Sukses

Bupati Tangerang Ajak Warga Salat Gaib untuk Eril, Anak Ridwan Kamil

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril meninggal dunia, usai sebelumnya hilang terseret arus di Sungai Aree, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Duka atas anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang dinyatakan meninggal setelah hilang di Sungai Aare, Swiss bukan hanya dirasakan warga Jawa Barat saja. Melainkan warga Banten juga merasakan duka yang mendalam.

Seperti Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang mengungkapkan bela sungkawanya atas musibah yang dialami oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pihak keluarga telah menyatakan Eril meninggal dunia setelah dilakukan pencarian selama beberapa hari.

Melalui unggahan di akun instagramnya @zaki.iskandar_story, dia mengungkapkan rasa turut berduka cita.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Atas nama pribadi dan seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang, Bang Zaki, Bupati Tangerang menghaturkan turut berduka cita atas peristiwa hilangnya ananda Emmeril Kahn Mumtadz, putra dari Ibu Atalia @ataliapr dan Bapak Ridwan Kamil @ridwankamil (Gubernur Jawa Barat) di Sungai Aare, Bern, Switzerland minggu lalu," tulisnya di kolom keterangan.

Zaki mengajak agar seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, untuk mendoakan dan melaksanakan salat gaib.

"Dan atas keputusan keluarga besar Kang Emil dan sesuai Anjuran MUI Jawa Barat, Bang Zaki mengajak seluruh umat muslim, khususnya masyarakat Kabupaten Tangerang, untuk bersama-sama mendoakan arwah ananda Emmeril Khan dengan melaksanakan salat gaib. Semoga keluarga Besar Kang Emil dan ibu Talita diberikan ketabahan dan kekuatan yang mendalam dalam menghadapi musibah ini. Terima kasih," kata dia.

Sementara itu, Ridwal Kamil beserta keluarga pun telah melakukan perjalanan kembali ke Indonesia. Berdasarkan informasi, ia akan tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 15.27 WIB. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keluarga Nyatakan Putra Ridwan Kamil, Eril Meninggal Dunia

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah meninggal dunia, usai sebelumnya hilang terseret arus di Sungai Aree, Swiss. 

Hal itu berdasarkan upaya pencarian oleh pemerintah Swiss selama hampir sepekan. 

"Tadi disampaikan otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang spesifik untuk mencari jenazah. Oleh karena itu Kang Emil dan Bu Atalia sudah menyampaikan mereka ikhlas dan menyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin Muniruzaman selaku perwakilan keluarga saat memberikan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jumat (3/6/2022).

Usai dinyatakan wafat, pihak keluarga Ridwan Kamil juga telah berkonsultasi dengan MUI Jawa Barat untuk menunaikan hak Eril yang meninggal sebagai seorang muslim, yakni disalatkan.

"Kami langsung berkonsultasi dengan MUI Jabar menyampaikan situasi dan meminta nasihat langsung, selanjutnya dimana dalam hal ini adalah memberikan menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim yaitu disegerakan disalatkan manakala wafat," tutup Erwin.

3 dari 4 halaman

Keluarga Ridwan Kamil Pastikan Pencarian Jalan Terus

Kakak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, memastikan pencarian keponakannya atau putra sulung dari sang adik, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) tidak akan berhenti. Meski, keluarga besar sudah ikhlas, dan Eril dinyatakan meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss. 

“Bukan berarti pencarian berakhir, adik saya (Elpi Nazmuzzaman) akan dibantu KBRI di Swiss untuk memastikan pencarian berlanjut sampai demgan Eril ditemukan,” tegas Erwin saat jumpa pers daring, Jumat (3/6/2022).

Erwin menjelaskan, Elpi saat ini sudah berada di Swiss untuk melanjutkan ikhtiar pencarian. Menurut Erwin, keberadaan Elpi untuk menggantikan peran dari Ridwan Kamil dan istri, agar mereka dapat kembali ke Indonesia dan mendapat pelukan hangat dari keluar besar.

"Hal itu dilakukan agar Kang Emil dan Teh Lia bisa kembali ke tanah air, sehingga bisa kembai ke keluarga besar untuk saling menguatkan,” jelas Erwin.

Erwin meminta, kepada para khalayak, kerabat dan siapa pun untuk dapat memberikan ruang saat Ridwan Kamil sampai di Indonesia. Dia berharap, sang adik dapat mendekatkan diri kepada keluarga dulu sebelum akhirnya kembali sebagai pejabat publik. 

“Kita bisa membayangkan apa yang dialami Kang Emil dan Teh Lia, oleh karena itu kami mohon maaf dan pengertian jika mereka untuk bersama keluarga besar terlebih dulu diberikan waktu sementara terhadap mereka hingga nantinya bisa memberi pernyataan resmi terkait hal ini," tandas Erwin.

4 dari 4 halaman

Polri: Yellow Notice Hilangnya Anak Ridwan Kamil Berlaku Sampai Ketemu

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan kabar duka meninggalnya anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss. Pihak kepolisian menyatakan bahwa dokumen pencarian atau Yellow Notice akan berlaku sampai jenazahnya ditemukan.

"Informasi dari Sekretariat NCB Interpol Hubinter Polri terus berkoordinasi dengan Polisi Swiss dan KBRI, memonitor perkembangan di lapangan. Untuk Yellow Notice tidak ada batas waktu," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Dedi menegaskan, koordinasi antara kepolisian Indonesia dengan Swiss akan terus berlanjut sampai pencarian Eril membuahkan hasil maksimal.

"Berlanjut sampai ketemu. Dan permintaan yellow notice akan ditutup berdasarkan permintaan dari interpol atau NCB peminta. Bila subjek sudah ditemukan," kata Dedi.

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diwakili kakak kandungnya, Erwin Muniruzaman menyampaikan kabar terkini soal pencarian hilangnya anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang terbawa arus Sungai Aare Swiss.

Ia mengatakan bahwa pihak keluarga sudah melakukan pencarian Eril secara maksimal, namun hingga kini putra sulung Ridwan Kamil tersebut belum ditemukan.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun, saya akan menyampaikan dari pihak keluarga, kami sudah melihat dan mengevaluasi seluruh yang bisa dilakukan termasuk upaya pencarian mandiri secara ikhtiar dan maksimal," kata Erwin dalam keterangan pers, Jumat, 3 Juni 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.