Sukses

Rusak Akibat Puting Beliung, Pemkot Depok Akan Bangun Kembali SDN Pancoran Mas 3

SDN Pancoran Mas 3 akan dibangun kembali, usai mengalami kerusakan akibat angin puting beliung beberapa waktu lalu. Pemerintah Kota Depok telah mengajukan usulan perbaikan melalui Belanja Tidak Terduga (BTT).

Liputan6.com, Jakarta - SDN Pancoran Mas 3 akan dibangun kembali, usai mengalami kerusakan akibat angin puting beliung beberapa waktu lalu. Pemerintah Kota Depok telah mengajukan usulan perbaikan melalui Belanja Tidak Terduga (BTT).

Koordinator Perencanaan Tata Bangunan pada Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Veny Apriola, mengatakan, perbaikan SDN Pancoran Mas 3 telah diajukan pembangunannya. Pengajuan perbaikan telah dilakukan pada 27 Mei 2022.

“Anggaran perbaikan diusulkan menggunakan BTT Kota Depok,” ujar Venny, Kamis (2/6/2022).

Veny menjelaskan, perbaikan bangunan SDN Pancoran Mas 3 yang rusak berdasarkan usulan hasil survey tim teknis. Namun hingga kini belum ada undangan pembahasan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Iya belum ada undangan kembali membahas pembangunan sekolah tersebut,” jelas Veny.

TAPD terkait rencana pembangunan SDN Pancoran 3 meliputi Sekretaris Daerah selaku Ketua, Kepala Bappeda, Kepala BPK, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan, Asisten Hukum dan Organisasi, Asisten administrasi, Inspektorat, UKPBJ serta dibantu tim teknis TAPD. Kemungkinan rencana pembahasan anggaran akan dilakukan pada bulan ini.

“Ya (pembahasan anggaran) semoga saja bulan ini,” ucap Veny.

Venny mengungkapkan, setelah dilakukan rapat pembahasan anggaran pembangunan, akan ada proses pengadaan jasa Konsultansi perencanaan. Setelah itu dilanjutkan dengan pekerjaan perencanaan (DED), pengadaan jasa konstruksi dan pengerjaan fisik atau konstruksinya.

“Pengerjaan pembangunan sesuai penganggaran dan pengadaan barang dan jasa,” ungkap Veny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anggaran Cukup

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo memastikan bahwa anggaran BTT cukup untuk memperbaiki gedung SDN Pancoran Mas 3 yang rusak. Sehingga Pemkot Depok tak perlu menunggu penambahan anggaran untuk memperbaiki atap sekolah yang rusak itu.

“Tidak perlu menunggu penambahan anggaran BTT, anggaran yang secara cukup untuk melakukan perbaikan,” ujar Hendrik kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Hendrik menjelaskan, Pemerintah Kota Depok memiliki anggaran BTT 2022 sebesar Rp 108,9 miliar. Jumlah tersebut dinilai cukup untuk memperbaiki ruangan kelas SDN Pancoran Mas 3 yang rusak. Apalagi kerusakan tersebut karena bencana alam puting beliung.

“Kan perbaikan ruangan kelas tidak sampai menghabiskan biaya Rp 1 miliar,” jelas Hendrik.

Lambatnya perbaikan ruangan kelas SDN Pancoran Mas 3 menjadi keprihatinan DPRD Kota Depok. Apalagi siswa telah diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Selain itu, kerusakan atap SDN Pancoran Mas 3 terjadi pada bulan Ramadhan, sebelum siswa masuk sekolah.

“Ini kebutuhan urgent masa tidak diprioritaskan, kan sudah jelas rusak karena bencana,” ucap Hendrik.

3 dari 3 halaman

Belum Digunakan Secara Maksimal

Hendrik meminta agar Pemerintah Kota Depok, khususnya Wali Kota Depok Mohammad Idris tidak memikirkan penambahan anggaran BTT. Sebab, menurutnya, anggaran BTT Kota Depok belum digunakan secara maksimal.

“BTT yang ada sudah cukup, jadi enggak perlu sampai menunggu CSR untuk melakukan perbaikan,” ungkap Hendrik. (Dicky Agung Prihanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.