Kapolri Beri Penghargaan 15 Atlet Polri yang Sumbang Medali di SEA Games Vietnam

Oleh Nanda Perdana Putra pada 30 Mei 2022, 16:21 WIB
Diperbarui 30 Mei 2022, 16:21 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Perbesar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ucapan selamat secara langsung melalui sambungan video call kepada atlet sepeda Indonesia atas raihan medali emas dan perak di ajang SEA Games Vietnam, Senin (16/5/2022). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada personel Polri yang menjadi atlet dan menyumbangkan medali emas, perak, dan perunggu untuk Indonesia dalam perhelatan SEA Games Vietnam 2021.

"Baru saja kita melaksanakan pemberian piagam penghargaan pin emas kepada anggota kita 15 orang yang telah berprestasi, dan ikut mengharumkan nama bangsa khususnya dalam pelaksanaan SEA Games di Vietnam kemarin," kata Kapolri Sigit saat upacara di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (30/5/2022).

Listyo mewakili institusi Polri menyampaikan apresiasi dan penghormatan kepada seluruh atlet Polri yang telah meraih medali dan mengibarkan bendera merah putih di Vietnam. Prestasi ini tentunya menjadi contoh bagi seluruh personel kepolisian untuk memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya, baik dalam kedinasan maupun bidang-bidang lainnya di luar kedinasan.

"Tentunya kita terus mendorong agar rekan-rekan, khususnya yang ikut di dalam bidang olahraga atau bidang lainnya untuk terus berlatih. Dan kita institusi akan memberikan ruang untuk itu. Sehingga mereka bisa betul-betul fokus dan termotivasi," jelas dia.

Dengan diberikannya kesempatan atau pun ruang, Listyo berharap seluruh personel kepolisian dapat selalu bisa mengharumkan serta membanggakan bagi Indonesia di event nasional maupun internasional.

Dia juga meminta kepada seluruh Kapolda untuk mendorong dan memberikan kesempatan anggotanya dalam berprestasi di bidang kedinasan, khususnya dengan memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

"Teruslah berbuat yang terbaik, teruslah berprestasi. Dan kami institusi akan support dan mendorong agar mereka betul-betul bisa melakukan yang terbaik untuk bangsa, masyarakat, dan institusi kepolisian," Listyo Sigit Prabowo menandaskan.


Atlet Polri yang meraih medali dalam ajang SEA Games

Foto: Tak Terbendung! Timnas Voli Putra Indonesia Pertahankan Medali Emas SEA Games usai Buat Tuan Rumah Vietnam Tak Berkutik
Perbesar
Para pemain, pelatih, dan official Timnas Voli Putra Indonesia merayakan kemenangan timnya usai berhasil menyabet medali emas SEA Games 2021 setelah mengalahkan tuan rumah Vietnam pada laga final yang berlangsung di Dai Yan Sports Arena, Quang Ninh Vietnam, Minggu, 22 Mei 2022. Skuat asuhan Jiang Jie berhasil menang telak dengan skor 3-0 (25-22, 25-18, dan 25-15). (Foto: Kemenpora/PP SIWO PWI/Erly Bahtiar)

Adapun atlet Polri yang meraih medali dalam ajang SEA Games di Vietnam adalah sebagai berikut:

1. Briptu Rivan Nurmulki atlet voli meraih medali emas

2. Iptu Nizar Julfikar atlet voli meraih medali emas

3. Briptu Rendi Tamamilang atlet voli meraih medali emas

4. Briptu Yuda M Putra atlet voli meraih emas

5. Bripda Fahreza Rakha atlet voli meraih medali emas

6. Ipda Amalia Fajrina atlet voli meraih medali perunggu

7. Bripda Arsela Nuari atlet voli meraih medali perunggu

8. Briptu Denri Maulidzar atlet dayung meraih medali dua medali emas

9. Briptu Andi Try atlet sepak takraw meraih medali emas, perak dan perunggu

10. Briptu Tebing Hutapea atlet karate meraih medali perak

11. Aiptu Anang Yulianto atlet menembak meraih medali emas

12. Briptu Deny Pratama atlet menembak meraih medali perak

13. Bripda Muhamad Alfiyansyah Lubis atlet judo meraih medali perunggu

14. Bharatu Dewa Kadek Rama atlet judo meraih medali perunggu

15. Briptu Holypaul atlet futsal meraih medali perak.


Tembus 3 Besar di SEA Games 2021, Menpora Amali Bakal Pertahankan Sistem Keberangkatan Atlet

Menpora Zainudin Amali
Perbesar
Menpora Zainudin Amali. (Kemenpora)

Kontingen Indonesia akhirnya berhasil menembus posisi tiga besar perolehan medali SEA Games 2021, Hanoi. Perolehan ini sesuai dengan target yang dibebankan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Indonesia menempati peringkat tiga dengan perolehan 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu dengan total 242 medali.  Untuk peringkat pertama masih dipegang oleh tuan rumah dengan 206 medali emas, 123 perak dan 111 perunggu dengan total 439 medali. Sementara peringkat dua ditempati oleh Thailand dengan perolehan 92 emas, 101 perak, 134 perunggu dengan 326 medali.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali merasa bersyukur dengan hasil ini. Amali mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang sudah berjuang di lapangan, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI dan seluruh stakeholder olahraga yang terkait.  

Menurut Menpora Amali, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games 2021 Vietnam berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet. Dan ini menjadi bukti bahwa, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di trek yang benar.

"Dibanding SEA Games Filipina sebelumnya, dari jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menpora Amali saat bertemu Media di Hotel Intercontinental, Minggu malam (22/5).

 


Indonesia 3 Besar SEA Games 2021, Puan Maharani Apresiasi Kemenpora dan Stakeholder

Ketua DPR RI Puan Maharani di Rapat Paripurna DPR RI dalam rangka ulang tahun ke-75 DPR
Perbesar
Ketua DPR RI Puan Maharani di Rapat Paripurna DPR RI dalam rangka ulang tahun ke-75 DPR. (Foto: Dokumentasi DPR).

Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan terima kasih kepada atlet, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tim Chief demission (CdM) Kontingen Indonesia, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) atas keberhasilan menduduki peringkat tiga SEA Games 2021.

Tim Merah Putih berhasil memperbaiki peringkat dari event sebelumnya di Filipina. Para atlet total mengoleksi 242 medali.

"Juga untuk staf Kedutaan Besar Indonesia untuk Vietnam, serta seluruh stakeholder terkait yang telah bekerja sebaik-baiknya sehingga Indonesia bisa keluar sebagai tiga besar di SEA Games 2021," kata Puan dilansir situs resmi Kemenpora.

“Dan tentunya untuk masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan kepada kontingen SEA Games, baik yang secara langsung, maupun yang mendoakan dari rumah,” kata sambungnya.

Puan mengapresiasi Tim Merah Putih yang berhasil memperbaiki peringkat dari event yang sama sebelumnya di Filipina yang berada di posisi empat besar.

“Selamat untuk tim SEA Games Indonesia yang telah keluar sebagai peringkat ketiga. Prestasi yang ditorehkan oleh atlet dan seluruh tim sangat luar biasa dan tentu menjadi kebanggaan bangsa. Salut untuk Tim Merah Putih,” kata Puan.

Mantan Menko PMK itu menyebut, tidak ada hal yang mustahil untuk didapatkan dengan kerja keras dan semangat gotong royong. Puan mengatakan, tim Merah Putih juga patut berbangga karena berhasil menang dari rival abadi di SEA Games Vietnam yakni Malaysia.

“Kita bersyukur tim Indonesia mampu mencapai target masuk tiga besar. Semua atlet telah menunjukkan performa terbaiknya,” tuturnya.

 

Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019
Perbesar
Infografis Timnas Indonesia Vs Vietnam di Final SEA Games 2019. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya