Sukses

Cuaca Hari Ini Senin 30 Mei 2022: Jakarta Pagi Berawan, Siang Hujan Ringan

Cuaca hari ini Senin (30/5/2022), langit pagi Jakarta diprediksi sebagiannya berawan, berawan tebal, juga hujan berintensitas ringan.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca hari ini Senin (30/5/2022), langit pagi wilayah DKI Jakarta diprediksi sebagian berawan, kemudian berawan tebal, dan juga hujan berintensitas ringan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca hujan ringan diperkirakan bakal mengguyur Jakarta Selatan pada pagi hingga siang hari nanti.

Sedangkan sisanya, seluruh wilayah Ibu Kota Jakarta diprediksi berawan, berawan tebal, dan cerah berawan pada pagi, siang, hingga malam nanti.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kep. Seribu, Jakut dan Jakbar pada dini hari," papar peringatan dini BMKG.

Sedangkan wilayah penyangga Ibu Kota, yaitu Bekasi, Jawa Barat, pagi hari ini diperkirakan hujan ringan, lalu siang hingga malam hari nanti berawan serta cerah berawan.

Sementara cuaca berawan diprediksi bakal menggelayuti langit Kota Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat pada pagi ini. Lalu siang nanti kedua wilayah dprediksi diguyur hujan berintensitas ringan hingga sedang.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Karawang," jelas peringatan dini BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi   Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Selatan   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Jakarta Utara   Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu   Berawan Tebal  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bekasi   Hujan Ringan  Berawan  Cerah Berawan
 Depok  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Kota Bogor    Berawan  Hujan Sedang  Cerah Berawan
 Tangerang  Berawan Tebal  Berawan  Berawan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepala BMKG Singgung Pentingnya Kolaborasi dalam Peringatan Dini Bencana Bersama Pejabat PBB

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati membuka acara Third Multi-Hazard Early Warning Conference (MHEWC-III) yang digelar di Bali, Senin 23 Mei 2022. Ketua BMKG membuka acara ini bersama pejabat tinggi PBB yang menangani isu bencana.

Acara ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Sendai Framework pada 2015. Sebelumnya sudah ada dua konferensi pendahulu di Meksiko dan Swiss. Pada 2022, beberapa yang jadi topik utama adalah perubahan transformatif, pemahaman risiko, peran perempuan, inklusivitas, sains-teknologi-inovasi, hingga kemitraan.

Dwikorita menyorot pentingnya kolaborasi dan kearifan lokal sebagai resiliensi untuk membantu dalam peringatan dini bencana. Resiliensi itu semakin kuat jika dipadukan dengan teknologi.

"Resiliensi kolaboratif seharusnya tidak hanya dikembangkan di level nasional saja, tetapi juga diimplementasikan untuk memperkuat kapasitas pemerintah lokal, dan pemimpin lokal atau adat, dan komunitas, berdasarkan pengetahuan dan kebijaksanaan mereka," ujar Dwikorita Karnawati pada konferensi di Bali.

3 dari 4 halaman

Resiliensi Lawan Bencana

Dwikorita berkata telah terbukti bahwa kearifan dan pengetahuan tradisional memiliki efek signifikan terhadap keberhasilan peringatan dini bencana, begitu pula aksi yang berdasarkan komunitas. Ia juga menyebut bahwa hal tersebut bisa ditunjang dengan teknologi.

"Ini disebut hybrid socio-technical early warning system yang tidak hanya efektif, tetapi juga lebih berkelanjutan," tegas Dwikorita.

Dwikorita juga menilai acara ini dilangsungkan pada waktu yang tepat di tengah pemulihan dari COVID-19. Resiliensi melawan bencana disebut salah satu bentuk resiliensi negara yang penting, selain resiliensi sosio-ekonomi. 

Acara konferensi ini merupakan bagian dari Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR). Presiden Jokowi dijadwalkan hadir pada 25 Mei 2022 besok.

4 dari 4 halaman

Peran Wanita

Mami Mazutori, ketua United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR), yang duduk di samping Dwikorita meminta agar para hadirin menggunakan kesempatan ini untuk mengembangkan pemahaman dalam hal mencegah bencana, serta mengumpulkan ide. 

Fokus Mami adalah supaya para wanita dan kelompok rentan lainnya juga dilibatkan dalam isu ini agar peringatan bencana bisa menolong orang sebanyak-banyaknya agar bisa ada sistem yang berpusat pada manusia.

Hal-hal yang disorot Mami seperti data, pengetahuan risiko (risk knowledge), pengelolaan risiko (risk governance), dan kesiapan.

"Kita harus sama-sama mencari cara-cara baru memperkuat kemitraan dan kolaborasi antar pemerintah dn lintas sektor, termasuk kemitraan dengan masyarakat sipil untuk memastikan orang-orang yang paling berisiko, perempuan, anak-anak, warga lansia, dan orang-orang dengan disabilitas, agar mereka semua disertakan dalam perencanaan aktual dan implementasi usaha-usha multi-hazard early warning system," ujar Mizutori.

UNDRR juga akan dirilis dalam panduan peringatan dini bencana untuk para praktisi. Panduan itu akan dirilis pada acara COP26, sehingga para peserta konferensi diminta agar memberikan pandangan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.