358 jemaah haji Indonesia kloter pertama yang diberangkatkan dari embarkasi solo (SOC 1) sudah tiba di Madinah, Sabtu 4 Juni 2022 telah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA)
Perbesar
Sebanyak 358 jemaah haji Indonesia kloter pertama yang diberangkatkan dari embarkasi solo (SOC 1) sudah tiba di Madinah, Sabtu 4 Juni 2022 telah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) sekitar pukul 09.58 waktu Arab Saudi (WAS). (Tim dokumentasi Kementerian Agama Republik Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta- Kementerian Agama Republik Indonesia memastikan, sebanyak 358 jemaah haji Indonesia kloter pertama yang diberangkatkan dari embarkasi solo (SOC 1) sudah tiba di Madinah, Sabtu 4 Juni 2022.

Kloter pertama jamaah haji tanah air diketahui mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) sekitar pukul 09.58 waktu Arab Saudi (WAS).

"Kami sangat bergembira bisa menyambut kloter pertama jemaah haji Indonesia bersama Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi," ujar Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad di Bandara AMAA Madinah, seperti dikutip dari siaran pers tertulis, Minggu (5/6/2022).

Abdul mengaku terharu sekaligus bahagia saat menyambut ratusan jemaah itu. Bagaimana tidak, ibadah yang dilakukan umat Islam setiap satu tahun sekali harus absen selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

"Saya merasakan bahagia dan haru. Ini sudah ditunggu banyak orang, masyarakat Indonesia. Mereka sudah lama menunggu lama, apalagi setelah tertunda dua tahun karena pandemi," tutur Abdul.

Dubes RI di Saudi berpesan agar seluruh jemaah haji tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah menurun, jemaah tetap harus disiplin protokol kesehatan ketika menjalani ibadah haji. Selain itu, kondisi di Arab Saudi saat ini sangat panas.

"Jemaah jangan lupa minum, dan makan. Semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah dengan baik," ucapnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Dimulainya Fase Haji

828 Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Diberangkatkan
Perbesar
Petugas sedang merapikan koper petugas PPIH di asrama haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (31/5/2022). Petugas PPIH (Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) sebanyak di 828 orang di berangkatkan pada Rabu (1/6/2022) yang di bagi daerah kerja ke Jeddah, Madinah dan Mekkah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kehadiran Kloter SOC 1 ini menandai dimulainya fase kedatangan jemaah haji Indonesia. Mereka mendapat penyambutan khusus dari pejabat Indonesia serta Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, seperti dibentuknya panggung kecil untuk dilewati jemaah sambil mendapat siraman bunga sebagai bentuk penghormatan

Tak hanya itu, jemaah haji Indonesia juga mendapat hadiah dalam kemasan kotak yang berisi sajadah dan kurma. Senandung thala'al badru juga mengiringi kedatangan jemaah menambah keharuan suasana di Terminal Haji Bandara Internasional AMMA Madinah.

Sebelumnya, saat melepas keberangkatan jemaah haji Indonesia di Jakarta, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar jemaah haji menjaga kesehatan dan membiasakan minum air putih karena cuaca panas di Saudi. Menag juga mendoakan jemaah bisa menjalankan ibadah dengan baik dan memperoleh haji mabrur.

Kemenag juga sebelumnya mengiri Petugas PPIH (Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) sebanyak di 828 orang, yang diberangkatkan pada Rabu (1/6/2022) yang di bagi daerah kerja ke Jeddah, Madinah dan Mekkah.


Infografis

Infografis Perbandingan Biaya Ibadah Haji 2019 hingga 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Perbandingan Biaya Ibadah Haji 2019 hingga 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya