Sukses

Ganjar Gandeng Konsultan Selesaikan Masalah Banjir Rob di Jateng

Ganjar menyampaikan, untuk menyelesaikan permasalahan banjir rob di Jawa Tengah dibutuhkan inovasi dan teknologi baru. Menurut Ganjar, Inkindo memiliki kemampuan untuk merealisasikannya.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggandeng Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Jawa Tengah untuk membuat rumusan penyelesaian permasalahan banjir rob.

Hal itu disampaikan Ganjar saat membuka musyawarah provinsi Inkindo Jawa Tengah di Gumaya Hotel, Jalan Gajahmada Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah. 

Ganjar menyampaikan, untuk menyelesaikan permasalahan banjir rob di Jawa Tengah dibutuhkan inovasi dan teknologi baru. Menurut Ganjar, Inkindo memiliki kemampuan untuk merealisasikannya.

Salah satunya dengan membuat desain tanggul yang kuat dan efektif. Di samping itu, pemetaan pembuatan tanggul di daerah rawan juga harus tepat. Sehingga antisipasi dan pencegahan banjir rob bisa dilakukan sedini mungkin. 

"Teman-teman Inkindo saya kasih PR soal rob. Ini penanggulangan secara fisiknya seperti apa dan cepat," ujar Ganjar dalam keterangannya, Selasa (31/5/2022). 

"Sehingga kita butuh teknologi baru, referensi baru. Saya kira Inkindo punya kesempatan mendesain, merumuskan dan diaplikasikan secara nyata," sambung Ganjar. 

Ganjar mengatakan, penyelesaian masalah banjir rob tidak akan selesai jika penanganannya hanya mengandalkan pembuatan tanggul dari karung pasir. Menurut Ganjar, diperlukan tanggul permanen yang dibuat dengan membuat lubang di sekitar pesisir laut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semarang Rawan Banjir

Kemudian, lokasi Jawa Tengah khususnya Semarang yang berada di daerah cekungan membuat rawan banjir. Lalu, penurunan tanah yang lebih cepat dari kenaikan air laut juga menjadi salah satu penyebab banjir. 

"Sekarang butuh kepekaan antara kita semua terhadap kehendak rakyat yang berekspektasi tinggi terhadap bangunan yang ada. Maka peran konsultan, Inkindo menjadi sangat penting untuk memberikan desain yang terbaik," ungkap Ganjar. 

Sebagai informasi, Inkindo didirikan pada 20 Juni 1979, merupakan asosiasi perusahaan jasa konsultan yang memiliki peran penting dalam mengendalikan pelayanan konsultasi jasa konstruksi maupun non konstruksi. 

Inkindo menyediakan jasa perencana dan pengawas konstruksi di banyak bidang. Seperti perencanaan arsitektur, perencanaan penataan ruang, jasa pembuatan prospektus geologi dan geofisika, jasa survey bawah tanah dan permukaan tanah dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.