Sukses

Covid-19 Melandai, BIN Sulawesi Utara Justru Intensifkan Vaksinasi

Vaksinasi booster yang diintensifkan jajarannya sebagai tahap lanjutan dari vaksinasi dosis primer yang kini sudah berada diatas 70 persen. Hal ini dilakukan supaya capaian target dosis primer dan booster bisa berada di angka yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Covid-19 di tanah air terus menurun secara signifikan. Di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) misalnya, pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan isolasi tersisa 29 orang atau 0,06 persen dari seluruh kasus. Angka kesembuhan meningkat, kasus baru menurun.

Meski demikian, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulut tidak lantas mengendurkan kegiatan vaksinasi. Sebaliknya, Tim Vaksinasi BIN Daerah Sulut justru meningkatkan akselarasi pencapaian target. Terutama  untuk mengejar rasio  vaksinasi booster.

Kepala BIN Daerah Sulut, Laksamana Pertama TNI Adriansyah mengatakan, jajarannya terus menggunakan metode jemput bola agar capaian vaksinasi booster di Sulut mengalami eskalasi yang signifikan.

"Sebagai contoh, vaksinasi yang kita gelar di Kecamatan Matuari, Kota Bitung ini menggunakan dua metode. Yang pertama dengan menyediakan sentra vaksinasi di puskesmas setempat, dan yang kedua dengan mendatangi rumah-rumah warga. Dengan cara seperti ini, kita berharap mayoritas warga Sulut akan segera tervaksin dosis booster," ujar Adriansyah di Manado, Kamis (26/5/2022).

Adriansyah melanjutkan, vaksinasi booster yang diintensifkan jajarannya sebagai tahap lanjutan dari vaksinasi dosis primer yang kini sudah berada diatas 70 persen. Hal ini dilakukan supaya capaian target dosis primer dan booster bisa berada di angka yang sama.

"Sejauh ini, capaian target vaksinasi di wilayah kami untuk dosis satu mencapai 89,69 persen dan dosis dua mencapai 66,53 persen. Atas hasil tersebut, kami gencarkan ke tahap vaksinasi booster supaya capaiannya bisa sama seperti vaksin dosis dan dua," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Rasio Kasus Covid-19

Kabinda Sulut ini meyakini, ikhtiar jajarannya dalam gelaran vaksinasi dapat menekan rasio kasus positif di wilayahnya secara signifikan.

Dengan begitu, pandemi Covid-19 akan berakhir pada waktunya.

"Kami optimistis, berbagai cara yang dilakukan Binda Sulut  bekerjasama dengan seluruh stakeholder dapat menekan laju penularan Covid-19 dan memertahankan positivity rate di bawah satu persen, sehingga kita bisa menyongsong pandemi ini menuju endemi secara cepat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.