Sukses

Kawal Formula E Jakarta, Polisi Siapkan 1.778 Personel dan Rekayasa Lalin di Ancol

Polda Metro Jaya bersiap mengawal jalannya ajang balap mobil listrik Formula E, yang akan dilaksanakan di Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu 4 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya bersiap mengawal jalannya ajang balap mobil listrik Formula E, yang akan dilaksanakan di Sirkuit Formula E Jakarta, Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu 4 Juni 2022.

Ribuan Personel polisi ditugaskan untuk mengawal kelancaran event balapan tersebut. Selain itu, Polda Metro Jaya juga bakal melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi.

"Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan. Kami sudah rapat koordinasi dengan panitia pengamanan dari Polda Metro Jaya kekutan personel 1.778," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

Zulpan meminta masyarakat dapat menghindari lalu lintas di seputaran Ancol demi mengantisipasi kemacetan. Mengingat, panitia penyelenggara telah menyatakan bahwa tiket nonton Formula E Jakarta sudah terjual habis.

"Di sekitar Ancol saja (rekayasa lalu lintas)," ucapnya.

Zulpan mengatakan, pihaknya juga memperhatikan situasi parkir kendaraan di Sirkuit Formula E Jakarta, termasuk pengamanan para penonton yang hadir.

"Ditlantas sudah bekerja sama dengan penyelenggara untuk mengantisipasi kendaraan tersebut. Kita berharap acara tersebut berjalan dengan lancar dan tidak terjadi gangguan kecelakaan," papar Zulpan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung sirkuit Jakarta E-Prix jelang 3 hari ajang balap mobil listrik tersebut. Bersama Co-Founder Formula E, Alberto Longo dan Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni, Anies memastikan segala persiapan Formula E telah rampung.

"Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah SWT bahwa persiapan berjalan dengan lancar dan sekarang tiga hari menjelang pelaksanaan bisa dikatakan seluruh persiapan sudah selesai," kata Anies melalui keterangan tertulis pada Rabu (1/6/2022).

Secara substansi, Anies menyebut saat ini proses persiapan hanya tinggal mengerjakan hal yang sifatnya kosmetik seperti pengecatan dan pemasangan stiker.

"Ada beberapa finalisasi yang sifatnya kosmetik, pengecatan, pemasangan stiker, tapi semua yang sifatnya substansi untuk terselenggaranya Jakarta E-Prix sudah siap," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiket Habis

Dia juga terkesan dengan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk menyaksikan gelaran Formula E. Dia mengacu pada telah habisnya semua tiket Formula E saat ini.

"Kemudian, kita juga bersyukur penjualan tiket sudah tuntas. Nanti, ada 22.000 orang yang akan berada di dalam kawasan sirkuit ini," terangnya.

Selain itu, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu turut mengapresiasi peran seluruh pihak, mulai dari Organizing Committee Jakarta E-Prix, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), hingga pihak Formula E yang berada di London atas dukungan penuh terhadap pelaksanaan Jakarta E-Prix 2022.

Sementara itu, Co-Founder Formula E Alberto Longo yang melihat langsung rampungnya seluruh persiapan jelang Jakarta E-Prix mengaku terkesan dengan Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara. Ia bahkan menyebut event Jakarta E Prix akan menjadi pagelaran terbesar dan tersukses sepanjang sejarah Formula E.

"Kita akhirnya sampai di sini, karena kita tahu tantangannya. Dan kami bangga serta merasa terhormat bisa diselenggarakan di Jakarta. Hari ini kita saksikan kerja kolosal untuk mempersiapkan semua (Jakarta E-Prix)," ucap Alberto.

Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni berharap Jakarta tak diguyur hujan saat gelaran balap mobil listrik Formula E pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang berlangsung. Dia menyebut, jika melihat prakiraan cuaca, wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya berpotensi diguyur hujan.

"Perkiraan cuaca ada hujannya, tapi belum tahu mudah-mudahan sih enggak hujan mudah-mudahan," kata Sahroni di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022).

3 dari 4 halaman

Jasa Pawang Hujan

Dia pun bergurau saat ditanyai soal kemungkinan menggunakan jasa pawang hujan. "Pawangnya Sahroni saja," kata dia

Selain itu, Sahroni menjelaskan tiket Formula E di semua kategori sudah habis terjual. Dia menyebut tiket di dalam sirkuit pun sudah tak bersisa.

"Habis, semuanya habis, semua kategori. Untuk yang festival biasa itu karena dibeli sama Ancol langsung, nah Ancol kemarin sudah hampir 80 persen penjualannya untuk festival. Kalau yang di dalam sirkuit totally sold out," ujar Sahroni.

Menurut Sahroni, ini karena tingginya antusias masyarakat yang hendak menyaksikan ajang balap mobil listrik Internasional tersebut.

"Sangat luar biasa ya enggak disangka dalam 4 hari terakhir mereka antusias pengen nonton tapi masalahnya tiket sudah tidak ada lagi," ujar Sahroni.

"Saya dan panitia berharap pergelaran ini adalah pergelaran yang memang cukup baik di mata dunia dan semua masyarakat semangat juga untuk menonton," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.