Orang Dekat JK Bertemu Anies Usai Umrah Bareng Puan, Bawa Pesan Khusus?

Oleh Lizsa Egeham pada 04 Jun 2022, 20:21 WIB
Diperbarui 04 Jun 2022, 20:21 WIB
Orang dekat JK, Syafruddin bertemu Anies Baswedan di lokasi Formula E Jakarta.
Perbesar
Mantan Menpan RB, Syafruddin bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sela-sela gelaran Formula E di Ancol, Sabtu (4/6/2022). Syafruddin yang merupakan orang dekat Wapres ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla atau JK ini bertemu Anies sepulang dari umrah bersama Puan Maharani. (Foto: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sela-sela gelaran balap mobil listri Formula E Jakarta e-Prix 2022 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Pertemuan ini dilakukan tidak lama setelah orang dekat Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK ini pulang umrah bersama Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Momen ini (pertemuan dengan Anies) terjadi saat pergelaran Formula E di Ancol Jakarta," kata Juru Bicara JK, Husain Abdullah kepada wartawan, Sabtu.

Syafruddin yang merupakan mantan Wakapolri dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ini dikenal sebagai orang dekat JK. Kini Syafruddin menjadi wakil JK di DMI.

Sementara JK selama ini dikenal sebagai politikus senior yang cukup dekat dengan Anies. Keberangkatan Syafruddin dan Puan umrah ke Tanah Suci belum lama ini ditengarai beberapa pihak sebagai upaya 'menjodohkan' Anies dengan Ketua DPR tersebut. 

Namun terkait hal ini, Husain mengaku tak mengetahui apa yang dibahas Syafruddin dan Anies. Dia juga tidak bisa memastikan apakah ada pesan khusus dari Puan Maharani yang disampaikan Syafruddin kepada Anies. 

"Hanya Pak Syaf yang tahu apa yang ia perbincangkan dengan Pak Anies. Entah ada pesan dari Ibu Puan, atau bagaimana," tutur dia.

"Tadi begitu selesai ketemu, Pak Syaf tidak lama di royal box Formula E, langsung balik ke Kantor Dewan Masjid (DMI) di Matraman Jakarta," sambung Husain.

 


Puan Umrah Bareng Orang Dekat JK

Wakil Ketua DMI Syafruddin yang merupakan orang dekat Jusuf Kalla atau JK menunaikan ibadah umrah bersama Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Perbesar
Wakil Ketua DMI Syafruddin yang merupakan orang dekat Jusuf Kalla atau JK menunaikan ibadah umrah bersama Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, Husain Abdullah menyampaikan bahwa keluarga Syafruddin dan Puan memiliki hubungan yang baik satu sama lain. Tentunya juga mencakup kedekatan dengan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

"Pak Syaf dan Ibu Puan sekeluarga, memang punya hubungan dekat, termasuk dengan Ibu Mega. Sehingga mereka pun umrahnya bareng ke tanah suci," tutur Husain saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/6/2022).

Menurut Husain, Syafruddin tentu dapat membantu Puan dalam pelaksanaan ibadah umrah. Khususnya dalam teknis peribadatan selama berada di tanah suci.

"Selain Pak Syaf sebagai Ketua Pembangunan Museum Rasulullah, tentu Pak Syaf bisa sekaligus menjadi penasehat religius yang memudahkan perjalanan umrah Ibu Puan. Semacam penasehat religius lah Pak Syaf," jelas dia.

Sementara terkait arah politik atau pun instruksi JK terhadap Syafruddin selama bersama Puan, Husain tidak membeberkan banyak. Sejauh ini, sosok Puan sendiri digadang-gadang maju dalam ajang Pemilihan Presiden (Pilpres 2024) dari PDIP.

"Secara komunikasi politik saya kurang jelas apa yang jadi topik perbincangan keduanya. Karena mereka kan sebenarnya lagi ibadah. Hanya saja karena Pak Syaf memang orangnya Pak JK, tentu bisa saja memunculkan beragam penafsiran," kata Husain menandaskan.


Puan Penuhi Undangan Anies Nonton Formula E

Puan bersama Anies, Bamsoet, Sahroni, dan Kapolri usai menonton Formula E di Ancol, Jakarta. (Istimewa)
Perbesar
Ketua DPR Puan Maharani bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Panitia Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni foto bersama usai menyaksikan balap mobil listrik Jakarta ePrix di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). (Foto: istimewa)

Sepulang dari umrah, Ketua DPR Puan Maharani langsung memenuhi undangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menonton langsung balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Puan Maharani berharap agar gelaran balap mobil listrik Formula E itu akan semakin meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia.  

“Diundang Pak Gubernur nonton balapan Formula E,” kata Puan saat menyaksikan perhelatan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Puan menyaksikan jalannya balap Formula E dari Tribun VVIP bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee/OC) Formula E Jakarta Ahmad Sahroni dan, Chief Championship Officer dan Co-Founder Formula E Alberto Longo.

Selain itu, ada pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.

 


Puan Diapit Jokowi dan Anies

Jokowi Serahkan Piala ke Juara Formula E Jakarta Mitch Evans
Perbesar
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Ketua DPR RI Puan Maharani berada di atas panggung saat penyerahan piala Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Andalan Jaguar TCS Racing Mitch Evans memenangkan ajang balap Formula E Jakarta e-Prix 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Saat menonton balapan, Puan duduk diapit oleh Presiden Jokowi dan Gubernur Anies Baswedan. Sesekali perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu tampak berbincang dengan Anies.

"Alhamdulillah acaranya berlangsung lancar," tutur Puan.

Balapan Formula E 2022 dimenangkan oleh Mitch Evans usai menyalip Jean-Eric Vergne. Puan berharap kemeriahan Jakarta E-Prix 2022 ini dapat meningkatkan nama baik Indonesia di dunia balap internasional.

“Dan saya cukup merasa senang, karena balapan Formula E membawa hiburan bagi rakyat Indonesia,” tutur politikus senior PDIP ini.

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya