Sukses

Jokowi: Balapan Formula E Bagus untuk Indonesia

Menurut Presiden Joko Widodo atau Jokowi, balapan Formula E akan semakin digemari di masa depan, karena menggunakan tenaga listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan rasa syukur, karena ajang Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E Jakarta berjalan lancar pada Sabtu (4/6/2022).

Melalui akun Instagram resminya @jokowi, dia menuturkan hal tersebut. Jokowi sendiri hadir langsung di Ancol, Jakarta Utara untuk menyaksikan balapan mobil listrik Formula E. "Kita menyaksikan langsung atau melalui tayangan televisi, gelaran balap 2022 Jakarta E-Prix di Sirkuit Formula E, Jakarta. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," kata Jokowi, seperti dikutip Liputan6.com, Minggu (5/6/2022).

Menurut Jokowi, balapan Jakarta E-Prix 2022 adalah perhelatan adu kencang mobil yang akan semakin digemari di masa depan. Sebab, ajang tersebut menggunakan mobil bertenaga listrik, masa depan energi global yang diyakini dunia lebih baik.

"Kian banyaknya pemakai mobil listrik. Ajang balap ini juga bagus untuk Indonesia yang akan membangun ekosistem kendaraan listrik," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, ajang serupa bisa semakin sering digelar. "Saya berharap ke depannya akan lebih banyak lagi penyelenggaraan ajang kompetisi balap serupa Formula E," kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi tiba langsung di Sirkuit Jakarta E-Prix 2022, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 4 Juni 2022. Dia hadir di lokasi sekira pukul 14.10 WIB.

Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, serta Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Hadir Langsung

Sebelum balapan dimulai, Presiden Jokowi melakukan grid walk atau peninjauan barisan start sembari menyapa para pembalap yang bersiap mengawali lomba didampingi Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo. Selepas grid walk, Presiden Jokowi juga akan berfoto bersama dengan 22 pebalap dari 11 tim yang berlaga di Jakarta E-Prix 2022.

Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula-E Pertama di ASEAN. Jakarta E-Prix merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E 2021-2022. Meneken kontrak lima tahun, ibu kota Indonesia ini semestinya mulai menggelar Formula E pada musim 2019/2020. Namun, ajang baru bisa digelar tahun ini karena pandemi Covid-19.

Balapan Formula-E di Jakarta ini merupakan edisi pertama. Sejak digelar pada September 2014, Formula E belum pernah diadakan di Indonesia. Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.