Sukses

Anies Bawedan Meminta Seluruh ASN di Jakarta Salat Gaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta seluruh jajaran ASN Jakarta melaksanakan salat gaib bagi putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta seluruh jajaran ASN Jakarta melaksanakan salat gaib bagi putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Seruan itu disampaikan melalui Dinas Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta.

"Kepada Karo Dikmental, harap segera membuat ajakan dan imbauan kepada seluruh masjid di Jakarta agar mendirikan salat gaib pasca salat Jumat bagi ananda Emmeril Kahn Mumtadz, putra dari Ibu Atalia dan Bapak Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aare, Bern, minggu lalu," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Jumat (3/6/2022).

Anies pun mengimbau agar seluruh Kepala OPD memastikan semua kantor di lingkungan Pemprov DKI yang menyelenggarakan salat Jumat juga mendirikan salat gaib.

"Harap mengajak serta seluruh pegawai Pemprov DKI yang melakukan salat Jumat untuk ikut mendirikan salat gaib dan mendoakan ananda Eril," lanjutnya.

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah meninggal dunia, usai sebelumnya hilang terseret arus di Sungai Aree, Swiss. 

Hal itu berdasarkan upaya pencarian oleh pemerintah Swiss selama hampir sepekan. 

"Tadi disampaikan otoritas setempat sudah menggunakan pencarian yang spesifik untuk mencari jenazah. Oleh karena itu Kang Emil dan Bu Atalia sudah menyampaikan mereka ikhlas dan menyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz sudah wafat berpulang ke Rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin Muniruzaman selaku perwakilan keluarga saat memberikan di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jumat (3/6/2022).

Usai dinyatakan wafat, pihak keluarga juga telah berkonsultasi dengan MUI Jawa Barat untuk menunaikan hak Eril yang meninggal sebagai seorang muslim, yakni disalatkan.

"Kami langsung berkonsultasi dengan MUI Jabar menyampaikan situasi dan meminta nasihat langsung, selanjutnya dimana dalam hal ini adalah memberikan menunaikan hak almarhum Eril sebagai muslim yaitu disegerakan disalatkan manakala wafat," tutup Erwin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

MUI Serukan Salat Gaib

Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril diketahui hilang terseret arus Sungai Aare di Swiss pada 26 Mei 2022 lalu. Kabar tersebut pun begitu mengejutkan bagi pihak keluarga serta masyarakat luas Indonesia.

Pencarian mengenai keberadaan Eril sendiri terus dilakukan oleh pihak kepolisian setempat. Bahkan, Ridwan Kamil serta sang istri, Atalia Praratya selalu ikut dalam tim pencarian sang anak.

Namun pada Kamis (2/6/2022) pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyerukan jika akan dilaksanakan sholat gaib pada Jumat (3/6/2022). Sholat gaib sendiri dilakukan usai pihak Ridwan Kamil dan keluarga menjelaskan mengenai kondisi dari pencarian Eril.

Pasalnya, telah satu minggu pencarian Eril dilakukan di Sungai Aaree oleh tim kepolisian setempat serta keluarga. Pihak keluarga dan MUI Jawa Barat sendiri telah melakukan pertemuan pada Kamis (2/6/2022) malam sekitar pukul 19.00-19.30 WIB di kantor MUI Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut juga menyebutkan jika Ridwan Kamil dan istri serta keluarga lain sudah mengikhlaskan dan meyakini jika Eril telah meninggal dunia karena tenggelam akibat terseret arus sungai. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait dengan Ridwan Kamil dan istri yang mengikhlaskan kepergian sang anak, Jumat (3/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.