Wapres Ma'ruf Amin Minta Perguruan Tinggi Jadi Pusat Gagasan Kreatif dan Inovatif

Oleh Delvira Hutabarat pada 05 Jun 2022, 03:36 WIB
Diperbarui 06 Jun 2022, 17:04 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Perbesar
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meresmikan Gedung Baru Universitas KH Wahab Hasbullah (UNWAHA), Tambakberas, Jombang, Jawa Timur. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi berbagai perkembangan dan tantangan IPTEK, Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta perguruan tinggi harus benar-benar menjadi ekosistem belajar yang kreatif dan inovatif baik untuk dosen maupun mahasiswanya.

Hal tersebut disampaikan Wapres saat meresmikan Gedung Baru Universitas KH Wahab Hasbullah (UNWAHA), Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

"Salah satu kuncinya adalah UHWAHA harus mampu menghadirkan ekosistem pendidikan yang membuat gagasan-gagasan kreatif dan inovatif, baik dari dosen maupun mahasiswa, dapat terus berkembang secara produktif," kata Ma'ruf Amin, Jombang, Sabtu (4/6//2022).

Menurut dia, sebagai tempat berkumpulnya intelektual-intelektual Islam, UNWAHA harus mampu mengambil peranan yang lebih besar dalam mengedukasi masyarakat terkait ilmu agama.

"Khususnya umat yang awam ilmu agama dan mudah terpengaruh pada ajakan-ajakan yang mengarah pada rusaknya ikatan kita sebagai bangsa dalam kerangka NKRI," imbuh Wapres Ma'ruf Amin.

Dia mengungkapkan kemajemukan bangsa Indonesia dewasa ini makin diuji dengan timbulnya paham-paham yang dapat merusak tatanan kehidupan bangsa yang berlandaskan Pancasila.

"Untuk itu, mari kita jadikan Pancasila layaknya bintang penerang, sehingga kita akan mampu melalui berbagai tantangan dan ujian di tengah cita-cita mewujudkan kemajuan dan kemandirian bangsa ini," terang Ma'ruf Amin.

 


Moderat

Wapres berharap kampus dapat menjadi pusat pendidikan Islam yang moderat dan toleran, sehingga mampu melahirkan cendekiawan muslim yang unggul dalam merekatkan persatuan bangsa.

"UNWAHA (harus) turut serta menjadikan Indonesia sebagai episentrum pendidikan Islam yang moderat dan toleran, dengan mencetak insan teladan bagi generasi muslim global, yakni generasi muda yang tidak hanya cakap secara akademis tetapi juga mampu menebarkan toleransi dan berperan aktif dalam kehidupan sosial," pungkas Ma'ruf Amin.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya