Sukses

Stasiun Bogor Layani Penumpang Kereta Api Pangrango Mulai 1 Juni 2022

Dibukanya layanan di Stasiun Bogor untuk memberikan alternatif dan kemudahan bagi calon penumpang Kereta Api Pangrango yang akan menuju Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Bogor melayani penumpang kereta api (KA) Pangrango mulai 1 Juni 2022. Maka, penumpang yang hendak menuju Sukabumi bisa naik dari stasiun tersebut.

"Layanan ini khusus penumpang KA Pangrango dengan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access atau tiket online dan minimarket yang sudah bekerjasama dengan KAI," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, dibukanya layanan di Stasiun Bogor untuk memberikan alternatif dan kemudahan bagi calon penumpang Kereta Api Pangrango yang akan menuju Sukabumi.

"Jadi bagi calon penumpang KA Pangrango yang sudah membeli tiket melalui jalur online kini diberikan pilihan dapat naik dari Stasiun Bogor ataupun Stasiun Paledang," terangnya.

Adapun jadwal keberangkatan KA Pangrango dari Stasiun Bogor, yakni:

- Berangkat 08.20 WIB tiba di Sukabumi 10.30 WIB

- Berangkat 14.20 WIB tiba di Sukabumi 16.30 WIB

- Berangkat 19.50 WIB tiba di Sukabumi 22.00 WIB

Rangkaian KA Pangrango terdiri dari 2 kereta eksekutif dan 4 kereta ekonomi. Penumpang dapat melakukan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access atau pembelian go show 3 jam sebelum jadwal keberangkatan di loket stasiun.

Tarif tiket KA Pangrango untuk kelas eksekutif Rp80.000 dan kelas ekonomi yakni Rp40.000.

KA Pangrango juga melayani naik turun penumpang di sejumlah stasiun pemberhentian lainnya seperti, Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah, Cisaat dan Sukabumi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persyaratan Naik KA Lokal

Sejak mulai beroperasi kembali pada 10 April 2022 hingga 29 Mei 2022 KA Pangrango telah melayani sekitar 104 ribu penumpang.

Perjalanan KA Pangrango tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui SE Kemenhub Nomor 57 tahun 2022.

Berikut persyaratan naik KA Lokal:

1. Vaksin minimal dosis pertama

2. Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR

3. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan

Selain itu, pelanggan juga harus memakai masker 3 lapis sesuai standar, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan memastikan kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

PT KAI Daop 1 Jakarta senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi KA. Komitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang sehat juga terus dilakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung.

3 dari 3 halaman

Punya Koneksi WiFi Tercepat di Dunia, Stasiun Bogor Pecahkan Rekor MURI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operator layangan transportasi massal meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia-Dunia (MURI). Rekor MURI diraih karena menghadirkan layanan internet WiFi gratis di Stasiun Bogor dengan kecepatan tertinggi di dunia.

Memiliki kapasitas sebesar 2.000 Mbps, kecepatan internet di Stasiun Bogor digadang-gadang setara dengan stasiun kelas dunia lainnya.

Penerimaan rekor MURI sebagai stasiun kereta pertama dengan kecepatan tertinggi di dunia ini, menjadi penegasan komitmen PT KAI, Pemerintah Kota Bogor, dan Surge dalam menghadirkan kenyamanan dan pelayanan bagi masyarakat melalui penyediaan konektivitas yang berkualitas.

"Bersama PT KAI, kami turut bangga bahwa inovasi layanan Free WiFi AdaKita mendapatkan apresiasi dan antusiasme yang tinggi hingga mampu meraih rekor MURI," ujar Direktur Pengembangan Bisnis Surge, Martha Rebecca, Kamis (31/3/2022).

Ia mengatakan, layanan internet WiFi gratis ini merupakan bagian dari misi Surge untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat lewat konektivitas digital yang berkualitas.

Dengan dukungan Pemkot Bogor, layanan internet WiFi gratis dengan kecepatan tinggi ini tidak hanya dapat dinikmati bagi pengguna kereta di Stasiun Bogor, namun juga oleh masyarakat di sekitar stasiun, termasuk Alun-Alun Kota Bogor.

"Nantinya Surge dapat berkontribusi dalam membangun dan meningkatkan ekonomi digital di Bogor dan Pulau Jawa. Kedepan, kami terus mendorong kehadiran Free Wifi AdaKita di berbagai ruang publik, agar dampak sosial konektivitas ini dapat dinikmati lebih banyak masyarakat," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.