Sukses

Keluarga: Emmeril Khan Mumtadz Wafat Dalam Keadaan Syahid

Kakak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, meyakini keponakannya atau putra sulung dari sang adik, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), meninggal dunia dalam keadaan syahid di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Liputan6.com, Jakarta Kakak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman, meyakini keponakannya atau putra sulung dari sang adik, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), meninggal dunia dalam keadaan syahid di Sungai Aare, Bern, Swiss. 

Hal itu dia sampaikan usai ikhtiar pencarian Eril selama sepekan belum kunjung membuahkan hasil. Sehingga dari hasil evaluasi tim pencari juga otoritas setempat menyatakan Eril saat ini berstatus almarhum.

“Perjalanan Eril sebagai pemuda muslim, safar ke negeri yang jauh adalah untuk menuntut ilmu dan dalam aktivitas yang dilakukan saat terakhir adalah aktvitas yang dilakukan dalam hadis nabi yaitu berenang, di dalam aktivitas berenang ini Eril menunjukkan tanggung jawabnya dengan memastikan yang ikut dipastikan keselamatannya, sehingga keluarga berprasangka baik dan Eril wafat dalam keadaan khusnul khatimah,” kata Erwin saat jumpa pers daring, Jumat (3/6/2022).

“Dalam hadis nabi orang meninggal dalam kriteria tertentu (salah satunya berenang seperti dilakukan Eril) dinyatakan sebagai syahid di akhirat,” tutur Erwin.

Sebagai perwakilan keluarga, Erwin meminta maaf atas nama almarhum kepada siapa pun yang mengenalnya. Dia juga mengatakan, kepada siapa saja untuk dapat menyampaikan kepada keluarga kiranya almarhum masih memiliki sangkutan hak dan kewajiban yang belum dituntaskan.

“Kami dari selaku keluarga memohonkan maaf atas nama almarhum sekiranya ada kesalahan, kekhilafan baik sengaja atau pun tidak yang dilakukan almarhum dan sekiranya ada hak atau kewajiban dari almarhum, mohon kami selaku perwakilan keluarga mohon diinfokan,” Erwin menutup.

Pencarian terhadap Eril sudah dilakukan sejak laporan kedaruratan pertama diterima oleh Tim SAR setempat pada hari terjadinya insiden, Kamis 26 Mei 2022. 

Meski berselang 1x24 jam belum menemukan hasil, namun pencarian masih terus dilakukan hari-hari selanjutnya, hingga pengumuman wafatnya Eril disampaikan hari ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

MUI Serukan Salat Gaib

Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril diketahui hilang terseret arus Sungai Aare di Swiss pada 26 Mei 2022 lalu. Kabar tersebut pun begitu mengejutkan bagi pihak keluarga serta masyarakat luas Indonesia.

Pencarian mengenai keberadaan Eril sendiri terus dilakukan oleh pihak kepolisian setempat. Bahkan, Ridwan Kamil serta sang istri, Atalia Praratya selalu ikut dalam tim pencarian sang anak.

Namun pada Kamis (2/6/2022) pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyerukan jika akan dilaksanakan sholat gaib pada Jumat (3/6/2022). Sholat gaib sendiri dilakukan usai pihak Ridwan Kamil dan keluarga menjelaskan mengenai kondisi dari pencarian Eril.

Pasalnya, telah satu minggu pencarian Eril dilakukan di Sungai Aaree oleh tim kepolisian setempat serta keluarga. Pihak keluarga dan MUI Jawa Barat sendiri telah melakukan pertemuan pada Kamis (2/6/2022) malam sekitar pukul 19.00-19.30 WIB di kantor MUI Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut juga menyebutkan jika Ridwan Kamil dan istri serta keluarga lain sudah mengikhlaskan dan meyakini jika Eril telah meninggal dunia karena tenggelam akibat terseret arus sungai. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait dengan Ridwan Kamil dan istri yang mengikhlaskan kepergian sang anak, Jumat (3/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.