Formula E Jakarta Gaet 7 Sponsor Dalam Negeri

Oleh Mevi Linawati pada 29 Mei 2022, 07:26 WIB
Diperbarui 29 Mei 2022, 07:26 WIB
Begini Wujud Replika Mobil Formula E
Perbesar
Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni melakukan pengecekan replika mobil Formula E saat dibuka untuk kali pertama di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Kamis (26/5/2022). Ini merupakan replika salah satu mobil Formula E yang akan mengaspal di Sirkuit Ancol pada 4 Juni mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu 4 Juni 2022.

"Benar ada tujuh sponsor," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, di Jakarta, Sabtu 28 Mei 2022, seperti dikutip dari Antara.

Namun dia tidak memberikan detail nilai kontrak atau nominal total sponsor yang dikucurkan tujuh merek tersebut.

Adapun tujuh sponsor dalam negeri itu yakni perusahaan ritel telepon seluler dan gawai, bank swasta nasional, hotel, ritel produk elektronik, produk gula, produk makanan, dan perusahaan kosmetika.

Sebelumnya, Sahroni mengatakan untuk perusahaan kosmetika itu memberikan sponsor senilai Rp5 miliar.

Ia juga sempat menyebutkan bahwa balap mobil listrik itu juga mendapat dukungan sponsor sebesar Rp100 miliar dari salah satu konsorsium perusahaan hiburan. Namun, ia tidak membeberkan apa nama perusahaan hiburan yang mengucurkan dana kepada panitia penyelenggara Formula E Jakarta.

"Ada satu grup 'entertainment' beri Rp100 miliar. Nanti saya beri tahu namanya itu dari dalam negeri," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni di Jakarta, Kamis 26 Mei 2022.

Beberapa waktu lalu panitia penyelenggara Formula E Jakarta sempat mendapatkan sorotan terkait adanya sponsor perusahaan bir.

Sahroni pun kembali menegaskan bahwa perusahaan bir itu merupakan sponsor global dari Formula E Operation (FEO).

 


Sponsor Perusahaan Bir

Ajang Formula E Jakarta Siap Digelar
Perbesar
Foto udara memperlihatkan Jakarta International E-Prix Circuit di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Federation Internationale de Automobile (FIA) Formula E Jakarta E-Prix menyatakan ajang balap mobil listrik pada 4 Juni mendatang diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap kebangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 yang bakal dirasakan pelaku usaha dan masyarakat melalui Jakarta E-Prix. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski menjamin tidak ada logo dan penjualan bir di lokasi sirkuit, namun ia tidak membeberkan apakah dukungan sponsor dari perusahaan bir itu tetap mengalir untuk ajang di Jakarta.

Sahroni mengatakan logo perusahaan bir itu akan diganti dengan tulisan When you drive, never drink atau "saat menyetir, jangan minum".

Begitu juga ketika selebrasi kemenangan, lanjut dia, pihaknya tidak menggunakan selebrasi minuman beralkohol seperti yang biasa dilakukan di negara lain.

"Kami sudah bersepakat bahwa tidak akan ada logo Heineken di area sirkuit. Selain itu, tidak akan ada penggunaan 'campagne' beralkohol dalam acara penyerahan piala juara," ucapnya.

Apabila mencermati laman di fiaformulae.com, sponsor bir dengan warna hijau dan bintang merah itu menjadi salah satu mitra Formula E global.

Selain bir, ada juga sponsor dari maskapai penerbangan, merek jam tangan hingga perusahaan jasa ekspedisi internasional.

Sedangkan sponsor untuk Formula E di Jakarta masih sama dengan sponsor secara global, namun ada tambahan logo Jakpro dan Jakarta Kota Kolaborasi.


Tiket VIP hingga VVIP Formula E Jakarta Sudah Ludes Terjual

Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni unboxing replika mobil Formula E yang akan mengaspal pada 4 Juni 2022. (Merdeka/Bachtiarudin Alam)
Perbesar
Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni unboxing replika mobil Formula E yang akan mengaspal pada 4 Juni 2022. (Merdeka/Bachtiarudin Alam)

 Tiket ajang balap mobil listrik Jakarta E-Prix atau Formula E Jakarta untuk kelas VIP dan VVIP sudah ludes terjual. Ajang ini akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni menyampaikan, bahwa tiket balap mobil listrik untuk kategori yang ada di dalam sirkuit sudah habis terjual.

"Yang pasti tiket di dalam sirkuit semuanya sold out," kata Sahroni kepada wartawan di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (26/5/2022).

Dia bilang, tiket untuk kategori di dalam sirkuit yakni VIP, VVIP, dan Deluxe Suite sangat laku terjual. Kategori tersebut dijual dengan harga VIP Segarra Suite 1C Rp 3.450.000 per orang, Jimbaran Suite 1D Rp 3.450.000 per orang, dan Ombak Laut Suite 1E Rp 2.300.000 per orang.

Kemudian untuk tiket kategori VVIP Jakarta Deluxe Suite 1B masih tersedia dengan harga Rp 8.625.000 per orang. Sementara untuk kategori VVIP Jakarta Royal Suite 1 A tersisa empat tiket dengan harga Rp 11.500.000 per orang.

"Tinggal beberapa lagi yang royal suite, ada beberapa tinggal empat yang tersedia di website," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini.

Selain kategori VIP dan VVIP, khusus untuk kategori Grandstand yang terbagi dalam sembilan zona (A-I) juga telah ludes terjual. Sementara untuk Grandstand masih tersisa kategori 3 atau Circuit Festival dengan harga Rp 517.500 per orang.

Sementara tiket Formula E Jakarta yang masih tersisa banyak ada pada kategori 4 atau Ancol Festival juga masih tersedia dengan harga Rp 287.500 per orang

Adapun gelaran Formula E, Jakarta akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022. Ahmad Sahroni berharap balap mobil listrik pertama di Indonesia ini bisa berlangsung dengan baik.

"Semoga 4 Juni berjalan baik dan tidak kekurangan satu apapun," ucap politikus Partai NasDem ini.


Jadwal Formula E Jakarta

Begini Wujud Replika Mobil Formula E
Perbesar
Petugas mengelap replika mobil Formula E setelah dibuka untuk kali pertama di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Kamis (26/5/2022). Ini merupakan replika salah satu mobil Formula E yang akan mengaspal di Sirkuit Ancol pada 4 Juni mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hanya tinggal menunggu hitungan hari, gelaran ajang internasional balap mobil listrik Formula E bakal resmi digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022.

Khusus untuk di Jakarta sendiri jadwal pelaksanaan Formula E yang dimulai pada 4 Juni 2022 bakal diawali dengan dua latihan bebas, dan satu kali kualifikasi.

Sesi latihan bebas pertama akan dilangsungkan pada pukul 07.10 – 07.55 pagi WIB. Berlanjut pada sesi latihan bebas kedua yang akan dihelat pada pukul 08.55 – 09.40 pagi WIB. Usai sesi latihan bebas, para pembalap akan menghadapi sesi kualifikasi.

Sesi ini diprediksi akan berlangsung panas mengingat hasil kualifikasi akan menentukan posisi pembalap di grid. Sesi kualifikasi sendiri akan berlangsung pada pukul 10.30 -12.15 siang WIB.

Setelah sesi kualifikasi, para pembalap beserta tim akan terlebih dahulu beristirahat sebelum balapan resmi dimulai. Balapan resmi FE Jakarta 2022 akan dilangsungkan pada pukul 14.30 – 16.30 sore WIB.

 

Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya