Sukses

Sahroni Borong Tiket Formula E Jakarta Rp 1,2 Miliar untuk 640 Orang

Ahmad Sahroni enggan mengomentari cibiran yang menyebut tiket Formula E Jakarta ludes karena diborong beberapa pihak dalam skala besar.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Panitia Organizing Committee Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni memborong tiket senilai Rp1,2 miliar. Tiket Formula E Jakarta tersebut akan diberikan kepada tim Sahroni yang berjumlah 640 orang.

"Saya mengatakan benar, saya beli tiket around Rp1,2 miliar. Kenapa? Saya punya tim saja, tim dari zaman 2013 itu 640 orang. Bayangin 640 orang itu gue beliin semua," ucap Sahroni di Media Center Formula E Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Politikus senior Partai NasDem ini menuturkan, bahwa langkahnya memborong tiket Formula E sebagai bentuk dukungan kepada Jakarta karena telah menjadi tuan rumah untuk ajang balap internasional.

Dia pun enggan mengomentari sindiran dari berbagai pihak yang menyatakan bahwa ludesnya tiket Formula E Jakarta karena pembelian dalam skala besar oleh beberapa pihak.

"Ini adalah bagian kepedulian. Toh ini bukan dibuat dianggap sponsor, ini bagian dari tanggung jawab bahwa ikut memberikan kebanggan untuk Indonesia. Jadi, nilai Rp1,2 miliar adalah bagian dari ikut serta sebagai penanggung jawab," ucap Sahroni menandaskan.

Selain Sahroni, aksi borong tiket Formula E juga dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani. Ia mengatakan, aksi borong tiket ini berdasarkan perintah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Pertama, tentu ingin mensukseskan hajat warga Jakarta berskala dunia. Kita harus bangga ajang Formula E ini akan jadi kebanggaan Indonesia di pentas dunia. Kedua, ini perintah Ketua Umum agar ikut mensukseskan. PAN Jakarta akan birukan Formula E.” ujar Zita, Jumat (3/6/2022).

Zita menuturkan, Ketum PAN Zulkifli Hasan yang juga ayah kandungnya ini memiliki kedekatan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sehingga menurutnya, wajar jika ada perintah memborong tiket Formula E demi kesuksesan Jakarta.

Zita menuturkan, kedekatan PAN dengan Anies ditandai dengan Zulkifli Hasan yang melakukan shalat Ied bersama di Jakarta International Stadium (JIS), kemudian juga di acara milad ke-20 PKS.

“Ketum dan Pak Anies memang dekat. Sering berjumpa. Tapi saya sebagai pimpinan DPRD DKI memang fokusnya ingin turut mensukseskan program yang bagus dari Gubernur, yang bisa jadi kebanggaan warga DKI, termasuk event Formula E ini.” imbuhnya.

"Apalagi perintah untuk birukan paddock atau tribun datang dari Ketum. Ya kita birukan.” sambungnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Akan Nonton Langsung Formula E Jakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik Formula E yang digelar di Sirkuit Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). 

"Insya Allah besok Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dikutip dari siaran pers, Jumat (3/6/2022).

Kejuaraan dunia balap mobil listrik tersebut untuk pertama kalinya digelar di Indonesia dan merupakan seri balapan kesembilan pada kompetisi tahun 2022. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

Sebelum menyaksikan balapan, Jokowi diagendakan melakukan grid walk bersama dengan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Selain itu, Jokowi juga akan didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap.

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap," kata Heru. 

3 dari 4 halaman

Formula E Jakarta Disiarkan di 150 Negara

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan sebanyak 150 negara akan menyiarkan langsung ajang balap Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 4 Juni 2022 besok.

Menurut Anies, banyaknya negara yang menyiarkan balapan mobil listrik ini tentunya menjadi ajang promosi Indonesia khususnya Jakarta di kancah Internasional.

"Ini adalah event olahraga yg akan ditonton lebih dari 150 negara dan Jakarta hadir untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi climate change, global warming dengan memulai tranformasi menuju kendaraan ramah lingkungan," kata Anies di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (3/6/2022).

Namun, anies irit bicara saat ditanyai siapa saja tokoh-tokoh termasuk tokoh politik yang sudah memastikan hadir di ajang Formula E. Tapi dia tak menampik jika ada beberapa tokoh yang sudah memberikan konfirmasi kehadiran saat laga Formula-E besok.

"Nanti akan dikompilasi karena siang ini sudah banyak konfirmasi. Tapi kalau disebutkan sekarang, padahal masih banyak yang belum konfirmasi, maka nanti tidak lengkap. Jadi nanti saja," kata Anies. 

4 dari 4 halaman

Sandiaga Berharap Formula E Sesukses MotoGP

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapat undangan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menonton langsung ajang balap mobil listrik Jakarta Eprix atau Formula E yang akan berlangsung di Ancol, Jakarta Utara pada besok Sabtu, 4 Juni 2022.

Sandiaga menyatakan, pemerintah mendukung penyelenggaraan Formula E Jakarta. Ia pun berharap ajang Jakarta Eprix yang mengusung wisata berbasis olahraga atau sport tourism ini terselenggara dengan sukses, seperti perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, gelaran Formula E ini mampu membangkitkan ekonomi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta.

“Kami baru saja mendapat komunikasi dari Kantor Gubernur DKI Jakarta, bahwa kami diminta untuk hadir, kami mendukung perhelatan yang mudah-mudahan bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta, kita harapkan sesukses perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika,” ujar Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (3/4/2022).

Sandiaga mengatakan, pihaknya sedang melakukan penghitungan terkait dampak langsung perhelatan Formula E Jakarta di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini yang masih kita hitung, kami mendapatkan informasi bahwa lebih dari 14 ribu tiket sudah habis terjual kepada wisatawan mancanegara, kita sedang mengumpulkan data-data terakhir dari panitia penyelenggara,” ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengklaim, Kemenparekraf sudah memberikan fasilitas dan dukungan berupa perizinan dalam mengurus beberapa kelengkapan penyelenggaraan Formula E Jakarta.

“Tentunya pemerintah pusat akan mendukung (Formula E Jakarta), karena ini bagian dari pada kebangkitan ekonomi dan kepulihan sektor ekonomi yang berbasis kegiatan wisata berbasis olahraga atau sport tourism,” kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.