Atap Tribun Sirkuit Formula E Ambruk, Polisi Akan Temui Kontraktor Minta Penjelasan

Oleh Ady Anugrahadi pada 28 Mei 2022, 21:08 WIB
Diperbarui 28 Mei 2022, 21:08 WIB
Ajang Formula E Jakarta Siap Digelar
Perbesar
Foto udara memperlihatkan Jakarta International E-Prix Circuit di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Federation Internationale de Automobile (FIA) Formula E Jakarta E-Prix menyatakan ajang balap mobil listrik pada 4 Juni mendatang diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap kebangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 yang bakal dirasakan pelaku usaha dan masyarakat melalui Jakarta E-Prix. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Polisi berencana menemui pihak kontraktor yang membangun sirkuit Formula E. Hal ini menyusul robohnya atap tribun sirkuit Formula E pada Jumat malam, 27 Mei kemarin.

"Nanti bakal jemput bola untuk memberikan saran dan masukan serta penekanan kepada kontraktor," kata Kapolsek Pademangan Kompol Happy Saputra kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

Happy menerangkan, ia hendak meminta penjelasan kepada pihak kontraktor terkait penyebab robohnya atap tersebut dan sekaligus memberikan saran kepada pihak kontraktor agar kejadian serupa tak terulang lagi di kemudian hari.

"Kami ke sana kan mungkin pas hari kerja. Kita rencananya akan berdiskusi dan penekanan serta masukan jangan sampai pada hari H (terjadi lagi)," ucap dia.

Peristiwa robohnya atap tribun sirkuit Formula E terjadi pada Jumat kemarin sekitar pukul 23.00 WIB.  Tidak ada korban dalam insiden tersebut.

"Jadi kejadian itu kemarin ya, semalam jam 11. Itu merusak atap tribun cuma tidak ada korban jiwa," ujar dia.

 

Sebelumnya, Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, membenarkan kejadian itu. Menurut Sahroni, angin kencang menjadi penyebab robohnya atap tribun itu.

"Tribun yang roboh, itu kejadian tadi malam jam 23.00 Wib, ada badai, angin kenceng dan hujan luar biasa. Tapi tadi pagi langsung dikerjakan," ujar Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni saat dikonfirmasi Merdeka, Sabtu. 

Sahroni mengatakan, evaluasi akan dilakukan setelah kejadian atap tribun yang roboh. Tapi, dia memastikan bahwa tenda VIP dan VVIP di Sirkuit Formula E masih aman terkendali.

 


Daftar Tim, Pembalap dan Jadwal Race Formula E Jakarta

Foto: Melihat Kesibukan Pekerja Jelang Balapan Formula E di Jakarta
Perbesar
Lintasan balap sirkuit yang berlokasi di Ancol Timur, Tanjung Priok, Jakarta itu tampak sudah rapi dan siap digunakan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, sebanyak 22 pembalap dari 11 tim mobil listrik bakal tampil di balapan pertama yang berlangsung di Indonesia tersebut.

Dikutip dari laman resmi jakartaeprixofficial, berikut ini daftar tim dan pembalap Formula serta jadwal race Formula E yang akan berlangsung pada bulan Juni mendatang.

Saat ini klasemen kejuaraan Formula E 2022 dipimpin oleh Stoffel Vandoorne dari tim Mercedes-EQ, yang meraih 111 poin dari 8 balapan yang sudah dijalani. Selain itu, ada Nick de Vries yang juga berada di tim Mercedes-EQ.

Ada juga pembalap dari tim Rokit Venturi Racing, Edoardo Mortara dan Lucas Di Grassi. Sementara di tim DS Techeetah ada nama Jean-Eric Vergne dan Antonio Da Costa.

Selanjutnya pada tim Jaguar TCS ada Mith Evans dan Sam Bir. Lalu pada Envision Racing, ada Robin Frijns dan Nick Cassidy.

Pada tim TAG Heuer Porsche ada Andre Lotterer dan Pascal Wehrlein. Dan di tim Avalanche Andretti ada Jake Dennis dan Oliver Askew.

Sedangkan dalam tim Mahindra Racing ada Oliver Rowland, Alexander Sims. Sementara tim Nissan E.Dams ada Sebastian Buemi, Maximilian Gunther.

Pada tim NIO 333 FE Team ada nama Oliver Turvey, Dan Ticktum. Terakhir di tim Dragon/Penske Autosport ada Sergio Sette Camara dan Antonio Giovinazzi.

Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya