Sukses

Top 3 News: Pelukan Penyelamat Adik dan Teman Eril Saat Insiden Sungai Aare untuk Ridwan Kamil

Pencarian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang terbawa arus Sungai Aare di Swiss terus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini masih terkait dengan kabar hilangnya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang terseret arus Sungai Aare di Swiss.

Pencarian terus dilakukan dengan menggunakan pelbagai metode. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss pun mengaku terus mendorong otoritas Tim Search and Rescue atau SAR guna optimalisasi pencarian Eril.

KBRI Bern mengatakan, rasa simpati mendalam disampaikan Wali Kota Bern, Alec Van Graffenried dengan menemui secara langsung Ridwan Kamil dan istri, Atalia, di tengah proses pencarian Eril.

Selain bertemu Mayor Graffenried, Ridwan Kamil beserta istri, dalam kesempatan yang sama juga bertemu Heinrich. Diketahui, Heinrich adalah warga lokal Bern yang pada saat kejadian turut membantu adik perempuan dari Eril dan temannya untuk naik ke daratan.

Kemudian, beredar kabar adanya pembatasan larangan penjualan bir dan pemasangan logo selama perhelatan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, 4 Juni 2022 nanti. Pihak Heineken pun angkat bicara.

Menurut Marketing Director of Multi Bintang Indonesia Jessica Setiawan, pihaknya telah mencari solusi terkait pembatasan yang diambil pihak panitia terhadap brand bir asal Belanda yang tetap sejalan dengan komitmen.

Jessica berujar, sebagai bentuk komitmen, pihaknya akan mengawasi secara ketat penjualan bir hanya diperbolehkan terhadap konsumen diatas 21 tahun.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah soal kabar viral seorang calon siswa Bintara 2021 bernama Fahri Fadilah Nur Rizki (21) yang gagal menjadi polisi disorot publik.

Diketahui, Fahri sudah masuk peringkat 35 dari 1.200 peserta, namun tetap gagal menjadi siswa Korps Bhayangkara. Hal itu pun dibenarkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan.

Zulpan menjelaskan, pada 2019 hingga 2020 Fahri tidak lolos seleksi pada tahap pemeriksaan kesehatan karena didiagnosa buta warna parsial. Namun pada 2021, dia sempat dinyatakan lulus tahap 1 tahun anggaran 2022.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 31 Mei 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ridwan Kamil Dipeluk Sosok Penyelamat Adik dan Teman Eril Saat Insiden Sungai Aare

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bern, Swiss, mengaku terus mendorong otoritas Tim Search and Rescue atau SAR guna optimalisasi pencarian putra sulung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril. Pencarian dilakukan dengan menggunakan pelbagai metode.

“Pencarian Eril di Sungai Aare, Kota Bern, terus dilakukan para aparat kepolisian dengan mengintensifkan metode jalan kaki, perahu, drone, dan selam,” jelas KBRI Bern dalam siaran tertulis diterima, Selasa (31/5/2022).

KBRI Bern memastikan, pencarian Eril dimulai sejak pagi hari dan mencakup sejumlah area, mulai dari Eichholz hingga Wohlensee.

“Saat ini, menurut informasi Tim SAR, pencarian tengah berfokus di antara pintu air Schwelenmaetelli dan Engehalde,” ungkap KBRI Bern.

KBRI Bern mengatakan, rasa simpati mendalam disampaikan Wali Kota Bern, Alec Van Graffenried. Dia menemui secara langsung Ridwan Kamil dan istri, Atalia, di tengah proses pencarian Eril. Mayor Graffenried memastikan, otoritas setempat akan memberi dukungan optimal dalam upaya pencarian Eril.

“Senin pagi 30 Mei 2022 orangtua Saudara Eril, Bapak Ridwan Kamil dan Ibu Atalia, ditemani Duta Besar Muliaman Hadad, dikunjungi Wali Kota Kota Bern, Alec Van Graffenried, yang menyampaikan simpati yang mendalam,” tutur KBRI Bern.

Selain bertemu Mayor Graffenried, Ridwan Kamil beserta istri, dalam kesempatan yang sama juga bertemu Heinrich. Diketahui, Heinrich adalah warga lokal Bern yang pada saat kejadian turut membantu adik perempuan dari Eril dan temannya untuk naik ke daratan.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Dilarang Jualan Bir dan Pasang Logo di Sirkuit Formula E, Jakarta, Ini Respons Heineken

Pihak Heineken selaku sponsor bir global ajang balapan mobil listrik Formula E, Jakarta akhirnya angkat suara soal adanya pembatasan larangan penjualan bir dan pemasangan logo selama perhelatan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, 4 Juni 2022 nanti.

Berkenaan pembatasan itu, Marketing Director of Multi Bintang Indonesia, Jessica Setiawan menyampaikan bahwa pihaknya telah mencari solusi terkait pembatasan yang diambil pihak panitia terhadap brand bir asal Belanda yang tetap sejalan dengan komitmen.

"Buat kami di Heineken balik lagi di komitmen kita. Jadi kita tidak melihat dari segi pembatasannya jadi melihat dari kitanya sendiri, mempromosikan brand kita secara tanggung jawab," kata Jessica saat jumpa pers virtual, Selasa (31/5/2022).

Bentuk komitmennya, kata Jessica, pihaknya akan mengawasi secara ketat penjualan bir hanya diperbolehkan terhadap konsumen diatas 21 tahun.

Pihaknya akan terus meningkatkan potensi dan membuka segala kemungkinan mengembangkan kampanye yang selaras dengan ajang ini. Termasuk melaksanakan aturan larangan berjualan di sekitar area sirkuit Formula E. 

Namun, mereka akan menunjukkannya di gelaran Formula E-xperience yang berlokasi di ASHTA District 8 mulai 31 Mei 2022, akan ada Greener Bar dan rangkaian acara menarik lainnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Sempat Viral, Polda Metro Sebut Fahri Gagal Jadi Polisi Akibat Buta Warna Parsial

Kabar seorang calon siswa Bintara 2021 bernama Fahri Fadilah Nur Rizki (21) yang gagal menjadi polisi tengah disorot publik setelah viral di media sosial. Dia sudah masuk peringkat 35 dari 1.200 peserta, namun tetap gagal menjadi siswa Korps Bhayangkara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan membenarkan bahwa Fahri telah mendaftar sebagai calon siswa di Polda Metro Jaya dengan nomor pendaftaran 031125-P0431 asal pengiriman Polres Jakarta Timur (Jaktim).

"Yang bersangkutan sudah mendaftar sebagai calon siswa bintara di Polda Metro Jaya sebanyak tiga kali sejak tahun 2019," kata Zulpan kepada wartawan, Senin 30 Mei 2022.

Zulpan menjelaskan, pada 2019 hingga 2020 Fahri tidak lolos seleksi pada tahap pemeriksaan kesehatan karena didiagnosa buta warna parsial. Namun pada 2021, dia sempat dinyatakan lulus tahap 1 tahun anggaran 2022.

Berdasarkan surat dari Mabes Polri, ada kegiatan supervisi terhadap peserta yang lulus tahap 1 sebelum mereka mengikuti pendidikan.

"Kemudian supervisi yang dipimpin ketua tim menyebutkan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat dengan temuan buta warna parsial," katanya.

Atas temuan itu, Polda Metro Jaya melakukan tindak lanjut dengan pemeriksaan yang disaksikan Kabid Dokkes Polda Metro Jaya, Kabid Propam Polda Metro Jaya, Sekretariat SDM Polda Metro Jaya dan orang tua wali Fahri di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, pada 25 Januari 2022.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.