Detik-Detik Pembunuhan Pria Dalam Karung di Tangerang Terungkap Lewat Reka Adegan

Oleh Pramita Tristiawati pada 03 Jun 2022, 05:55 WIB
Diperbarui 03 Jun 2022, 06:23 WIB
Dua pelaku pembunuhan terhadap pria yang jasadnya ditemukan di dalam karung mengambang di Danau Gawir, Kabupaten Tangerang menjalani reka adegan, Kamis (2/6/2022). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Perbesar
Dua pelaku pembunuhan terhadap pria yang jasadnya ditemukan di dalam karung mengambang di Danau Gawir, Kabupaten Tangerang menjalani reka adegan, Kamis (2/6/2022). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Tangerang - Dua pelaku pembunuhan terhadap S, pria tua yang jasadnya ditemukan di dalam karung mengambang di Danau Gawir, Kabupaten Tangerang, Banten menjalani reka adegan. Rekonstruksi dilakukan di rumah korban dan Danau Gawir bekas galian pasir, tempat jasad korban ditemukan.

Detik-detik pembunuhan pun diperlihatkan tersangka YM dan T saat menjalani reka adegan pembunuhan tersebut di TKP pertama di area rumah korban, Kamis (2/6/2022).

Kanit 2 Resmob Polda Metro Jaya, Kompol Maulana Mukarom menerangkan, reka adegan di TKP pertama di rumah korban di Perumahan Dasana Indah, Kabupaten Tangerang, dilakukan sebanyak 21 adegan.

"Rekan-rekan hari ini kita melaksanakan kegiatan rekon perkara kasus pembunuhan yang ada di Legok, tadi ada sekitar 21 adegan yang diperagakan kedua tersangka," kata Kompol Maulan Mukarom, di sela reka adegan.

Selain rumah korban, reka adegan pembunuhan yang didasari sakit hati itu juga dilaksanakan di Danau Gawir, tempat pelaku membuang jasad korban.

Dia menjelaskan, dalam reka adegan itu, terungkap bahwa pelaku menghabisi nyawa korban pada adegan ke 12. Korban tewas setelah mengalami penyempitan pernafasan.

"Untuk adegan si pelaku (membunuh) sesuai hasil visum. Bahwa matinya karena penyempitan pernapasan, ada di adegan 12," jelas Maulana.

Dalam reka adegan itu, menggambarkan kedua pelaku membawa korban dari rumahnya ke Danau Gawir, dengan cara memasukkan korban ke dalam karung, mengikat korban, dan memasukkannya ke dalam mobil.

Terpantau dalam reka adegan tersebut, ratusan warga di Kampung Dukuh Pinang, Bojong Nangka, memadati lokasi. Warga juga meneriaki kedua pelaku ketika dihadirkan polisi ke tempat kejadian perkara.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Motif Sakit Hati

Ilustrasi Penangkapan
Perbesar
Ilustrasi Penangkapan (Liputan6.com/Abdillah)

Sebelumnya diberitakan, polisi telah menangkap dua tersangka pelaku kasus pembunuhan pria dalam karung, yang jasadnya mengambang di Danau Gawir, Desa Legok, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Motif dari peristiwa tersebut adalah rasa sakit hati atas sikap korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menyampaikan, penemuan jasad dalam karung terjadi pada Selasa, 31 Mei 2022 pukul 11.00 WIB. Untuk korban berinisial S (59), sementara pelaku yakni SY (35) selaku eksekutor dan MYM (18) berperan membantu.

"Motif dari kasus ini adalah pelaku sakit hati dengan perkataan korban yang melecehkan kakak perempuan pelaku," tutur Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

Awalnya, kata Zulpan, MYM dan SY berada di rumah korban menikmati kopi sambil menonton video porno bersama. Hingga kemudian korban menawar kakak perempuan pelaku untuk melakukan hubungan intim.

"Korban bicara ke pelaku SY dengan kalimat yang membuat pelaku tersinggung. Kalimat ini bisa disampaikan, korban meminta pelaku untuk kiranya menawarkan ke kakak korban mau nggak Rp 300 ribu dipakai pelaku," jelas dia.

Mendengar hal tersebut, pelaku naik pitam dan menghabisi nyawa korban. Meski korban sudah menegaskan sikapnya itu tidaklah serius dan hanya candaan. Usai membunuh, tersangka lantas menyembunyikan jasadnya dengan karung dan dibuang ke Danau Gawir, Legok, Kabupaten Tangerang.

"Keduanya ditetapkan sebagai tersangka, sangkaan Pasal 340 KUHP, 338 KUHP, 365 ayat 3 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup," Zulpan menandaskan.


Penemuan Jasad Dalam Karung

Penemuan jasad oleh pemancing di danau Gawir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Selasa (31/5/2022) (Liputan6.com/(Pramita Tristiawati)
Perbesar
Penemuan jasad oleh pemancing di danau Gawir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Selasa (31/5/2022) (Liputan6.com/(Pramita Tristiawati)

Penemuan jasad diduga wanita oleh pemancing di danau Gawir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, gegerkan warga sekitar Selasa (31/5/2022). Diduga jasad tersebut, merupakan korban pembunuhan.

"Tadi ditemukan sama yang mancing sekitar pukul 11.00 WIB. Sepertinya jenis kelamin wanita," kata Hairudin, ketua RT10/05, Legok, Kabupaten Tangerang, Selasa (31/5/2022).

Dia menjelaskan, jasad diduga berjenis kelamin wanita itu sudah beberapa hari meninggal dunia. Namun anehnya baru hari itu ditemukan warga.

"Kayaknya meninggal sudah lama, tapi enggak tahu mungkin baru dibuang, atau baru ditemukan. Tapi biasanya danau ini setiap hari didatangi pemancing," katanya.

Pasalnya, saat ditemukan, jasad tersebut dibungkus dua karung beras. Lalu, jasadnya pun sudah membengkak.

Sementara, saat dikonfirmasi, Kapolres Tangerang Selatan AKBP Sarly Sollu, membenarkan penemuan jasad tanpa identitas tersebut. Namun, Kapolres memastikan bila jasad tersebut berjenis kelamin laki-laki.

Lalu, korban langsung dibawa ke RSUD Tangerang, untuk kepentingan penyelidikan.

"Tanpa identitas dan tanpa busana di dalam karung, kita indikasikan ini merupakan kejahatan karena dilihat dari motifnya di dalam karung, tidak berpakaian.ini berjenis kelamin laki-laki," kata Kapolres. 

Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya