Sukses

Jokowi Tepis Anggapan Pemerintah Pusat Kurang Dukung Formula E Jakarta

Presiden Jokowi menyaksikan langsung balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menepis anggapan yang menyebut pemerintah pusat kurang mendukung ajang balap mobil listrik Formula E yang digelar di Ancol, Jakarta Utara.

Dia memastikan bahwa pemerintah pusat ikut memberikan dukungan penuh untuk penyelenggaraan event internasional tersebut.

Beberapa bentuk dukungan yang diberikan antara lain izin dari sejumlah kementerian untuk pembangunan dan pelaksanaan Formula E Jakarta. Bahkan, Jokowi menegaskan dirinya ikut turun langsung melihat persiapan ajang balap mobil listrik perdana di Indonesia ini.

"Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan, kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk, bea cukai," kata Jokowi kepada wartawan usai menonton balapan Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

"Kemudian Kementerian Keuangan, Kemenparekraf juga, izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan," sambungnya.

Jokowi pun mendukung apabila ke depannya balapan Formula E kembali digelar di Indonesia. Dia pun berharap akan ada banyak balapan yang rutin digelar di Sirkuit Ancol ini.

"Ya lebih baik kalau sebuah sirkuit semakin banyak eventnya akan semakin produktif dan baik. Kalau bisa setiap minggu ada terus atau setiap tahun 10 kali 15 kali lebih baik," kata Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut menyaksikan balapan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Presiden tiba sekira pukul 14.10 WIB dan disambut oleh Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, serta Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Menyapa Pembalap di Barisan Start

Sebelum balapan dimulai, Presiden Jokowi melakukan grid walk atau peninjauan barisan start sembari menyapa para pebalap yang bersiap mengawali lomba didampingi Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo.

Selepas grid walk, Presiden juga akan berfoto bersama dengan ke-22 pebalap dari 11 tim yang berlaga di Jakarta E-Prix 2022.

Jakarta e-Prix merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E 2021-2022. Meneken kontrak lima tahun, ibu kota Indonesia ini semestinya mulai menggelar Formula E pada musim 2019/2020. Namun, ajang baru bisa digelar tahun ini karena pandemi Covid-19.

Balapan Formula E di Jakarta ini merupakan edisi pertama. Sejak digelar pada September 2014, Formula E belum pernah diadakan di Indonesia. Praktis Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E.

Adapun andalan Jaguar TCS Racing Mitch Evans memenangkan ajang balap Formula E Jakarta e-Prix 2022, Sabtu (4/6/2022). Dia memenangkan balapan dramatis melawan pembalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne dan Edoardo Mortara (ROKiT Venturi Racing) di Jakarta International e-Prix Cirkuit.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Sebut Formula E Event Masa Depan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai event internasional, Formula E Jakarta e-Prix yang digelar di Ancol, Jakarta Utara berjalan dengan lancar dan sukses. Dia menyebut, ajang balap mobil listrik ini merupakan event masa depan.

"Ya Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan," kata Jokowi usai menyaksikan balap Formula E di Ancol Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Dia mengatakan, ke depannya akan ada pergesaran pemakaian mobil berbahan bakar fosil ke mobil listrik. Sehingga, kata Jokowi, Formula E akan menjadi loncatan untuk membangun ekosistem baterai listrik.

"Menjadi sebuah tontonan yang ke depan, menurut saya akan semakin digemari dan ini juga bagus untuk negara kita karena kita ingin membangun ekosistem baterai listrik. Mulai dari, nikel raw material, smelter, industri lithium baterai, kemudian mobil listriknya," jelasnya.

"Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan," sambung Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.