Sukses

Besok, Jokowi Akan Nonton Langsung Balapan Formula E

Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik Formula E yang digelar di Sirkuit Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik Formula E yang digelar di Sirkuit Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). 

"Insya Allah besok Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dikutip dari siaran pers, Jumat (3/6/2022).

Kejuaraan dunia balap mobil listrik tersebut untuk pertama kalinya digelar di Indonesia dan merupakan seri balapan kesembilan pada kompetisi tahun 2022. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

Sebelum menyaksikan balapan, Jokowi diagendakan melakukan grid walk bersama dengan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Selain itu, Jokowi juga akan didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap.

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap," kata Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tinjau

Seperti diketahui, Jokowi sempat meninjau langsung perkembangan proyek pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta pada April lalu. Jokowi berharap bisa melihat ajang balap roda empat tersebut.

"Kita harapkan nanti di awal Juni kita bisa melihat balapannya," ungkap Jokowi usai meninjau persiapan pembangunan sirkuit Formula E di Ancol Jakarta Utara, Senin (25/4/2022).

3 dari 4 halaman

Siap Digelar

Sebelumnya, Chief Championship Officer dan Co-Founder Formula E Alberto Longo memastikan ajang balap mobil listrik Jakarta E-Prix 2022 siap digelar ditandai dengan uji coba sirkuit yang dilakukan oleh tim pebalap di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC), Jakarta Utara, Jumat sore.

"Kami sangat siap, sebenarnya lima menit lalu kami telah siap melakukan shakedown, yang berarti bahwa mobil ada dalam trek," ujar Alberto ditemui di Media Center Jakarta E-Prix 2022.

Shakedown atau kesempatan uji coba mobil di sirkuit dijadwalkan berlangsung selama 15 menit pada pukul 15.30-15.45 WIB. Sementara, latihan bebas bagi para pebalap akan berlangsung pada Sabtu pagi.

"Apa yang kami inginkan selama kurang lebih tiga tahun, jadi sejak September 2019 pertama kali kami bertemu, kami menanti momen ini," kata Alberto kepada awak media didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Commitee) Formula E Jakarta Ahmad Sahroni.

4 dari 4 halaman

Siaran Langsung 150 Negara

Senada dengan Alberto, Anies mengatakan bahwa secara teknis Jakarta E-Prix siap digelar, dan berharap dapat berjalan dengan baik.

"Kita berharap tidak ada kejutan-kejutan, semuanya berjalan sesuai rencana," ucap Anies, yang belum dapat memastikan siapa saja tamu-tamu penting yang akan menghadiri ajang balap mobil listrik pertama di Jakarta itu.

Anies mengatakan sebanyak 150 negara akan menyiarkan langsung ajang balap Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 4 Juni 2022 besok.

Menurut Anies, banyaknya negara yang menyiarkan balapan mobil listrik ini tentunya menjadi ajang promosi Indonesia khususnya Jakarta di kancah Internasional.

"Ini adalah event olahraga yg akan ditonton lebih dari 150 negara dan Jakarta hadir untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi climate change, global warming dengan memulai tranformasi menuju kendaraan ramah lingkungan," kata Anies di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (3/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.