4 Fakta Hilangnya Anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtaz di Sungai Aare Swiss

Oleh Maria Flora pada 27 Mei 2022, 13:35 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 13:35 WIB
Foto Emmeril Kahn
Perbesar
6 Potret Emmeril Kahn Mumtaz Putra Sulung Ridwan Kamil, Berjiwa Sosial (Sumber: Instagram/emmerilkahn)

Liputan6.com, Jakarta Pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtaz atau akrab disapa Epil kini memasuki hari kedua. Setelah sehari sebelumnya ditunda akibat kondisi cuaca yang mulai gelap.

Belakangan diketahui kedatangan anak Ridwan Kamil ke Swiss untuk mencari perguruan tinggi pada jenjang S2. Epil tak ditemani kedua orangtuanya lantaran tengah melakukan kunjungan kerja ke negeri para raja, Inggris.

Saat ini, Ridwan Kamil telah berada di Swiss. Dia berterima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu pencarian Epil yang hilang terbawa arus Sungai Aare, Kamis siang, 26 Mei kemarin.

Hilangya Epil pertama kali disampaikan Elpi Nazmuzaman, selaku perwakilan keluarga Kang Emil.

"Bahwa benar anak pertama kakak kami, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau biasa dipanggil Eril mengalami musibah di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss," kata Elpi. 

Elpi menuturkan saat hendak naik ke permukaan usai berenang di Sungai Aare bersama adik dan kawannya, Eril terseret arus yang cukup deras. Sebelumnya, dia sempat mendapat bantuan dari kawannya.

Sementara itu, doa bersama rencanannya akan digelar pihak Pemprov Jabar untuk keselamatan anak Ridwan Kamil. Informasi tersebut disampaikan pihak Pemprov Jabar lewat akun Twitter @jabarprovgoid Jumat (27/5/2022). Rencananya akan digelar di di Masjid Al-Mutaqqin Gedung Sate.

"Doa bersama! Memohon pertolongan Allah SWT., agar Emmeril Khan Mumtadz (putra sulung Kang Emil @ridwankamil) segera ditemukan dalam keadaan sehat wal afiat 🙏" tulis akun Pemprov Jabar.

Berikut fakta-fakta hilangnya anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtaz setelah terbawa arus Sungai Aere, Bern, Swiss:


1. Kronologi Hilangnya Anak Ridwan Kamil

Foto Emmeril Kahn
Perbesar
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @qaka.attamimi/https://www.instagram.com/p/BxYlmighvGI/Devita)

Emmiril Khan Mumtadz yang diketahui merupakan anak laki-laki Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dilaporkan hilang terseret arus Sungai Aare, Swiss, Kamis siang kemarin waktu setempat.

Emmiril terseret arus ketika sedang berenang. Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad, menyebut bahwa tim SAR dan pihak berwenang masih terus melakukan pencarian.

Eril diketahui tengah berenang bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya.

Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah. Ketika peristiwa itu terjadi, Ridwan Kamil tengah berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Pencarian sempat dihentikan sementara pada 26 Mei 2022 karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan keesokan paginya.

Pihak keluarga Ridwan Kamil sendiri tengah berada di Swiss. Emmeril Khan Mumtadz merupakan anak pertama dari Ridwan Kamil dan istri, Atalia Praratya.


2. Masih dalam Pencarian Tim SAR

Sungai Aare
Perbesar
Pemuda melompat untuk berenang di Sungai Aare, lokasi putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, dilaporkan terseret arus. (FABRICE COFFRINI/AFP)

Saat ini Tim SAR pemerintah setempat masih melakukan pencarian. "Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi," ucap Perwakilan Keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

"Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan 6 jam (26 Mei jam 23  WIB) dan kami berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat," lanjut Epil.  

Epil menceritakan, sebelum kejadian tersebut,  Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. 

"Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah,” ucap dia.  

Sementara itu, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menyebut tim gabungan akan memperluas area pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

"Pencarian akan dilanjutkan hari ini, 27 Mei 2022, pada cakupan lokasi yang lebih luas," ujar Judha saat dikonfirmasi, Jumat, (27/5/2022).

Judha mengatakan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian serta tim SAR setempat dan pihak keluarga Ridwan Kamil.


3. Berada di Swiss untuk Mencari Sekolah

Foto Emmeril Kahn
Perbesar
Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @fatih_indonesia/https://www.instagram.com/p/BxU0QrfHTc5/Devita)

Anak Ridwan Kamil, Emmiril atau yang akrab disapa Eril itu tengah berada di Swiss untuk mencari sekolah karena dia akan melanjutkan ke jenjang S2 atau pascasarjana.

Eril dilaporkan terseret arus sungai ketika sedang berenang di sungai Aare. Kala itu, dia berenang bersama adik dan kawannya.

Ketika peristiwa itu terjadi, Ridwan Kamil tengah berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

"Pak Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat," kata perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman. 

Sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad, sebelumnya menyebut bahwa tim SAR dan pihak berwenang masih terus melakukan pencarian terhadap Eril, pada Kamis 26 Mei 2022.


4. Polri Akan Minta Terbitkan Yellow Notice

Belum Ditemukan, Ini 6 Potret Kebersamaan Ridwan Kamil dan Putra Sulungnya
Perbesar
Ridwan Kamil dan Putra Sulungnya (Sumber: Instagram/qka.attamimi)

Sementara itu, Polri pun turut berupaya mengambil tindakan dengan berkoordinasi ke pihak interpol Swiss untuk menerbitkan pencarian orang atau Yellow Notice.

"Identitas korban sedang kita mintakan via Polda Jabar untuk kita mintakan Yellow Notice ke interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Menurut Dedi, sejauh ini komunikasi dengan pihak kepolisian Swiss dilakukan secara informal lewat metode police to police. Seluruh perkembangan penanganan upaya pencarian anak Ridwan Kamil pun terus dipantau oleh Polri.

"Itu langkah-langkah yang diambil oleh Hubinter Sekretariat NCB," kata Dedi.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha menyebut tim gabungan akan memperluas area pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

Infografis Dicabutnya Dukungan Golkar untuk Ridwan Kamil
Perbesar
Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya