Sukses

Gempa Magnitudo 3,0 Getarkan Kota Palu Sulawesi Tengah

Seperti dikutip dari laman BMKG, pusat gempa berada di darat delapan kilometer timur Palu, tepatnya di titik koordinat 0,91 Lintang Selatan (LS) dan 119,94 Bujur Timur (BT).

Liputan6.com, Jakarta - Kota Palu, Sulawesi Tengah atau Sulteng diguncang gempa dangkal dengan magnitudo 3,0 pada Kamis (26/5/2022) malam tepatnya pukul 23.55 WIB.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut hanya memiliki kedalaman tujuh kilometer.

Seperti dikutip dari laman BMKG, pusat gempa berada di darat delapan kilometer timur Palu, tepatnya di titik koordinat 0,91 Lintang Selatan (LS) dan 119,94 Bujur Timur (BT).

Gempa bumi itu dirasakan dengan tingkat getaran skala II-III Modified Mercalli Intensity (MMI) di Kota Palu. Di Kabupaten Sigi, Sulteng, tingkat getaran yang terasa juga di skala II-III MMI.

Skala MMI merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.

Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan, skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sementara pada skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Lalu, skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, serta tiang dan barang besar bergoyang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.