Ketua Panitia Formula E Jakarta Klaim Ada Sponsor Lokal Suntik Dana Rp 100 M

Oleh Liputan6.com pada 26 Mei 2022, 20:55 WIB
Diperbarui 26 Mei 2022, 20:55 WIB
Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni unboxing replika mobil Formula E yang akan mengaspal pada 4 Juni 2022. (Merdeka/Bachtiarudin Alam)
Perbesar
Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni unboxing replika mobil Formula E yang akan mengaspal pada 4 Juni 2022. (Merdeka/Bachtiarudin Alam)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni mengklaim bahwa pihaknya telah menerima suntikan dana Rp 100 miliar dari sponsor lokal atau dalam negeri.

"Pokoknya ada satu grup entertainment ngasih 100 miliar," kata Ahmad Sahroni kepada wartawan di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (26/5/2022).

Meski telah membocorkan suntikan dana itu datang dari grup entertaiment, namun Sahroni masih enggan membeberkan siapa pihak yang jadi sponsor ajang Formula E tersebut.

"Pokoknya ada satu grup entertain, nanti gua kasih tahu namanya. Itu dalam negeri," katanya.

Lebih lanjut, Sahroni menyampaikan bahwa gelaran balapan mobil listrik Formula E ini telah memakan biaya mencapai sekitar Rp 120-Rp 130 miliar. Sementara untuk biaya pengaspalan sirkuit menghabiskan biaya Rp 60 miliar.

"Penyelenggaraannya Rp 120-an miliar sampai Rp 130 miliar. Untuk aspalnya kan kamu tahu hampir Rp 60 miliar. Selebihnya pembangunan, grandstand dan segala macamnya itu," beber politikus NasDem ini.

Sponsor Global

Sebelumnya, pihak penyelenggara Formula E Jakarta 2022 telah resmi merilis deretan merek-merek sponsor yang menjadi pendukung dalam gelaran ajang balapan internasional mobil listrik di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Ketua Panitia Organizing Committee Formula E, Ahmad Sahroni membenarkan bahwa sponsor Formula E Operation (FEO) yang telah dirilis pada bagian situs Jakarta E-Prix resmi terbagi ke dalam sponsor utama, global, teknis, dan partner biasa.

"Bener itu sponsor Global FEO," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Rabu (25/5/2022).

Sedangkan terkait sponsor dalam negeri, Wakil Ketua Komisi III DPR ini meminta kepada publik untuk bersabar. Karena dalam waktu dekat pihaknya akan segera merilis sponsor-sponsor lokal tersebut.

"Sponsor dalam negeri nanti kita info yah, semoga today kita rilis," ujar Sahroni.

 


Sponsor dari Perusahaan Teknologi hingga Bir

Begini Wujud Replika Mobil Formula E
Perbesar
Detail replika mobil Formula E setelah dibuka untuk kali pertama di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, pada Kamis (26/5/2022). Ini merupakan replika salah satu mobil Formula E yang akan mengaspal di Sirkuit Ancol pada 4 Juni mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Adapun dalam website jakartaeprixofficial.com, telah terpasang sebagai sponsor utama yakni ABB asal Swiss yang bergerak bidang teknologi otomasi, robotik, daya, dan peralatan listrik berat.

Sponsor global di situs juga terpajang perusahaan keuangan asal Swiss Julius Bar. Lalu untuk sponsor teknis terdapat Michelin, perusahaan ban asal Prancis.

Kemudian untuk sponsor biasa tercatat ada 10 perusahaan yakni Copper, Hugo Boss, Bosch, DHL, Moet & Chandon, Enelxway, Allianz, Tag Heuer, Antofagasta Minerals, Saudi, sampai dengan produsen bir Heineken.

Sebelumnya, Ketua Panitia Organizing Committee Formula E, Ahmad Sahroni menyampaikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Formula E di Jakarta.

"InsyaAllah yang terbaik buat berjalannya event motor sport international ini, sponsor sudah ada tinggal tunggu yang masuk," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Senin (23/5/2022).

Meski, Sahroni tidak secara tegas menyatakan dukungan tersebut merupakan indikasi BUMN menjadi sponsor dari pertandingan balap mobil listrik tersebut.

"InsyaAllah BUMN support buat event international ini," tuturnya.

 


Tiket VIP hingga VVIP Sudah Ludes Terjual

Ajang Formula E Jakarta Siap Digelar
Perbesar
Foto udara memperlihatkan Jakarta International E-Prix Circuit di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa (17/5/2022). Federation Internationale de Automobile (FIA) Formula E Jakarta E-Prix menyatakan ajang balap mobil listrik pada 4 Juni mendatang diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap kebangkitan ekonomi pascapandemi COVID-19 yang bakal dirasakan pelaku usaha dan masyarakat melalui Jakarta E-Prix. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tiket ajang balap mobil listrik Jakarta E-Prix atau Formula E Jakarta untuk kelas VIP dan VVIP sudah ludes terjual. Ajang ini akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada Sabtu, 4 Juni 2022 mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni menyampaikan, bahwa tiket balap mobil listrik untuk kategori yang ada di dalam sirkuit sudah habis terjual.

"Yang pasti tiket di dalam sirkuit semuanya sold out," kata Sahroni kepada wartawan di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (26/5/2022).

Dia bilang, tiket untuk kategori di dalam sirkuit yakni VIP, VVIP, dan Deluxe Suite sangat laku terjual. Kategori tersebut dijual dengan harga VIP Segarra Suite 1C Rp 3.450.000 per orang, Jimbaran Suite 1D Rp 3.450.000 per orang, dan Ombak Laut Suite 1E Rp 2.300.000 per orang.

Kemudian untuk tiket kategori VVIP Jakarta Deluxe Suite 1B masih tersedia dengan harga Rp 8.625.000 per orang. Sementara untuk kategori VVIP Jakarta Royal Suite 1 A tersisa empat tiket dengan harga Rp 11.500.000 per orang.

"Tinggal beberapa lagi yang royal suite, ada beberapa tinggal empat yang tersedia di website," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini.

Selain kategori VIP dan VVIP, khusus untuk kategori Grandstand yang terbagi dalam sembilan zona (A-I) juga telah ludes terjual. Sementara untuk Grandstand masih tersisa kategori 3 atau Circuit Festival dengan harga Rp 517.500 per orang.

Sementara tiket Formula E Jakarta yang masih tersisa banyak ada pada kategori 4 atau Ancol Festival juga masih tersedia dengan harga Rp 287.500 per orang

Adapun gelaran Formula E, Jakarta akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022. Ahmad Sahroni berharap balap mobil listrik pertama di Indonesia ini bisa berlangsung dengan baik.

"Semoga 4 Juni berjalan baik dan tidak kekurangan satu apapun," ucap politikus Partai NasDem ini.

 


Jadwal Formula E Jakarta

Foto: Melihat Kesibukan Pekerja Jelang Balapan Formula E di Jakarta
Perbesar
Lintasan balap sirkuit yang berlokasi di Ancol Timur, Tanjung Priok, Jakarta itu tampak sudah rapi dan siap digunakan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Hanya tinggal menunggu hitungan hari, gelaran ajang internasional balap mobil listrik Formula E bakal resmi digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022.

Khusus untuk di Jakarta sendiri jadwal pelaksanaan Formula E yang dimulai pada 4 Juni 2022 bakal diawali dengan dua latihan bebas, dan satu kali kualifikasi.

Sesi latihan bebas pertama akan dilangsungkan pada pukul 07.10 – 07.55 pagi WIB. Berlanjut pada sesi latihan bebas kedua yang akan dihelat pada pukul 08.55 – 09.40 pagi WIB. Usai sesi latihan bebas, para pembalap akan menghadapi sesi kualifikasi.

Sesi ini diprediksi akan berlangsung panas mengingat hasil kualifikasi akan menentukan posisi pembalap di grid. Sesi kualifikasi sendiri akan berlangsung pada pukul 10.30 -12.15 siang WIB.

Setelah sesi kualifikasi, para pembalap beserta tim akan terlebih dahulu beristirahat sebelum balapan resmi dimulai. Balapan resmi FE Jakarta 2022 akan dilangsungkan pada pukul 14.30 – 16.30 sore WIB.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka.com 

Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya