Sukses

Ma'ruf Amin Bertolak ke Jatim, Tinjau Huntap Lumajang Hingga Napak Tilas Pendiri NU

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pagi ini bertolak ke Jawa Timur untuk meninjau Huntap dan Huntara di Kabupaten Lumajang, hingga napak tilas ke Ponpes Tokoh Pendiri NU Kamis (2/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pagi ini bertolak ke Jawa Timur untuk meninjau Huntap dan Huntara di Kabupaten Lumajang, hingga napak tilas ke Ponpes Tokoh Pendiri NU Kamis (2/6/2022).

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin tinggal landas menuju Jatim.

Setibanya di Surabaya, Ma'ruf Amin menggunakan Heli menuju Lumajang untuk mengecek langsung progress pembangunan hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (huntara) bagi korban erupsi Gunung Semeru.

Sebagaimana diketahui, Ma'ruf Amin sebelumnya telah melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan huntap dan huntara di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Jumat 14 Januari 2022.

Pada kesempatan itu, dia menuturkan, kementerian terkait penanganan bencana terus bersinergi untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal masyarakat pengungsi, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pokok dan relokasi tempat tinggal.

Di area huntap/huntara ini, Ma'ruf Amin mendengarkan pemaparan singkat yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke huntap/huntara dan berdialog dengan warga setempat serta menyerahkan bantuan kepada warga penghuni huntap/huntara, Keluarga Penerima Manfaat dan lansia produktif di daerah tersebut.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan peninjauan dan penyerahan bantuan di huntap/ huntara selama kurang lebih satu jam, Ma'ruf Amin kembali ke Surabaya untuk memberikan bansos kepada masyarakat di Gedung Balai Pemuda Sisi Barat Alun-alun Kota Surabaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersama Baznas

Pada Jumat 3 Juni 2022, Ma'ruf Amin diagendakan ke Ponpes Darul Ulum, Desa Rejoso, Peterongan dengan berkendara mobil.

Tiba di Ponpes Darul Ulum, dia akan menyaksikan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Santripreneur oleh Ketua Baznas. Pada kesempatan ini Ma'ruf Amin juga akan menyempatkan diri untuk berziaran ke makam K.H Romly Tamim.

Setelah melakukan ziarah, selanjutnya dia melakukan kunjungan ke Ponpes Amanatul Ummah, Jl. Raya Tirtowening, Paras-Kembangbelor-Pacet, Kab. Mojokerto.

Selanjutnya Ma'ruf Amin menuju Institute K.H Abdul Chalim, Jl. Raya Tirtowening, Paras, Kembangbelor, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Pada kesempatan ini, dia mengikuti acara sarasehan bersama Pimpinan Pusat dan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) dan Alim Ulama.

 

3 dari 3 halaman

Napak Tilas ke Ponpes Tebuireng

Kemudian pada hari berikutnya Sabtu 4 Juni 2022, Ma'ruf Amin melanjutkan napak tilas ke Ponpes Tebuireng, Jl. Irian Jaya No. 10, Pesanteren Tebu Ireng, Jombang untuk Halal bihalal dan Temu Alumni Nasional Pesantren Tebuireng hingga Pemberian Bantuan kepada Santripreneur.

Di tempat ini tak lupa Ma'ruf Amin juga Ziaran ke makam KH. Hasyim Asy’ari, Wahid Hasyim, dan Abdurahman Wahid (GusDur).

Sebelum kembali ke Jakarta, dia akan ke Ponpes Mambaul Ma’arif Jl. Imam Bonjol N0. 81, Denanyar untuk meresmikan Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA). Menutup rangkaian kunjungan kerjanya, Ma'ruf Amin akan singgah ke Makam Pahlawan Nasional K.H A. Wahab Chasbullah untuk berziarah.

Turut hadir dalam rombongan ini Noor Achmad, Kepala Badan Amil Zakat Nasional, Saidah Sakwan, Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Ahmad Erani Yustika Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Masduki Baidlowi Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi, Masykuri Abdillah Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Umum, dan Robikin Emhas Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.