Sukses

Gelontorkan Rp15,3 Miliar, Pemkot Depok Perbaiki Jembatan GDC

Banyaknya keluhan dan pengaduan rusaknya jalan dan jembatan yang menghubungkan wilayah Ciliwung Grand Depok City (GDC) menuju Jalan Raya Citayam membuat Pemerintah Kota Depok akan melakukan perbaikan. Rencananya perbaikan jalan dan jembatan GDC akan menelan anggaran Rp15,3 Miliar.

Liputan6.com, Depok - Banyaknya keluhan dan pengaduan rusaknya jalan dan jembatan yang menghubungkan wilayah Ciliwung Grand Depok City (GDC) menuju Jalan Raya Citayam membuat Pemerintah Kota Depok akan melakukan perbaikan. Rencananya perbaikan jalan dan jembatan GDC akan menelan anggaran Rp15,3 Miliar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, Pemerintah Kota Depok telah merencanakan untuk perbaikan fisik di Jalan Raya GDC khususnya di jembatan Ciliwung. Pengerjaan jembatan tersebut akan dilaksanakan setelah terjalin kontrak dengan pemenang lelang.

“Lelangnya dilaksanakan pada Juni karena pekerjaan fisik menggunakan anggaran sebesar Rp15,3 miliar,” ujar Citra kepada Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

Citra menjelaskan, pengerjaan perbaikan jalan dan jembatan akan dilakukan mulai pintu masuk GDC dari arah Jalan Raya Citayam. Nantinya jalan yang diperbaiki memiliki lebar jalan 14 meter namun untuk jalur lambat enam meter.

“Ketinggian permukaan jalan bervariasi sekitar 25 sampai 30 senti meter tergantung muka jalan,” jelas Citra.

Citra mengungkapkan, perbaikan di jalan tersebut terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu. DPUPR Kota Depok akan melaksanakan perancangan Detail Engineering Design (DED) hingga pelaksanaan lelang.

“Apabila tidak ada hambatan pengerjaan akan dilaksanakan pada Agustus mendatang,” ungkap Citra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

DPUPR Kota Depok belum dapat memastikan batas awal pengerjaan dari Jalan Raya Citayam hingga akhir jalan yang akan diperbaiki. Namun dipastikan akan ada pengerjaan crossingan di perempatan KSU.

“Pengerjaan perbaikan sekitar empat bulan namun kami fokus untuk perbaikan jalur cepat terlebih dahulu,” ucap Citra.

Apabila pekerjaan tersebut belum dapat diselesaikan sesuai rencana, akan dilakukan pengerjaan pada tahun depan. Terkait rekayasa lalu lintas saat pengerjaan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk rekayasa lalu lintas.

“Rekayasa lalu lintasnya masih dirundingkan dengan pihak terkait,” terang Citra.

3 dari 3 halaman

Rehabilitas

Citra menambahkan, DPUPR turut melakukan rehabilitas jembatan GDC yang memiliki panjang 78 meter dan lebar 12,2 meter, serta lebar pedestrian mencapai dua meter. Pengerjaan akan dilaksanakan pada Agustus mendatang dengan anggaran sekitar Rp1,6 miliar.

“Nantinya di jembatan itu aka nada ornamen khas pada railing jembatan menggunakan konsep etnik dan futuristik,” pungkas Citra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.