Usai Nonton Jakarta ePrix, Jokowi Sebut Formula E Event Masa Depan

Oleh Lizsa Egeham pada 04 Jun 2022, 17:52 WIB
Diperbarui 04 Jun 2022, 17:52 WIB
Presiden Jokowi usai menonton langsung balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Perbesar
Presiden Jokowi ditemani Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Gubernur DKI Anies Baswedan usai menonton langsung balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Jokowi menyebut Formula E adalah event masa depan. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai event internasional, Formula E Jakarta e-Prix yang digelar di Ancol, Jakarta Utara berjalan dengan lancar dan sukses. Dia menyebut, ajang balap mobil listrik ini merupakan event masa depan.

"Ya Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan," kata Jokowi usai menyaksikan balap Formula E di Ancol Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Dia mengatakan, ke depannya akan ada pergesaran pemakaian mobil berbahan bakar fosil ke mobil listrik. Sehingga, kata Jokowi, Formula E akan menjadi loncatan untuk membangun ekosistem baterai listrik.

"Menjadi sebuah tontonan yang ke depan, menurut saya akan semakin digemari dan ini juga bagus untuk negara kita karena kita ingin membangun ekosistem baterai listrik. Mulai dari, nikel raw material, smelter, industri lithium baterai, kemudian mobil listriknya," jelasnya.

"Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan," sambung Jokowi.

Jokowi pun mendukung apabila ke depannya balapan Formula E di Indonesia dilakukan dua seri. Terlebih, apabila event tersebut membawa dampak yang positif bagi Indonesia.

"Semua yang baik untuk negara ini kita dukung," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi turut menyaksikan balapan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Presiden tiba sekira pukul 14.10 WIB dan disambut oleh Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, serta Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni.

 


Jokowi Sapa Pembalap Formula E di Barisan Start

Kemesraan Presiden Jokowi dan Anies Baswedan Saat Tinjau Lintasan Sirkuit Formula E
Perbesar
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta saat meninjau lokasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta, Senin (25/4/2022). Jokowi mengatakan pemerintah masih memiliki waktu hingga awal Juni untuk menyelesaikan trek balap mobil Formula E itu. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelum balapan dimulai, Presiden Jokowi melakukan grid walk atau peninjauan barisan start sembari menyapa para pebalap yang bersiap mengawali lomba didampingi Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo.

Selepas grid walk, Presiden juga akan berfoto bersama dengan ke-22 pebalap dari 11 tim yang berlaga di Jakarta E-Prix 2022.

Jakarta e-Prix merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E 2021-2022. Meneken kontrak lima tahun, ibu kota Indonesia ini semestinya mulai menggelar Formula E pada musim 2019/2020. Namun, ajang baru bisa digelar tahun ini karena pandemi Covid-19.

Balapan Formula E di Jakarta ini merupakan edisi pertama. Sejak digelar pada September 2014, Formula E belum pernah diadakan di Indonesia. Praktis Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E.

Adapun andalan Jaguar TCS Racing Mitch Evans memenangkan ajang balap Formula E Jakarta e-Prix 2022, Sabtu (4/6/2022). Dia memenangkan balapan dramatis melawan pembalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne dan Edoardo Mortara (ROKiT Venturi Racing) di Jakarta International e-Prix Cirkuit.

Infografis Serba-Serbi Persiapan Formula E Jakarta 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Serba-Serbi Persiapan Formula E Jakarta 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya