Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Pihak Keluarga Minta Doa ke Seluruh Warga

Oleh Winda Nelfira pada 27 Mei 2022, 13:55 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 14:10 WIB
Belum Ditemukan, Ini 6 Potret Kebersamaan Ridwan Kamil dan Putra Sulungnya
Perbesar
Ridwan Kamil dan Putra Sulungnya (Sumber: Instagram/fatih_indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz masih belum ditemukan setelah dikabarkan hanyut di Sungai Aaree yang berlokasi di Bern, Swiss. Pihak keluarga pun meminta masyarakat membantu doa agar Eril, sapaan Emmeril, segera ditemukan.

Elpi Nazmuzaman, paman Eril menuturkan, pencarian sudah dilakukan selama enam jam pada Kamis, 26 Mei 2022, namun belum membuahkan hasil. Alhasil pencarian dihentikan dikarenakan hari sudah mulai gelap.

"Berdasarkan informasi yang kami terima sampai dengan jam 11 tadi malam berarti di sana kurang lebih jam 6 sore, belum ditemukan Eril begitu," kata pihak keluarga, Elpi Nazmuzaman dalam keterangan Pers Virtual, Jumat (27/5/2022).

Elpi menyatakan, pihak keluarga memohon doa untuk keselamatan Emmeril Khan Mumtadz kepada seluruh masyarakat. Saat ini, lanjut Elpi hanya doa yang dapat dilakukan oleh seluruh keluarga dan kerabat yang ada di Indonesia.

"Kami atas nama keluarga mohon doanya dari seluruh warga, dari seluruh kerabat agar dimudahkan bertemu kembali dengan Eril dalam keadaan selamat. Tentu semua ini adalah upaya dari keluarga yang bisa dilakukan karena tidak ada harapan yang bisa kami gantungkan kecuali pada Allah SWT yang maha kuasa," kata Elpi.

Elpi menyatakan, saat ini Eril masih dalam pencarian tim SAR dan pihak otoritas Swiss. Pihak keluarga bersama dengan Pemprov Jawa Barat berjanji akan terus memberikan informasi terbaru seputar proses pencarian Eril.

"Sekali lagi terima kasih banyak atas perhatiannya. Untuk selanjutnya apabila ada update dari pihak keluarga, nanti saya yang kemudian akan mewakili selanjutnya secara periodik bersama-sama pihak Provinsi Jawa Barat," jelas dia

Emmeril Kahn Mumtaz atau biasa dipanggil Eril hilang di sungai Aaree, Swiss saat berenang bersama sang adik. Saat itu keluarga sedang berada di Swiss mencari sekolah untuk Eril melanjutkan ke jenjang S2.

"Kebetulan Eril dan keluarga melakukan lawatan ke Swiss dalam rangka untuk mencari sekolah S2 dan Beasiswa bagi Eril yang sebentar lagi akan lulus S1. Dan juga adiknya yang akan masuk ke perguruan tinggi," ucap dia.


Anak Ridwan Kamil Hilang, Polri Akan Minta Terbitkan Yellow Notice ke Interpol Swiss

Foto Emmeril Kahn
Perbesar
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @qaka.attamimi/https://www.instagram.com/p/BxYlmighvGI/Devita)

Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss. Polri pun turut berupaya mengambil tindakan dengan berkoordinasi ke pihak interpol Swiss untuk menerbitkan pencarian orang atau Yellow Notice.

"Identitas korban sedang kita mintakan via Polda Jabar untuk kita mintakan Yellow Notice ke interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Menurut Dedi, sejauh ini komunikasi dengan pihak kepolisian Swiss dilakukan secara informal lewat metode police to police. Seluruh perkembangan penanganan upaya pencarian anak Ridwan Kamil pun terus dipantau oleh Polri.

"Itu langkah-langkah yang diambil oleh Hubinter Sekretariat NCB," kata Dedi.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menyebut tim gabungan akan memperluas area pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

"Pencarian akan dilanjutkan hari ini, 27 Mei 2022, pada cakupan lokasi yang lebih luas," ujar Judha saat dikonfirmasi, Jumat, (27/5/2022).

Judha mengatakan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian serta tim SAR setempat dan pihak keluarga Ridwan Kamil.

Dia menyebut, tim gabungan sudah berusaha mencari Emmeril sejak kemarin. Pencarian akan dilanjutkan pada hari ini.

"Upaya pencarian langsung dilakukan pada tanggal 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," kata dia.


Doa Warganet Banjiri Twitter Agar Anak Ridwan Kamil Cepat Ditemukan

Anak Ridwan Kamil Hilang di Swiss, Unggahan Terakhir Emmeril Kahn Banjir Doa Warganet
Perbesar
Emmeril Kahn Mumtadz (@emmerilkahn/instagram.com)

Anak sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan hilang saat berenang di sungai Aaree, Swiss.

Berdasarkan laporan pihak keluarga, pria yang biasa dipanggil Eril itu menghilang pada Kamis 26 Mei 2022 siang hari waktu setempat.

"Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi," ungkap Elpi Nazmuzaman dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

Sontak kabar ini langsung menjadi perbincangan warganet di media sosial. Berbagai doa dan harapan agar anak Ridwan Kamil cepat ditemukan pun mulai membanjiri Twitter.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengajak warga Jabar untuk mendoakan keselamatan bagi putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz. Eril, sapaan Emmeril, dikabarkan hanyut terbawa arus saat di sungai.

"Yang terhormat bapak ibu sekalian para kepala OPD dan biro, kami mengajak untuk hari Jumat berkah ini bersama semua ASN Jawa Barat ikut mendoakan pada saat setelah jumaatan. Ajakan doa bersama untuk keselamatan putera Ridwan Kamil tentunya ditujukan kepada semua warga masyarakat Jabar," kata Ika dalam pesan singkat, Jumat (27/5/2022).


Kronologi Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz Hilang di Swiss

Belum Ditemukan, Ini 6 Potret Kebersamaan Ridwan Kamil dan Putra Sulungnya
Perbesar
Ridwan Kamil dan Putra Sulungnya (Sumber: Instagram/qka.attamimi)

Anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan hilang saat berenang di Swiss.  Musibah yang terjadi pada Emmeril Khan Mumtadz itu terjadi di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu setempat.

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengungkapkan, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan pendidikan S2. 

Saat kejadian, Ridwan Kamil tengah melakukan perjalanan di Inggris untuk melakukan kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

"Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi," ungkap Elpi dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, dikutip Jumat (27/5/2022).

Elpi juga membeberkan kronologi hilangnya pria yang biasa dipanggil Eril di Swiss.

 "Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," cerita Elpi.

Dia melanjutkan, Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana. 

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril Khan Mumtadz," tutur Elpi.

Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker
Perbesar
Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya