Sukses

Apkasi: Dukungan Kemenparekraf Sangat Diperlukan dalam Pengembangan Desa Wisata

Pengembangan desa wisata hanya dapat terwujud jika semua pihak berpartisipasi dalam pengembangan yang berekesinambungan.

Liputan6.com, Jakarta Pengembangan desa wisata tengah menjadi tren dua tahun belakangan ini. Namun juga banyak desa wisata yang layu sebelum berkembang karena tidak diimbangi dengan pengelolaan yang baik. Padahal, jika desa wisata dikelola dengan baik dapat mendongkrak kunjungan wisata dan pendapatan masyarakat.

Hal ini tentu menjadi perhatian Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Langkah cepat diambil Apkasi dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Studi Tiru Pengembangan dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Masyarakat dan Potensi Lokal selama 3 hari di Desa Carangsari, Kabupaten Badung, Bali, 26-28 Mei 2022.

Angkatan pertama ini diikuti oleh 120 peserta dari berbagai kabupaten. Mereka antusias mengamati dan belajar dari kesuksesan Desa Carangsari dalam mengelola potensi desa yang kini laris dikunjungi.

Desa Wisata Carangsari menjadi tujuan pembelajaran karena menyabet Juara I Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021-2022.

Mewakili Dewan Pengurus Apkasi, Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik berksempatan membuka secara resmi kegiatan Bimtek dan Studi Tiru Pengembangan Desa Wisata Carang Sari, Kabupaten Badung-Bali dengan mengusung tema "Pengembangan dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Masyarakat dan Potensi Lokal".

Usman menyampaikan, sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi di daerah yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, yaitu dengan menghidupkan kembali kegiatan ekonomi di desa-desa.

"Pengembangan program desa wisata di beberapa kabupaten termasuk di Kabupaten Badung Bali, nyatanya mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, penyerapan tenaga kerja dan membangkitkan UMKM yang secara langsung ikut mendorong roda perekonomian di daerah," imbuh Usman dalam keterangannya, Senin (30/5/2022).

Apkasi, lanjut Usman, sebagai forum berbagi pengalaman dan pengetahuan antarpemerintah kabupaten dalam berbagai bidang, perlu mewadahi hal itu melalui program studi tiru atau best practice transfer program pengembangan desa wisata.

"Pengembangan Desa Wisata ini hanya dapat terwujud jika semua pihak berpartisipasi dalam pengembangan desa wisata yang berekesinambungan. Dukungan dari Kemenparekraf masih sangat diperlukan dan dinantikan oleh daerah dalam pengembangan kapasitas daerah di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif.”

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diisi Kunjungan ke Destinasi Wisata

Terkait kegiatan bimtek dan studi tiru, Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang mengungkapkan 120 peserta itu di antaranya Bupati Kepahiang, Hidayattullah Sjahid, Bupati Siak H Alfedri, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih serta para Kepala Dinas, Camat, dan sebagian besar adalah Kepala Desa yang berasal dari 16 Kabupaten.

Sebagai narasumber dalam sesi classroom, hadir Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan, Kemenparekraf, Indra Ni Tua. Dia memaparkan dukungan Kemenparekraf terhadap kebijakan & infrastruktur pengembangan Desa Wisata berbasis masyarakat dan potensi lokal.

Tampil juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Badung, I Nyoman Rudiarta yang sharing tentang sudut pandang pemerintah daerah mengembangkan konsep pariwisata berkelanjutan. Dari sisi praktisi juga tampil Inisiator Desa Wisata Carangsari, Ida Bagus Nama Rupa.

Selanjutnya kegiatan bimtek dan studi tiru lebih banyak diisi dengan kunjungan ke beberapa destinasi di Desa Wisata Carangsari. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, buatan, edukasi dan homestay, di mana para peserta dijelaskan secara mendalam bagaimana mengelola dengan baik destinasi-destinasi tersebut, hingga dapat mendongkrak kunjungan wisata dan pendapatan masyarakat.

Yang paling mengesankan adalah saat para peserta diajak terlibat aktif dalam mempersiapan performance Tari Kecak Revolution. Jika selama ini peserta hanya menyaksikan penampilan Tari Kecak, di sesi ini konsepnya dibalik di mana peserta yang menari bersama-sama. Peserta tampak antusias belajar menari lengkap dengan atribut sarung khas Bali.

 

3 dari 3 halaman

Tampil Tari Kecak

Sekjen Apkasi Adnan Purichta Ichsan yang juga mengikuti penampilan Tari Kecak ini pun memberikan semangat kepada para peserta. Menurutnya, ini alasan pihaknya memilih metode studi tiru dalam kegiatan ini, karena desa-desa lain tinggal mencontoh apa yang sudah baik dilakukan.

"Lalu diterapkan di daerah sesuai dengan kondisi lokal,” tutur Bupati Gowa ini sambil berharap para peserta setelah kembali nantinya bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk pembekalan dalam mengembangan potensi desa di daerah masing-masing.

Kegiatan bimtek dan studi tiru yang berlangsung selama 3 hari ini terbilang sukses dan meninggalkan kesan yang mendalam. Salah satunya adalah Bupati Dairi, Eddy Berutu yang begitu terkesan dan bahkan ia pun berniat untuk menduplikasikan keberhasilan Desa Carangsari ini di daerahnya.

“Saya menantang Gusde sebagai inisiator Desa Wisata Carangsari untuk membuat satu desa wisata di Dairi. Kalau di Bali bisa maka saya yakin di Danau Toba harusnya juga bisa. Saya mengundang Gusde untuk datang ke sana dan pilih desanya untuk dijadikan sebagai desa wisata,” tukas Eddy Berutu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.