Sukses

Metro Sepekan: Tanggapan Heineken Dilarang Jualan Bir dan Pasang Logo di Sirkuit Formula E Jakarta

Terdapat pembatasan larangan penjualan bir dan pemasangan logo Heineken sebagai salah satu sponsor ajang balapan mobil listrik Formula E selama perhelatannya di JIEC, Ancol pada Sabtu 4 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat pembatasan larangan penjualan bir dan pemasangan logo Heineken sebagai salah satu sponsor ajang balapan mobil listrik Formula E selama perhelatannya di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol pada Sabtu 4 Juni 2022.

Pihak Heineken pun angkat bicara. Menurut Marketing Director of Multi Bintang Indonesia Jessica Setiawan, pihaknya telah mencari solusi terkait pembatasan yang diambil pihak panitia terhadap brand bir asal Belanda yang tetap sejalan dengan komitmen.

Jessica menyebut, sebagai bentuk komitmen, pihaknya mengawasi secara ketat penjualan bir hanya diperbolehkan terhadap konsumen diatas 21 tahun.

Berita lain yang populer dalam sepekan terakhir yakni terkait aturan ganjil genap (GaGe) di DKI Jakarta hingga saat ini masih berlaku di 13 ruas jalan. Namun, tak lama lagi aturan tersebut akan berubah.

Hal tersebut lantaran penerapan aturan ganjil genap Jakarta bakal diperluas lagi hingga mencapai 26 titik. Itu artinya, ada penambahan 13 titik ruas jalan yang akan diberlakukan ganjil genap.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, pada 6 Juni 2022 sampai 12 Juni 2022 dilakukan uji coba di 12 ruas jalan tersebut. Selama masa uji coba, pelanggar gage tidak dikenakan sanksi tilang.

Sementara itu, hingga pukul 06.00 WIB pada Rabu 1 Juni 2022, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat terdapat 22 RT terendam banjir. Kondisi ini disebabkan luapan Kali Ciliwung.

Disampaikan Kepala Bidang Pusat Data dan Informasi BPBD DKI Mohammad Insaf, rerata ketinggian air di RT yang terendam banjir mencapai 80-140 cm.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dilarang Jualan Bir dan Pasang Logo di Sirkuit Formula E, Jakarta, Ini Respons Heineken

Pihak Heineken selaku sponsor bir global ajang balapan mobil listrik Formula E, Jakarta akhirnya angkat suara soal adanya pembatasan larangan penjualan bir dan pemasangan logo selama perhelatan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, 4 Juni 2022 nanti.

Berkenaan pembatasan itu, Marketing Director of Multi Bintang Indonesia, Jessica Setiawan menyampaikan bahwa pihaknya telah mencari solusi terkait pembatasan yang diambil pihak panitia terhadap brand bir asal Belanda yang tetap sejalan dengan komitmen.

"Buat kami di Heineken balik lagi di komitmen kita. Jadi kita tidak melihat dari segi pembatasannya jadi melihat dari kitanya sendiri, mempromosikan brand kita secara tanggung jawab," kata Jessica saat jumpa pers virtual, Selasa 31 Mei 2022.

Bentuk komitmennya, kata Jessica, pihaknya akan mengawasi secara ketat penjualan bir hanya diperbolehkan terhadap konsumen diatas 21 tahun.

Pihaknya akan terus meningkatkan potensi dan membuka segala kemungkinan mengembangkan kampanye yang selaras dengan ajang ini. Termasuk melaksanakan aturan larangan berjualan di sekitar area sirkuit Formula E.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Enam Fakta Terkait Aturan Baru Ganjil Genap Jakarta yang Akan Berlaku Mulai 6 Juni 2022

Peraturan penerapan ganjil genap (GaGe) di DKI Jakarta hingga saat ini masih berlaku di 13 ruas jalan. Namun, tak lama lagi aturan tersebut akan berubah.

Sebab, penerapan aturan ganjil genap Jakarta bakal diperluas lagi hingga mencapai 26 titik. Itu artinya, ada penambahan 13 titik ruas jalan yang akan diberlakukan ganjil genap.

Disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, Pemerintah Provinsi (Pemprov) tengah mengkaji penerapan ganjil genap di beberapa ruas jalan Ibu Kota.

"Kalau gage saat ini memang masih di 13 ruas jalan, tapi sedang dievaluasi ditingkatkan ke 26 ruas jalan. Dikembalikan sebagaimana yang diatur dalam Pergub Nomor 88 Tahun 2019," ungkap Syafrin, seperti dilansir laman resmi Korlantas Polri, Rabu 25 Mei 2022.

Ditambahkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, sebanyak 13 kawasan baru yang menerapkan gage antara lain, Jalan Pramuka, Jalan Salemba Raya sisi Barat, dan Jalan Salemba Sisi Timur mulai dari Simpang Jalan Paseban Raya sampai Diponegoro. Kemudian, Jalan Kramat Raya, Jalan Stasiun Senen, serta Jalan Gunung Sahari.

Sambodo menyampaikan, pada 6 Juni 2022 sampai 12 Juni 2022 dilakukan uji coba di 12 ruas jalan tersebut. Selama masa uji coba, pelanggar gage tidak dikenakan sanksi tilang.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kali Ciliwung Meluap, 22 RT di Jakarta Terendam Banjir hingga 140 Sentimeter

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, Rabu hingga pukul 6 pagi, terdapat 22 RT terendam banjir. Kondisi ini disebabkan luapan Kali Ciliwung.

"Informasi genangan saat ini adalah sebanyak 22 RT atau 0,072 persen dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Kepala Bidang Pusat Data dan Informasi BPBD DKI, Mohammad Insaf, Rabu 1 Juni 2022.

Insaf menuturkan, rerata ketinggian air di RT yang terendam banjir mencapai 80-140 cm.

Berikut daftar RT terendam banjir berdasarkan wilayah kota administrasi:

Jakarta Selatan terdapat 8 RT terendam banjir;

- 4 RT di Kelurahan Rawajati dengan ketinggian air 80 cm

- 4 RT di Kelurahan Pejaten Timur, dengan ketinggian air 50-60 cm

Jakarta Timur terdapat 14 RT tergenang banjir;

1 RT di Kelurahan Cililitan dengan ketinggian air 60 cm

6 RT di Kelurahan Cawang dengan ketinggian air 80-140 cm

5 RT di Kampung Melayu dengan ketinggian air 100 cm

2 RT di Kelurahan Bidara Cina dengan ketinggian air 60 cm

"Kondisi genangan sedang ditangani oleh DSDA, Damkar dan PPSU Kelurahan. Genangan ditargetkan akan surut dalam waktu cepat," ujar Insaf.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.