Imbauan UAH hingga MUI soal Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan di Sungai Aare Swiss

Oleh Devira Prastiwi pada 02 Jun 2022, 12:51 WIB
Diperbarui 02 Jun 2022, 12:52 WIB
Foto Emmeril Kahn
Perbesar
6 Potret Emmeril Kahn Mumtaz Putra Sulung Ridwan Kamil, Berjiwa Sosial (Sumber: Instagram/emmerilkahn)

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, proses pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang terbawa arus Sungai Aare Swiss masih terus dilakukan.

Ustaz Adi Hidayat atau UAH bahkan mengajak masyarakat untuk mengalirkan doa bagi putra sulung Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, yang bernama Eril.

"Terkhusus untuk Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, tengah diuji melalui salah satu putra beliau tercinta yang kita ketahui bersama mendapatkan musibah di wilayah sungai Aare di Swiss," kata Ustaz Adi Hidayat dalam kanal Youtube miliknya, seperti dilihat Antara, Rabu 1 Juni 2022.

Dalam tayangan tersebut, Ustaz Adi Hidayat mengajak semua umat muslim di Indonesia untuk meluangkan waktu sejenak berdoa memohon kepada Allah SWT agar mereka yang tengah diuji dengan musibah diberikan kesabaran, ekstra kekuatan, bahkan keikhlasan di dalam jiwa.

"Semoga Allah memberi kekuatan lebih, kebahagiaan terdalam dan memberikan kecerahan hikmah dibalik setiap musibah. Semoga Allah SWT memberikan segala takdir terbaik untuk adinda Eril," kata Ustaz Adi Hidayat.

Tak hanya Ustaz Adi Hidayat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat juga turut mengimbau warga setempat untuk menggelar sholat gaib terkait pencarian Eril yang sudah memasuki hari keenam.

"Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari ini, sebaiknya bisa dilaksanakan shalat gaib. Itu tuntunannya," kata Sekretaris MUI Provinsi Jawa Barat Rafani Akhyar di Bandung, Rabu 1 Juni 2022.

Berikut imbauan Ustaz Adi Hidayat atau UAH hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat soal pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Saran Ustaz Adi Hidayat

Andre Taulany
Perbesar
[Foto: Andre Taulany dan ustaz Adi Hidayat]

Ustaz Adi Hidayat atau UAH mengajak masyarakat untuk mengalirkan doa bagi putra sulung Gubernur Jawa Barat Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, yang hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis 26 Mei 2022.

"Terkhusus untuk Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, tengah diuji melalui salah satu putra beliau tercinta yang kita ketahui bersama mendapatkan musibah di wilayah sungai Aare di Swiss," kata Ustaz Adi Hidayat dalam Youtube channelnya, seperti dilihat Antara, Rabu 1 Juni 2022.

Dalam tayangan channel Youtube tersebut, UAH mengajak semua umat muslim di Indonesia untuk meluangkan waktu sejenak berdoa memohon kepada Allah SWT, agar mereka yang tengah diuji dengan musibah diberikan kesabaran ekstra kekuatan bahkan keikhlasan di dalam jiwa.

Dia mendoakan agar Eril mendapatkan takdir terbaik dari Allah SWT, sekaligus keluarga diberikan kekuatan terbaik dalam ikhtiar proses pencarian Eril oleh tim SAR Swiss.

"Semoga Allah memberi kekuatan lebih, kebahagiaan terdalam dan memberikan kecerahan hikmah dibalik setiap musibah. Semoga Allah SWT memberikan segala takdir terbaik untuk adinda Eril," katanya.

UAH meminta masyarakat untuk terus menghadirkan empati pada pihak-pihak yang terkena musibah. Menurut dia, upaya-upaya baik harus dihadirkan agar Eril mendapatkan takdir yang baik.

"Saya berharap, setiap orang mengembangkan empati pada pihak yang terkena musibah. Agar tidak menghadirkan satu upaya yang menjauhkan pada takdir baik," kata UAH.

 


2. MUI Jawa Barat

Anak Ridwan Kamil Hilang di Swiss, Unggahan Terakhir Emmeril Kahn Banjir Doa Warganet
Perbesar
Emmeril Kahn Mumtadz (@emmerilkahn/instagram.com)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat mengimbau warga setempat untuk menggelar shalat gaib terkait dengan pencarian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang sudah memasuki hari keenam.

"Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari ini, sebaiknya bisa dilaksanakan shalat gaib. Itu tuntunannya," kata Sekretaris MUI Provinsi Jawa Barat Rafani Akhyar di Bandung, Rabu, dikutip Antara.

Menurut Rafani Akhyar, anjuran tersebut berdasarkan kondisi proses pencarian Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss oleh tim SAR yang hingga saat ini belum membuahkan hasil. Sementara proses pencarian saat ini sudah memasuki hari keenam sejak Emmeril dilaporkan hilang pada Kamis 26 Mei 2022.

Rafani mengatakan shalat gaib dilakukan bukan mendahului nasib dari Eril yang belum mendapatkan titik terang, namun hal itu bagian dari ikhtiar dan menolong Emmeril.

"Untuk menolong yang bersangkutan dari sisi keagamaan kita bisa segerakan shalat gaib. Ini sesuai tuntunan agama. Shalat gaib ini kan mendoakan," jelas Rafani.

Dia mengatakan MUI Jawa Barat sejak awal sudah memberikan imbauan resmi pada warga dan MUI tingkat kabupaten/kota untuk menggelar doa bersama agar Eril bisa segera ditemukan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga dalam keadaan selamat.

Rafani mengatakan MUI Jawa Barat dan MUI tingkat kabupaten/kota bersama Wakil Gubernur Jawa Barat, pejabat eselon II dan keluarga menggelar doa bersama di Gedung Negara Pakuan Bandung.

MUI juga terus mengimbau agar warga memberikan dukungan dan empati kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan keluarga agar Eril dapat ditemukan dalam keadaan selamat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya