Sukses

Wapres Ma'ruf Amin: Kita Harus Ekspor Tanaman Hias ke Mancanegara

Wapres Ma'ruf Amin menyebut, salah satu jenis tanaman hias yang berpotensi dikembangkan di Indonesia yaitu Aglaonema.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menilai perlunya mengembangkan usaha tanaman hias lokal untuk memenuhi pasar di dalam negeri maupun mancanegara. Terlebih, ekspor tanaman hias mengalami pertumbuhan hingga 98 persen atau mencapai lebih dari USD 17 juta pada 2021.

"Mari kita majukan tanaman hias kita dengan memenuhi kebutuhan tanaman hias dari dalam negeri sendiri, bahkan justru kita harus mengekspor tanaman ini ke mancanegara," kata Ma'ruf Amin dalam acara Pembukaan Kontes Nasional Aglaonema Nusantara melalui konferensi video, Minggu (29/05/2022).

Menurut dia, tanaman hias memiliki potensi ekonomi. Tak hanya itu, kata Ma'ruf, proses pembudidayaan tanaman hias juga turut menjadi upaya menjaga kelestarian tanaman hias itu sendiri.

"Selain mempunyai potensi ekonomi yang besar, upaya pemenuhan kebutuhan tanaman hias dalam negeri menjadi proses pembudidayaan berbagai tanaman hias dalam menjaga kelestariannya," tutur Wapres.

Dia mengatakan, salah satu tanaman hias yang berpotensi untuk dikembangkan yaitu Aglaonema. Dia menyebut, tanaman tersebut cocok dikembangkan di lingkungan Indonesia yang beriklim tropis.

"Aglaonema sangat potensial untuk dikembangkan di dalam negeri, terlebih dengan dukungan iklim tropis di Indonesia," ujar dia.

"Potensi dalam negeri sangat memungkinkan apabila ada upaya untuk mengembangkannya. Pemerintah berharap agar para petani Aglaonema dapat berkembang maju," sambung Ma'ruf.

Dia berharap pengembangan Aglaonema oleh petani dapat terus meningkat. Dengan begitu, kebutuhan 600.000 pohon setiap bulannya dapat terpenuhi.

"Pemerintah berharap agar para petani Aglaonema ini dapat berkembang maju, sehingga kebutuhan setiap bulan, sekitar 600 ribu pohon dapat kita penuhi," ucap Wapres Ma'ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas SDM Petani Aglaonema

Dia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM pengembangan inovasi, serta kolaborasi lintas sektor. Khususnya, dalam pendampingan kepada petani Aglaonema.

"Kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan juga tidak kalah penting untuk memajukan sektor ini, di antaranya untuk keperluan pelatihan dan pendampingan kepada para petani hias Aglaonema," tutur Ma'ruf.

Sebelumnya, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Aglaonema Nusantara Agus Cholik mengajak seluruh penggiat Aglaonema untuk berkolaborasi memajukan Aglaonema Indonesia.

“Kami berharap dengan kondisi ini, seperti berkolaborasi bersama antara pemerintah, _stakeholder_ di Asosiasi Aglaonema Nusantara. Dan seluruh penggiat, mari bersama-sama untuk kita ciptakan swasembada Aglaonema di Indonesia,” ujar Agus.

Sebagai informasi, tanaman florikultura merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan memiliki prospek yang sangat cerah untuk komoditas unggulan ekspor maupun pemasaran dalam negeri.

Kontes Aglaonema Nusantara merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Aglaonema Nusantara (ASA), yang menilai Aglaonema dari berbagai kelas, seperti kelas jouvenille, kelas tunggal dewasa, hingga kelas majemuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.