Sukses

Diundang Anies Nonton, Sandiaga Berharap Formula E Jakarta Sesukses MotoGP Mandalika

Menparekraf Sandiaga Uno memastikan bahwa pemerintah pusat mendukung penyelenggaraan balap mobil listrik Formula E di Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu besok, 4 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapat undangan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menonton langsung ajang balap mobil listrik Jakarta Eprix atau Formula E yang akan berlangsung di Ancol, Jakarta Utara pada besok Sabtu, 4 Juni 2022.

Sandiaga menyatakan, pemerintah mendukung penyelenggaraan Formula E Jakarta. Ia pun berharap ajang Jakarta Eprix yang mengusung wisata berbasis olahraga atau sport tourism ini terselenggara dengan sukses, seperti perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa waktu lalu.

Dengan begitu, gelaran Formula E ini mampu membangkitkan ekonomi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta.

“Kami baru saja mendapat komunikasi dari Kantor Gubernur DKI Jakarta, bahwa kami diminta untuk hadir, kami mendukung perhelatan yang mudah-mudahan bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta, kita harapkan sesukses perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika,” ujar Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (3/4/2022).

Sandiaga mengatakan, pihaknya sedang melakukan penghitungan terkait dampak langsung perhelatan Formula E Jakarta di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini yang masih kita hitung, kami mendapatkan informasi bahwa lebih dari 14 ribu tiket sudah habis terjual kepada wisatawan mancanegara, kita sedang mengumpulkan data-data terakhir dari panitia penyelenggara,” ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengklaim, Kemenparekraf sudah memberikan fasilitas dan dukungan berupa perizinan dalam mengurus beberapa kelengkapan penyelenggaraan Formula E Jakarta.

“Tentunya pemerintah pusat akan mendukung (Formula E Jakarta), karena ini bagian dari pada kebangkitan ekonomi dan kepulihan sektor ekonomi yang berbasis kegiatan wisata berbasis olahraga atau sport tourism,” kata Sandiaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Akan Nonton Formula E

Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik Formula E yang digelar di Sirkuit Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). 

"Insya Allah besok Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dikutip dari siaran pers, Jumat (3/6/2022).

Kejuaraan dunia balap mobil listrik tersebut untuk pertama kalinya digelar di Indonesia dan merupakan seri balapan kesembilan pada kompetisi tahun 2022. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

Sebelum menyaksikan balapan, Jokowi diagendakan melakukan grid walk bersama dengan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Selain itu, Jokowi juga akan didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap.

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap," kata Heru.

3 dari 4 halaman

Formula E Jakarta Disiarkan 150 Negara

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan sebanyak 150 negara akan menyiarkan langsung ajang balap Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 4 Juni 2022 besok.

Menurut Anies, banyaknya negara yang menyiarkan balapan mobil listrik ini tentunya menjadi ajang promosi Indonesia khususnya Jakarta di kancah Internasional.

"Ini adalah event olahraga yg akan ditonton lebih dari 150 negara dan Jakarta hadir untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi climate change, global warming dengan memulai tranformasi menuju kendaraan ramah lingkungan," kata Anies di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (3/6/2022).

Namun, anies irit bicara saat ditanyai siapa saja tokoh-tokoh termasuk tokoh politik yang sudah memastikan hadir di ajang Formula E. Tapi dia tak menampik jika ada beberapa tokoh yang sudah memberikan konfirmasi kehadiran saat laga Formula-E besok.

"Nanti akan dikompilasi karena siang ini sudah banyak konfirmasi. Tapi kalau disebutkan sekarang, padahal masih banyak yang belum konfirmasi, maka nanti tidak lengkap. Jadi nanti saja," kata Anies.

4 dari 4 halaman

Polisi Imbau Warga Tak Beraktivitas di Kawasan Ancol

Polisi mengimbau bagi masyarakat yang tidak berkepentingan, agar tak beraktivitas di kawasan Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu besok, 4 Juni 2022 demi menghindari kepadatan yang terjadi saat perhelatan balap mobil listrik Formula E.

"Kami mengimbau agar masyarakat yang tidak berkepentingan dengan kegiatan di Ancol dan sekitarnya mungkin bisa menghindar dari kawasan itu mengingat banyak penonton yang akan datang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan, Jumat (3/6/2022).

Zulpan menerangkan, informasi terakhir seluruh tiket ludes terjual. Tercatat, ada sekira 20 ribu penonton memenuhi tribun untuk menyaksikan ajang balapan mobil listrik Formula E.

"Tiket untuk menonton balapan ini sudah terjual semua kurang lebih 20 ribu," ujar dia.

Lebih lanjut, Zulpan menyampaikan, sebanyak 1.778 personel kepolisian dikerahkan ke lokasi. Zulpan berharap ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta berjalan dengan sukses.

"Kita harapkan kegiatan berjalan lancar kemudian informasi dari panitia," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.