Top 3 News: Kendala Tim SAR Temukan Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 29 Mei 2022, 11:16 WIB
Diperbarui 29 Mei 2022, 11:23 WIB
Konferensi pers oleh KBRI Bern, Swiss dalam upaya pencarian Eril, putra sulung Ridwan Kamil oleh Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Hadad (tengah).
Perbesar
Konferensi pers oleh KBRI Bern, Swiss dalam upaya pencarian Eril, putra sulung Ridwan Kamil oleh Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Hadad (tengah) pada Sabtu (28/5/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki hari keempat pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, tim SAR setempat dilaporkan menemui sejumlah kendala.

Salah satunya akibat derasnya arus dan keruhnya air Sungai Aare. Hal ini diungkap Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad saat jumpa pers, Sabtu, 28 Mei 2022.

Muliaman menambahkan, guna menambah probalitas ditemukannya anak anak Ridwan Kamil tersebut, pencarian bisa dilakukan pada akhir pekan.

"Hari Sabtu dan Minggu ini probabilitas lebih tinggi karena banyak orang (wisata) ke sungai jadi masyarakat bisa membantu pencarian jadi kita terus berdoa," jelas Muliaman.

Masih terkait hilangnya anak sulung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman selaku paman dan perwakilan keluarga mengatakan, saat insiden terjadi sempat terdengar suara minta tolong saat Eril terbawa hanyut arus Sungai Aare, Kamis, 26 Mei lalu.

Sementara itu, hingga Sabtu 28 Mei kemarin, proses pencarian Eril dilaporkan dibantu dengan pesawat tanpa awak atau drone. Tim penyelam setempat juga telah diturunkan.

Koordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk melakukan upaya pencarian, termasuk dengan polisi, rumah sakit dan hotel di sekitar lokasi juga dilakukan untuk melakukan penyusuran di sungai tersebut. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 28 Mei 2022:


1. Dubes RI Sebut 99,9 Persen Orang yang Hanyut di Sungai Aare Ditemukan 3 Pekan

Foto Emmeril Kahn
Perbesar
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @fatih_indonesia/https://www.instagram.com/p/BxU0QrfHTc5/Devita)

Duta Besar Republik Indonesia Muliaman Hadad menyampaikan, pencarian korban hilang karena hanyut terbawa deras arus Sungai Aare umumnya dapat ditemukan. Namun demikian, waktunya yang berbeda-beda bergantung pada situasi dan kondisi cuaca.

“Tiga hari pertama sering ditemukan. Tapi, mayoritas kejadian 99,9% ditemukan 3 minggu, itu menurut Tim Search and Rescue (SAR) berdasar pengalaman mereka selama bertahun-tahun,” kata Muliaman saat jumpa pers daring, Sabtu (28/5/2022).

Muliaman menambahkan, derasnya arus dan keruhnya air menjadi kendala petugas SAR. Dia berharap, dalam satu dan dua hari ke depan, cuaca bisa cerah sehingga memudahkan proses pencarian. 

"Kendalanya sangat alami, sehingga 1-2 hari ini semoga cerah agar memudahkan pencarian,” jelas dia.

Selain itu, menurut Muliaman, pencarian di akhir pekan bisa lebih mudah sebab banyaknya wisatawan dapat menambah probalitas ditemukannya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril).

 

Selengkapnya...


2. Terdengar Teriakan 'Help' Saat Putra Ridwan Kamil Terseret Arus Sungai Aare

Foto Emmeril Kahn
Perbesar
6 Potret Emmeril Kahn Mumtaz Putra Sulung Ridwan Kamil, Berjiwa Sosial (Sumber: Instagram/emmerilkahn)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat kabar buruk saat tengah kunjungan kerjanya ke Inggris, Kami 26 Mei 2022. Putra sulungnya yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dilaporkan hanyut terbawa arus Sungai Aare di Bern, Swiss.

Kepada media, adik dari Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, mengatakan sempat terdengar teriakan: "Help" atau Tolong saat insiden terjadi.

"Pada saat kejadian informasi dari keluarga, memastikan dua orang (yang berenang bersama Eril, adik dan temannya) sudah sampai. Mungkin ada sesuatu yang tidak terduga terbawa hanyut, Eril berteriak 'help'," kata Elpi saat jumpa pers daring, Sabtu (28/5/2022).

Eril menambahkan, keluarga yang mendengar hal tersebut langsung bertindak segera untuk melaporkan ke otoritas sungai terkait guna memberi pertolongan.

Dijelaskan secara terpisah oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, pertolongan cepat otoritas tim pencari atau search and rescue (SAR) langsung menyisir sungai dengan menerbangkan drome thermal. Muliaman mengatakan, penggunaan drone thermal guna mendeteksi suhu panas tubuh yang ada di dalam air.

“Mereka (Tim SAR) sudah melalukan pencarian darurat pada pukul 10 pagi waktu swiss, polisi menyampaikan telah membentuk tim yang menyisir area potensial di sunga, terdiri dari polisi sungai, polisi medis dan tim pemadam dengan sensor drone yang mendeteksi panas tubuh dan suhu air di sungai 16 derajat celcius dengan arus kuat," ujar Muliaman.

 

Selengkapnya...


3. Perkembangan Terbaru atas Hilangnya Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Swiss

Foto Emmeril Kahn
Perbesar
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @qaka.attamimi/https://www.instagram.com/p/BxYlmighvGI/Devita)

Perkembangan terbaru terkait pencarian anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, belum lama ini dilaporkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad.

Lewat konfrensi pers yang digelar secara daring hari ini, Sabtu (28/5/2022) dia menyatakan bahwa pencarian Eril, sapaan akrab Emmeril Kahn Mumtadz, tidak ada penetapan batas waktu.

"Sebetulnya tidak ada batas waktu maksimum kapan pencarian ini akan dihentikan, karena ketika kemarin kami bertemu dengan tim SAR dan polisi sungai mereka mengatakan adalah menjadi tugas kami untuk memastikan keamanan sungai ini," ujar Muliaman dalam konferensi pers secara daring, Sabtu dilansir Antara.  

Muliaman juga menjelaskan bahwa Tim SAR setempat akan menggunakan drone guna menyisir Sungai Aare serta diterjunkan tim penyelam.

Untuk diketahui, sebelum anak Ridwan Kamil terbawa arus sungai yang cukup deras, Eril tengah berenang bersama kawan dan sang adik.

Saat itu Eril mengalami kesulitan untuk naik ketika selesai berenang sebelum kemudian terbawa arus Sungai Aare, Swiss.

Atas musibah yang terjadi, Elpi menuturkan bahwa keluarga tabah menghadapi ujian ini dan memohon doa agar Eril segera ditemukan.

 

Selengkapnya...

Infografis Dicabutnya Dukungan Golkar untuk Ridwan Kamil
Perbesar
Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya